Implementasi Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar Dharma Karya Universitas Terbuka
DOI:
https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.17331Keywords:
minat baca, literasi sekolah dasarAbstract
Saat ini, terdapat beberapa hal yang mempengaruhi keberhasilan program Gerakan Literasi Sekolah, pertama jumlah buku yang tersedia masih sangat terbatas dan tidak variatif. Keterbatasan ini menjadi faktor penghambat siswa untuk mau membaca buku karena buku yang tersedia tidak sesuai dengan minatnya. Kedua, kurangnya minat siswa untuk membaca karena kegiatan membaca tidak menjadi kebiasaan sejak kecil yang ditumbuhkan oleh orang tua di rumah. Sejak tahun 2017, Gerakan Literasi Sekolah (GLS) telah dilaksanakan di Sekolah Dasar (SD). Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan pelaksanaan GLS di SD, menganalisa faktor pendukung dan penghambat pelaksaaan GLS, dan mendeskripsikan tahap GLS yang diterapkan. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Fokus penelitian ini dilakukan terhadap 33 siswa kelas IV-1 SD dan partisipan penelitian ini adalah guru kelas IV-1. Peneliti menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas IV-1 telah melaksanakan GLS sesuai jadwal, siswa sudah mulai menyukai membaca, namun buku yang tersedia masih sangat kurang sehingga pengalaman membaca siswa sangat terbatas. Faktor pendukung yang nampak adalah bahwa kepala sekolah mempunyai komitmen yang baik untuk melaksanakan kegiatan GLS, kemudian guru-guru dan siswa serta komponen sekolah yang lain juga menunjang untuk suksesnya kegiatan GLS di SD.
References
Agustin, S., & Cahyono, B. E. H. (2017). Gerakan Literasi Sekolah untuk Meningkatkan Budaya Baca di SMA Negeri 1 Geger. Linguista: Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya, 1(2), 55. https://doi.org/10.25273/linguista.v1i2.1973.
Ardian, R. (2017). Gerajan Literasi Sekolah dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik di SMAN 1 Banyuasin I. Prosiding Seminar Nasional 20 Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, (November), 188–192.
Aradina, A. W., Mitra, D., Ijabah, N., & Setiawan, R. (2017). Indonesia PISA Result : What Factors and What Should be Fixed? The 1st Educational and Language International Conference Proceedings Center for International Development of Unissula, 69–79.
Badarudin, -, & Andriani, A. (2017). Implementation of School Literacy to Increase Student Reading Habits. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 109, 36–38. https://doi.org/10.2991/aecon-17.2017.9
Batubara, H. H., & Ariani, D. N. (2018). Implementasi Program Gerakan Literasi Sekolah di SDN Sungai Miai Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 4(1), 1.
Costello, D. A. R. (2012). The impact of a school’s literacy program on a primary classroom. Canadian Journal of Education, 35(1), 69–81.
Endaryanta, E. (2017). Implementasi Program Gerakan Literasi Sekolah di SD Kristen Kalam Kudus dan SD Muhammadiyah Suronatan. Universitas Negeri Yogyakarta.
Faradina, N. (2017). Pengaruh Program Gerakan Literasi Sekolah terhadap Minat Baca Siswa di SD Islam Terpadu Muhammadiyah An-Najah Jatinom Klaten. Jurnal Hanata Widya, 6(8), 60–69. Retrieved from http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/fipmp/article/view/9280/8962
Hidayat, M. ., Basuki, I. ., & Akbar, S. (2018). Gerakan literasi di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(6), 810–817. Retrieved from http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/11213
IEA. (2012). PIRLS 2011 International Results in Reading. In TIMSS & PIRLS International Study Center. https://doi.org/10.1097/01.tp.0000399132.51747.71
Kemdikbud. (2016). Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. https://doi.org/10.1007/s10029-017-1595-x
Lastiningsih, N., Mutohir, T. C., Riyanto, Y., & Siswono, T. Y. E. (2017). Management of the School Literacy Movement (SLM) Programme in Indonesian Junior Secondary Schools. World Transactions on Engineering and Technology Education, 15(4), 384–389.
Mitasari, L. S. (2017). Peran Kegiatan Literasi dalam Meningkatkan Minat Membaca dan Menulis Siswa Kelas Atas di SDN Gumpang 1. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Pradana, B. H., Fatimah, N., & Rochana, T. (2017). Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah Sebagai Upaya Membentuk Habitus Literasi Siswa di SMA Negeri 4 Magelang. Journal of Education, Society, and Culture, 6(2), 167–179. Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/solidarity
Rohman, S. (2017). Membangun Budaya Membaca pada Anak Melalui Program Gerakan Literasi Sekolah. TERAMPIL (Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar), 4, 151–174.
Silvia, O. W., & Djuanda, D. (2017). Model Literature Based dalam Program Gerakan Literasi Sekolah. Mimbar Sekolah Dasar, 4(2), 160–171. https://doi.org/10.23819/mimbar-sd.v4i2.7799.
Suyono, Harsiati, T., & Wulandari, I. S. (2017). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 26(2), 116–123.
Teguh, M. (2017). Gerakan Literasi Sekolah Dasar. Aktualisasi Kurikulum 2013 Di Sekolah Dasar Melalui Gerakan Literasi Sekolah Untuk Menyiapkan Generasi Unggul Dan Berbudi Pekerti, 18–26.
Wardani, H., & Nugroho, F. D. (2016). Integrasi Kurikulum Nasional dan Cambridge Curriculum Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris. Prosiding Seminar Nasional Penguatan Manajemen Pendidikan Di Era Kompetisi Global, 666–679.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal Ilmiah Sekolah Dasar agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)