Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Berbantuan Media Powerpoint Terhadap Hasil Belajar IPA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jisd.v3i1.17663Keywords:
make a match, powerpoint, IPAAbstract
Rendahnya hasil belajar IPA denggan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe make a match berbantuan media PowerPoint dan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional pada kelas III SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan non equivalent post-test only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SD yang berjumlah 235 orang siswa. Teknik yang digunakan untuk menentukan sampel adalah cluster random sampling. Sampel penelitian ini adalah kelas III B di SD yang berjumlah 33 orang siswa sebagai kelompok eksperimen dan kelas III di SD yang berjumlah 33 orang siswa sebagai kelompok kontrol. Data hasil belajar IPA dikumpulkan dengan intrumen tes berupa soal pilihan ganda. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial yaitu uji-t. Rata-rata skor siswa kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata skor siswa kelompok kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe make a match berbantuan media PowerPoint dan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Dengan demikian, model pembelajaran kooperatif tipe make a match berbantuan media PowerPoint berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas III SD.
References
Agung, A. A. G. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan. Malang: Aditya Media Publish.
Dewi, K. M. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Berbantuan Media Grafis terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SDN 18 Pemecutan. E-Journal PGSD Pendidikan Ganesha Mimbar PGSD, 1(1).
Giri, I. M. D. R. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran TAI Berbantuan Media Power Point Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V. E-Journal PGSD Pendidikan Ganesha Mimbar PGSD, 5(2).
Hazillia, D. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Berbantuan Kartu Bergambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD), 2(1), 70–77.
Kemendikbud. (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (SISDIKNAS). Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kurniasih, I., & Sari, B. (2015). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran untuk Peningkatan Profesionalisme Guru. Yogyakarta: Kata Pena.
Mudlofir, A., & Evi F.R. (2016). Desain Pembelajaran Inovatif Dari Teori ke Praktik. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Putri, N. M. S. A. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Berbasis Media Lingkungan Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. E-Journal PGSD Pendidikan Ganesha Mimbar PGSD, 1(1).
Rofiana, A. (2017). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Matematika Siswa (Ptk Siswa Kelas Vii Semester Genap Smp Kasatriyan 1 Surakarta) Tahun 2016/ 2017. Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakart.
Rusman. (2016). Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Bandung: PT Mulia Mandiri Press.
Rusman. (2017). Belajar dan Pembelajaran Berorienasi Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Tangkas, M. (2014). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas X Pada Materi Hidrokarbon Sma Negeri 1 Dolo. Jurnal Akademika Kimia, 3(30), 135–142.
Tiballa, M. D. S. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Berbantuan Peta Pikiran Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar. E-Journal PGSD Pendidikan Ganesha Mimbar PGSD, 5(2).
Utari, U., Degeng, I. N. S., & Akbar, S. (2016). Pembelajaran tematik berbasis kearifan lokal di sekolah dasar dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran IPS, 1(1).
Wirayana, I. K. D. Y. A. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Learning Together (LT) Berbantuan Power Point terhadap Hasil Belajar IPS Kelas V. E-Journal PGSD Pendidikan Ganesha Mimbar PGSD, 5(2).
Downloads
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal Ilmiah Sekolah Dasar agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)