Keefektifan Model Teams Games Tournament Terhadap Minat Belajar
DOI:
https://doi.org/10.23887/jisd.v3i2.17760Keywords:
Minat, Belajar, Siswa, Model, Teams, Games, Tournament,Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Teams Games Tournament terhadap minat belajar siswa kelas V SDN 01 Ngeling Kabupaten Jepara. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain Pra Experimental Design dalam bentuk One-Group Pretest Posttest Design. Data dalam penelitian diperoleh melalui (1) observasi, (2) lembar angket, dan (3) dokumentasi. Untuk analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas dan uji t (uji hipotesis). Hasil analisis lembar angket minat belajar siswa sebelum dan sesudah perlakuan menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament mengalami peningkatan, terlihat dari hasil uji t bahwa thitung > ttabel yaitu 9,305 > 2,110. Maka kesimpulannya adalah model Teams Games Tournament efektif terhadap minat belajar siswa.
References
Daryanto. (2010). Belajar dan Mengajar. Bandung: Yrama Widya.
Dimyati & Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Fathurrohman, M. (2017). Model-model Pembelajaran Inovatif. Jogjakarta: AR-RUZZ MEDIA.
Kariyana, I. K. (2014). Implementasi Pembelajaran Kooperatif TGT untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Dribbling Sepakbola. Jurnal Penjakora, 2(1), 1–11.
Nurhasanah & Soebandi. (2016). Minat Belajar Sebagai Determinasi Hasil Belajar Siswa.
Pratiwi, A. (2012). Pengaruh Permainan danMotivasi Anak Terhadap PenguasaanKonsep Matematika Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikanan, 18(2), 106–121.
Purwandari, A. & D. T. W. (2017). Eksperimen Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Keranjang Biji-Bijian terhadap Hasil Belajar Materi Perkalian dan Pembagian Siswa Kelas II SDN Saptorenggo. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(3), 163–170.
Riwahyudin, A. (2015). Pengaruh Sikap Siswa dan Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar Di Kabupaten Lamandau. Jurnal Pendidikan Dasar.
Sardiman, A. M. (2012). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT RajaGrafindo.
Slameto. (2010). Belajar Dan Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Bumi Aksara.
Slavin, R. E. (2009). Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusamedia.
Sohimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.
Sudimahayasa, N. (2015). Penerapan Model Pembelajaran TGT Untuk Meningkatkan Hasil Belajar, Partisipasi, dan Sikap Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 1(3), 45–53.
Susanna. (2017). Penerapan Teams Games Tournament (TGT) Melalui Media Kartu Domino Pada Materi Minyak Bumisiswa Kelas XI MAN 4 Aceh Besar. Lantanida Journal, 5(2), 93–196. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/334369634_PENERAPAN_TEAMS_GAMES_TOURNAMENT_TGT_MELALUI_MEDIA_KARTU_DOMINO_PADA_MATERI_MINYAK_BUMI_SISWA_KELAS_XI_MAN_4_ACEH_BESAR/fulltext/5d25f88e299bf1547ca94690/PENERAPAN-TEAMS-GAMES-TOURNAMENT-TGT-MELALUI-MEDIA
Susanto, A. (2010). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.
Taniredja, Tukiran & Faridli, Efi Miftah & Harmianto, S. (2011). Model-model pembelajaran inovatif. Bandung: Alfabeta.
Trianto. (2014). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.
Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal Ilmiah Sekolah Dasar agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)