Keefektifan Penerapan Model Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Tema Cita-Citaku

Authors

  • Risma Rossyana Wijayanto Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Semarang Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jisd.v3i2.17771

Keywords:

Talking Stick, Hasil Belajar,

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan seberapa besar keefektifan penerapan model Talking Stick terhadap hasil belajar peserta didik dalam  tema cita-citaku siswa kelas IV SD N 1 Sukodadi. Metode penelitian ini yang digunakan adalah metode eksperimen semu dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah pre experimental design. Sampel dalam penelitian ini adalah 32 peserta didik. Hasil analisis data menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik pada postest di kelas eksperimen efektif digunakan sebesar 0,14. Hal ini berarti pembelajaran dengan menerapkan model Talking Stick efektif dengan kriteria tinggi terhadap hasil beljar peserta didik kelas IV dalam pembelajaran tema cita-citaku di SD N 1 Sukodadi.

References

Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, S. B., & Zain, A. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta.

Faradita, M. N. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran Type Talking Stick Terhadap Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 2(1A), 47–58. https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i1a.2349

Hakim, Z. R. T. dan Q. A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Talking Stick terhadap Pemahaman Konsep Kegiatan Jual Beli pada Mata Pelajaran IPS Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Pesona Dasar, 6(2), 75–84. Retrieved from http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/PEAR/article/download/12199/9467.

Hamalik, O. (2006). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Majid, A. (2014). Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mutarto, W. (2011). Penerapan model pembelajaran talking stick untuk meningkatkan pembelajaran IPA kelas IV SDN 2 Pringapus Kecamatan Dongko Kabupaten Trenggalek. Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Untuk …, 70. Retrieved from http://library.um.ac.id/ptk/index.php?mod=detail&id=48854

Sadiman, A. S. (2012). Media Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Safitri, I. M. M. I. N. (2018). Pengaruh Penerapan Model Talking Stick dengan Bantuan Media Choose Number terhadap Hasil Belajar Biologi di SMP Negeri 3 Sungguminasa Kabupaten Gowa. Jurnal Biotek, 6(1), 131–144. Retrieved from http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/.

Siregar, S. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick terhadap Hasil Belajar dan Aktivitas Visual Siswa pada Konsep Sistem Indra. Jurnal Biotik, 3(2), 100–106. Retrieved from http://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/biotik/article/view/999.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sohimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Sudjana. (2005). Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Trianto. (2011a). Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik Bagi Anak Usia Dini TK/RA & Anak Kelas Awal SD/MI. Jakarta: Kencana.

Trianto. (2011b). Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Wahyuni, S., Kundera, I. N., & Gagaramusu, Y. (n.d.). Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol . 1 No . 1 ISSN 2354-614X Penerapan Metode Talking Stick untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas IV di SDN 2 Posona Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol . 1 No . 1 ISSN 2354-614X, 1(1), 64–76.

Downloads

Published

2019-06-18

How to Cite

Wijayanto, R. R. (2019). Keefektifan Penerapan Model Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Tema Cita-Citaku. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(2), 184–191. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i2.17771

Issue

Section

Articles