Keefektifan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Terhadap Kemampuan Membaca Siswa

Authors

  • Weni Murtiningrum Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan,Universitas PGRI Semarang
  • Mei Fita Asri Untari Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan,Universitas PGRI Semarang
  • Ahmad Nashir Tsalatsa Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan,Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23887/jisd.v3i1.17175

Keywords:

ffektifitas, CIRC, kemampuan, membaca, siswa

Abstract

Rendahnya kemampuan memebaca siswa dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional. Peneliti ini bertujuan untuk mengidentifikasi efektif atau tidaknya model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC)  terhadap kemampuan membaca siswa kelas IV SD Negeri 1 Ngalian Kabupaten Wonosobo. Penelitian ini merupakan penelitian ekperimen jenis kuantitatif. Penelitian ini menggunakan One Group Pretest-Posttest Design.  Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV SD berjumlah  24 siswa tahun ajaran 2018/2019. Intrumen yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi dan tes. Analisis Data menggunakan Teknis analisis data peneliti menggunakan uji normalitas dan uji hipotesis (uji-t). Uji normalitas digunakan untuk mengetahui kelas tersebut berdistribusi normal atau tidak. Uji hipotesis  menggunakan uji t-test. Hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) efektif terhadap kemampuan membaca  kelas IV SD. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata hasil postest lebih tinggi dari hasil pretest selain itu diperkuat dengan hasil perhitungan uji t diperoleh thitung untuk hasil belajar sebesar 17,68 dan dan ttabel sebesar 2,021 karena thitung (17,68) > ttabel (2,021) maka hal ini menunjukkan bahwa uji t hasil belajar signifikan.

References

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Budi Aksara.

Dalman. (2017). Keterampilan Membaca. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Huda, M. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Isrokatun, dan R. A. (2018). Model-Model Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT Budi Aksara.

Kamalasari, V. (2012). Latihan Membaca Cepat Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Cepat dan Pemahaman Bacaan. Basastra, 1(1).

Nazir, M. (2014). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Parwati, Ni Nyoman, I. P. P. S. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Rahim, F. (2005). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Kharisma Putra Utama.

Rusman. (2017). Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: PT Kharisma Putra Utama.

Shoimin, A. (2015). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sudjana. (2005). Metode Statistika. Bandung: Tarsito Bandung.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Tarigan, H. G. (2008). Membaca Sebagai Ketempilan Membaca. Bandung: Angkasa Bandung.

Tristiantari,Ni Ketut Desia, I. M. S. (2016). Model Pembelajaran Cooperatif Integrated Reading Composition Berpola Lesson Study Meningkatkan Keteramplan Membaca Dan Menulis. Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(2).

Turahmat. (2010). Teknik-Teknik Membaca. Semarang: Pustaka Najwa

Downloads

Published

2019-03-26

How to Cite

Murtiningrum, W., Asri Untari, M. F., & Tsalatsa, A. N. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Terhadap Kemampuan Membaca Siswa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(1), 17–24. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i1.17175