Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Berbasis Pemecahan Masalah Berbantuan Media Konkret Terhadap Hasil Belajar Matematika

Authors

  • Ni Pt. Utami Dewi Narayani Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jisd.v3i2.17775

Keywords:

PMR, pemecahan masalah, media konkret,

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan Pendekatan Matematika Realistik berbasis pemecahan masalah berbantuan media konkret terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V di Gugus I Kecamatan Banjar Kabupaten Buleleng tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi experiment), dengan desain penelitian non-equivalent post-test only control group design. Populasi penelitian ini adalah kelas V SD di Gugus I Kecamatan Banjar Kabupaten Buleleng yang berjumlah 134 orang. Sampel penelitian yaitu berjumlah 60 siswa, terdiri dari 30 siswa kelas V SDN 3 Kaliasem sebagai kelompok eksperimen dan 30 siswa kelas V SDN 3 Temukus sebagai kelompok kontrol. Pemilihan sampel menggunakan teknik random sampling. Data hasil belajar matematika dikumpulkan menggunakan metode tes dengan instrumen tes hasil belajar maematika, berbentuk pilihan ganda. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial uji-t. Perbandingan hasil penghitungan rata-rata skor hasil belajar matematika kelompok eksperimen adalah 19,36 lebih besar dari rata-rata skor hasil belajar matematika kelompok kontrol sebesar 13,70. Hasil analisis data thitung= 9,39 lebih besar dari ttabel= 2,05 taraf signifikan 5%, thitung>ttabel sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan Pendekatan Matematika Realistik berbasis pemecahan masalah berbantuan media konkret terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V di Gugus I Kecamatan Banjar Kabupaten Buleleng tahun pelajaran 2017/2018.

References

Amir, A. (2014). Pembelajaran Matematika SD dengan Menggunakan Media Manipulatif. Forum Paedagogik, VI(01), 72–89.

Anak Agung Gede, A. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan. Adiya Media Publishing.

Arista, P. R., Japa, I. G. N., & Nym, D. (2013). PENGARUH IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TADIR TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS V SD GUGUS XV KECAMATAN BULELENG. 1.

Aristiani, R. (2016). Meningkatkan Percaya Diri Siswa Melalui Layanan Informasi Berbantuan Audiovisual. Jurnal Konseling Gusjigang, 2(2), 182–189. https://doi.org/10.24176/jkg.v2i2.717

Ariyadi, W. (2012). Pendidikan Matematika Realistik Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika (Edisi Pert). Graha Ilmu.

Artawa, R., Wyn, ign i, & Suwatra. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a-Match Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas V Sd di gugus 1 kecamatan selat. Mimbar PGSD, 1, 1–10. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/837/710

Asih, S. K. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Thinking Skills and Creativity Journal, 2(2), 103–110. https://doi.org/10.23887/tscj.v2i2.21888

Diana. (2017). PEMANFAATAN ICT DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA BAGI ANAK USIA DINI. Jurnal Unsyiah, 1–10. http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/edukasi/article/download/963/900

Didin, S., & Sari, M. (2017). P Enerapan M Odel P Embelajaran B Erbasis M Asalah Pada. Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 173–194.

Evi, S. (2011). Pendekatan Matematika Realistik (PMR) untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Siswa di Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, Edisi Khus(2), 154–163.

Fuadi, R., Johar, R., & Munzir, S. (2016). Peningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Penalaran Matematis melalui Pendekatan Kontekstual. 3(1), 47–54. https://doi.org/10.24815/jdm.v3i1.4305

Gazali, R. Y. (2016). Pembelajaran Matematika Yang Bermakna. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 181–190. https://doi.org/10.33654/math.v2i3.47

Hasratuddin. (2016). Membangun Karakter Melalui Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika PARADIKMA, 6(2), 130–141.

Hernadi, J. (2013). Metoda Pembuktian dalam Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 1–13. https://doi.org/10.22342/jpm.2.1.295.

Heruman. (2014). Model Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Remaja Rosdakarya.

Kamarullah. (2017). Pendidikan Matematika Di Sekolah Kita. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 1(1), 21–32.

Made, W. (2010). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Bumi Aksara.

Narayani, N. P. U. D. (2019). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Berbasis Pemecahan Masalah Berbantuan Media Konkret Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(2), 220. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i2.17775

Ni Ny, W., Ni Wyn, R., & Nym, K. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Tai Berbantuan Media Powerpoint Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10737

Novitasari, D. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 2(2), 8. https://doi.org/10.24853/fbc.2.2.8-18

Oktiani, I. (2017). Kreativitas Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Kependidikan, 5(2), 216–232. https://doi.org/10.24090/jk.v5i2.1939

Purnama, M. dwi, Irawan, E. bambang, & Sa’dijah, C. (2017). Pengembangan Media Box Mengenal Bilangan Dan Operasinya Bagi Siswa Kelas 1 di SDN Gadang 1 Kota Malang. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, 1(1), 46–51. https://media.neliti.com/media/publications/102724-ID-pengembangan-media-box-mengenal-bilangan.pdf

Putra, N. T. A., Suarjana, I. M., & Japa, I. G. N. (2014). Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistikberbantuan Origami Terhadap Hasil Belajar Matematikasiswa Kelas V Sddi Desa Les Kecamatan Tejakula Tahun Pelajaran 2013/2014. Mimbar PGSD, 2(1).

Rahmah, N. (2013). BELAJAR BERMAKNA AUSUBEL. Al-Khwarizmi, 1, 43–48.

Sholihah, D. A., & Mahmudi, A. (2015). KEEFEKTIFAN EXPERIENTIAL LEARNING PEMBELAJARAN MATEMATIKA MTs MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 175. https://doi.org/10.21831/jrpm.v2i2.7332

Siagian, M. D. (2016). Kemampuan koneksi matematik dalam pembelajaran matematika. MES: Journal of Matematics Education and Science, 2(1), 58–67.

Sriwahyuni, T., Maya, R., & Amelia, R. (2019). Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan, 3(April), 18–23.

Suandito, B. (2017). Bukti Informal Dalam Pembelajaran Matematika. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 13. https://doi.org/10.24042/ajpm.v8i1.1160

Turdjai. (2016). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Triadik, 15(2), 17–29. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/triadik/article/download/2865/1373

Undang Undang Republik Indonesia, (2003). http://simkeu.kemdikbud.go.id/index.php/peraturan1/8-uu-undang-undang/12-uu-no-20-tahun-2003-tentang-sistem-pendidikan-nasional

Wasitohadi, W. (2014). HAKEKAT PENDIDIKAN DALAM PERSPEKTIF JOHN DEWEY Tinjauan Teoritis. Satya Widya, 30(1), 49. https://doi.org/10.24246/j.sw.2014.v30.i1.p49-61

Downloads

Published

2019-06-18

How to Cite

Narayani, N. P. U. D. (2019). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Berbasis Pemecahan Masalah Berbantuan Media Konkret Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(2), 220–229. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i2.17775

Issue

Section

Articles