Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Menggunakan Mediavideo Terhadap Hasil Belajar
DOI:
https://doi.org/10.23887/jisd.v3i2.18055Keywords:
Model pembelajaran discovery learning, video, hasil belajar,Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahi pengaruh model pembelajaran Discovery Learning dengan menggunakan media video tehadap hasil belajar siswa kelas IV SD Gemah Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk Pre- Experimental Design dengan jenis One Group Pretest-Posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV A. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah siswa kelas IV A SD N Gemah yang terdiri dari 40 siswa. Dalam menentukan pretest dan posttest, dilakukan uji validitas soal instrumen yang telah divalidkan oleh validator. Setelah diperoleh data dari hasil pretest dan posttest, di analisis menggunakan uji- t. Diperoleh thitung = 23,817 dengan taraf signifikan 5% sebesar 0,226. Karena thitung = 23,81 > ttabel = 0,226. Maka Ha diterima hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Discovery Learning dengan media video berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD N Gemah. Berdasarkan hasil prenelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah supaya model pembelajaran Discovery Learing dengan menggunakan media video dapat dijadikan salah satu alternative guru untuk mengajar pada tema pahlawanku maupun pembelajaran yang lain.
References
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta Arikunto, Suharsimi. 2012.Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara
Arsyad, A. 2014.Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers. Aunurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta. Budiningsih, Asri. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: FIP UNY.
Cahyo N, Agus. 2013. Panduan Aplikasi Teori-Teori Belajar Mengajar Teraktual dan Terpopuler.
Yogyakarta: Diva Pres.
Daryanto. 2010. Media Pembelajaran. Yogyakarta: GavaMedia.
Depdiknas. 2003. Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Djamarah, Syaiful Bahri. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Jaya.
Helli Ihsan. Validitas Isi Alat Ukur Penelitian Konsep Dan Panduan Penilaiannya. PEDAGOGIA : Jurnal Ilmu Pendidikan
Kemendikbud.Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 59 Tahun 2013. Tentang Kurikulum 2013.
Mulyasa. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Munadi, Y. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Refrensi GP Press Group.
Nugroho, Fendi. 2015. Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Video Bermuatan Karakter Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV PAda Tema Pahlawannku SD Negeri 01 Pagergunung Tahun Pelajaran 2014/2015.Universitas PGRI Semarang (Tidak diterbitkan).
Purwanto. 2014. Hasil Evaluasi Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Putrayasa, Made, Dkk. 2014.Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Ganesha PGSD. Vol. 2 No.1.
Rusman. 2015. Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Sardiman.A.M. 2012.Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar.Jakarta: Rajawali Press. Schramm, W. 1977.Big Media Litle Media.London : Sage-Public-Baverly Hills.
Shanaky, Hujair. 2013. Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif. Yogyakarta: Kaukaba.
Shoimin, Aries. 2014. 68 Mode PEmbelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakaeta: Rineka Cipta.
Solihatin, Etin. 2012. Strategi Pembelajaran Pkn. Jakarta: Bumi Aksara.
Sudjana, Nana dan Ahmad Rivai. 2005.Metode Statistika. Bandung: Remaja Rosdakarya. Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Belajar. Susanto, A. 2016.Teori Belajar dan Pembelajaran di SD. Jakarta: Prenadamedia Grup
Thobroni. 2017. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Beroirientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Yanti, Era, Dkk. 2015.Penerapan Model Pemebelajaran Discovery Learning Dapat Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas II A SD N 169 Pekanbaru. Jurnal Universitas Riau Pekanbaru.
Downloads
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal Ilmiah Sekolah Dasar agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)