EFEKTIVITAS IMPLEMENTASI STRATEGI ENJOYABLE LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS PERMULAAN PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR

Authors

  • Gede Wira Bayu Ganesha University Of Education
  • Luh Gede Eka Wahyuni Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jisd.v3i3.16015

Keywords:

enjoyable learning, audio visual.

Abstract

Penelitian didasari atas rendahnya hasil belajar belajar Bahasa Inggris disekolah dasar khususnya setelah implementasi kurikulum 2013 dimana waktu pembelajaran bahasa inggris jauh berkurang dari 4 jam pelajaran seminggu pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) menjadi hanya 2 jam pelajaran seminggu pada kurikulum 2013. penelitian pre-eksperimen One Group Pretest-Posttest Design. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas 2 di 8 sekolah dasar yang baru menerapkan kurikulum 2013 di kecamatan Buleleng. Data pada penelitian ini didapatkan dengan metode wawancara dan catatan lapangan. Dengan teknik random sampling subjek penelitian ini dipilih yaitu siswa kelas 2 di SD sejumlah 27 siswa sebagai kelompok kontrol, dan 25 siswa sebagai kelompok eksperimen. Berdasarkan hasil perhitungan nilai thitung sebesar 5,34. Rata-rata kelompok eksperimen sebesar 20,86 dan kelompok kontrol sebesar 15,18. Hal ini berarti rata-rata kelompok eksperimen > rata-rata kelompok kontrol. Dengan demikian strategi strategi Enjoyable Learning berbantuan media audio visual berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar Bahasa Inggris pada siswa kelas II SD Penerapan Kurikulum 2013.

References

A, S. (2012). Penilaian Hasil Belajar Dengan Teknik Nontes. Universitas Sanata Dharma.

Agus Suprijono. (2014). Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Pustaka Pelajar.

Ahmad, Rivai dan Sujana, N. (2011). Media Pembelajaran. Sinar Baru.

Ahmadi, Abu dan Supriyono, W. (2013). Psikologi Belajar. Rineka Cipta.

Depdiknas. (2007). Rencana strategis Departement Pendidikan Nasional 2005 - 2009. Pusat Informasi dan Humas Departemen Pendidikan Nasional.

Layyinah, L. (2017). Menciptakan Pembelajaran Fun Learning Based On Scientific Approach Dalam Pembentukan Karakter. TARBAWY, 4(1), 1–9.

Mahnun, N. (2012). Media Pembelajaran (Kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran). An-Nida’, 37(1), 27–35.

N, O. (2005). Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Dunia Pendidikan. Nopan Omeri, 9(manager pendidikan), 464–468.

Primasari, R., & Herlanti, Y. (2015). Penggunaan Media Pembelajaran Di Madrasah Aliah Negeri Se-Jakarta Selatan. Edusains, 6(1), 67–72. https://doi.org/10.15408/es.v6i1.1101

Susarno, L. . (2010). Strategi penyampaian bahan ajar melalui pemanfaatan metode dan media dalam proses pembelajaran. Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(1), 1–7.

Downloads

Published

2019-07-10

How to Cite

Bayu, G. W., & Eka Wahyuni, L. G. (2019). EFEKTIVITAS IMPLEMENTASI STRATEGI ENJOYABLE LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS PERMULAAN PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(3), 335–341. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i3.16015