Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Video Terhadap Hasil Belajar IPA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jisd.v3i1.17664Keywords:
hasil belajar IPA, inkuiri, videoAbstract
Hasil belajar IPA SD dengan model pmebelajaran konvensional rendah.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan video dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini berjumlah 82 siswa dan sampel berjumlah 38 siswa. Data hasil belajar IPA dikumpulkan menggunakan metode tes obyektif. Data dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial (uji-t polled varians). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan video dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan pembelajaran konvensional (thitung= 5,24 > ttabel = 2,042). Rata-rata hasil belajar IPA kelompok eksperimen lebih besar daripada kelompok kontrol (22,82 > 17), jadi model pembelajaran inkuiri terbimbing ini berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD.
References
Agung, A. A. G. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan. Malang: Aditya Media Publish.
Budi, B. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Di Sma Negeri 01 Manokwari (Studi Pada Pokok Bahasan Kelarutan Dan Hasil Kali Kelar. Jurnal Nalar Pendidikan, 5(1), 21–30.
Dewi, N. L. (2012). engaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar IPA. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Dasar, 1(3), 235–244.
Kartika, N. M. D., & Margunayasa, I. G. (2017). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan peta pikiran dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar IPA. Mimbar PGSD, 5(2).
Kemendikbud. (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (SISDIKNAS). Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Khushid, F., & Ansari, U. (2012). Effect of Innovative Teaching Strategies on Student’s Performance. Global Journal Of Human Social Science Linguistics & Education, 12(10).
Koyan, I. W. (2012). Statistika Terapan ( Teknik Analisis Data Kuantitatif). Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Kurnia, A. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Energi Bunyi. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 51–60.
Mahadewi, L. P. P., dkk. (2012). Media Video Pembelajaran. Singaraja: Undiksha.
Milawati, N. L. P. Y. (2013). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis proyek terhadap hasil belajar ipa siswa kelas IV SD Negeri Gugus V Abiansemal. Mimbar PGSD, 1.
Nugroho, S. (2012). Pembelajaran IPA Dengan Metode Inkuiri Terbimbing Menggunakan Laboratorium Riil Dan Virtuil Ditinjau Dari Kemampuan Memori dan Gaya Belajar Siswa. . . Jurnal Inkuiri Issn, 1(3), 235–244.
Rahmani. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains (Kps) Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pencerahan, 10(2), 74–80.
Suastra, I. W. (2009). Pembelajaran Sains Terkini. Singaraja: Undiksha.
Sudana, D. N. dkk. (2016). Pendidikan IPA SD. Singaraja: Undiksha.
Sumatowa, U. (2006). Bagaimana Membelajarkan IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas.
Trianto. (2007). Model-model Pembelajaran Inovatif berorientai kontruktivistik. Jakarta: Prestai Pustaka.
Wahyuni, R. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Metode Eksperimen terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI IPA SMAN 2 Mataram Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 2(4), 164–169.
Downloads
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal Ilmiah Sekolah Dasar agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)