Pengaruh Motivasi Berprestasi Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika
DOI:
https://doi.org/10.23887/jisd.v3i3.14752Keywords:
Motivasi, berprestasi, kemampuan, pemecahan, masalah, matematikaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi berprestasi terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas V SD. Hal ini berdasarkan hasil observasi, kemampuan pemecahan masalah masih perlu dilatih sejak dini terutama pada jenjang sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto dengan jenis penelitian kausal. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang ada di SD yang berjumlah 830 orang. Sampel diambil dari populasi menggunakan teknik proportional random sampling. Jumlah sampel dari populasi ini adalah 243 orang siswa. Hasil yang didapat menunjukkan terdapat hubungan positif dan signifikan motivasi berprestasi dengan kemampuan pemecahan masalah matematika dengan hasil rhitung = 0,354 dan rtabel 0,126 pada taraf signifikansi (a = 0,05 dan dk = 241) maka diperoleh hasil rhitung = 0,354 > rtabel = 0,126 dengan demikian ini berarti nilai rhitung signifikan, koefisien determinasi (R2) = 0,125. Berdasarkan hasil penelitian maka disimpulkan bahwa terdapat pengaruh motivasi berprestasi terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas V SD sebesar 12,5%. Adapun saran ditujukan bagi guru untuk lebih mengoptimalkan motivasi berprestasi agar siswa memiliki kemampuan pemecahan masalah matematika guna mencapai tujuan belajar matematika.
References
Agung, A. A. G. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan. Malang: Aditya Media Publish.
Agung, A. A. G. (2016). Metodologi Penelitian. Singaraja: Undiksha.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Djaali. (2012). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Emda, A. (2017). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2).
Hadianti, L. S. (2018). Pengaruh Pelaksanaan Tata Tertib Sekolah Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 2(1), 1–8.
Nilla, K., Retta, A. M., & Sari, N. (2017). Pengantar Statistika Penelitian. Depok: PT Raja Grafindo Persada.
Riffyanti, L. (2017). Analisis Strategi Langkah Mundur dan Bernalar Logis dalam Menentukan Bilangan dan Nilai. Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Univ. Muhammadiyah Metro, 6(1).
Roebyanto, G., & Harmini, S. (2017). Pemecahan Masalah Matematika untuk PGSD. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Ranika Cipta.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenamedia Group.
Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam KTSP. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal Ilmiah Sekolah Dasar agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)