Pengaruh Model Pembelajaran SAVI Bermuatan Peta Pikiran Terhadap Kreativitas dan Penguasaan Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa
DOI:
https://doi.org/10.23887/jisd.v3i3.18895Keywords:
kreativitas, SAVI, peta pikiran.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) pengaruh model pembelajaran SAVI bermuatan peta pikiran terhadap kreativitas, 2) pengaruh model pembelajaran SAVI bermuatan peta pikiran terhadap penguasaan kompetensi pengetahuan IPA siswa, secara simultan antara kreativitas dan penguasaan kompetensi pengetahuan IPA siswa. Jenispenelitian ini merupakan quasi experiment dengan desain non equivalent post-tes only control grup. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 132 orang dan sampel penelitian berjumlah 58 orang yang diambil dengan teknik simple random sampling. Data kreativitas siswa dikumpulkan dengan metode non tes berupa lembar unjuk kerja dan data penguasaan kompetensi pengetahuan IPA dikumpulkan dengan metode tes pilihan ganda. Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan statistik inferensial (manova). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran SAVI bermuatan peta pikiran terhadap kreativitas siswa kelas V, 2) terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran SAVI bermuatan peta pikiran terhadap penguasaan kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V dan 3) terdapat pengaruh yang simultan model pembelajaran SAVI bermuatan peta pikiran terhadap kreativitas dan penguasaan kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V didapat (F=40,257; p<0,05). Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran SAVI bermuatan peta pikiran berpengaruh terhadap kreativitas dan penguasaan kompetensi pengetahuan IPA siswa.
References
Arini, N. W. (2012). Impelementasi Metode Peta Pikiran Berbantuan Objek Langsung untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Deskripsi. ”. Journal Pendidikan Dan Pengajaran, 45(1).
Aris, S. (2014). Model pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. In 1 (Issue). Yogyakarta: AR-ruz media.
Atmaja. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran SAVI Terhadap Nilai Karakter PKn Siswa Kelas V SD. Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 5(1).
Ayu, I. G., Perdani, M., Gading, K., & Riastini, P. N. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Word Square Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Siswa Bermotivasi Belajar Berbeda di Kelas IV SD. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 4(1–10).
Budiarti, Y. (2015). Pengembangan Kemampuan Kreativitas Dalam Pembelajaran. PROMOSI (Jurnal Pendidikan Ekonomi), 3(1), 61–72. https://doi.org/10.24127/ja.v3i1.143
Carito, Rohim, D. (2013). Penerapan Pendekatan SAVI (Somatis Auditori Visual Intelektual) Untuk Meningkatkan Kreativitas Dalam Pembelajaran Matematika Volume Bangun Ruang. Jurnal Fkip UNES, 1(1).
Dewi, N. L. P. K. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran PDEODE TerhadaP Kemampuan Berpikir Kreatif dalam Pembelajaran IPA Siswa Kelas V SD Laboratorium UNDIKSHA. Skripsi (tidak diterbitkan). Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Haruminati, Y. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran SAVI Terhadap Minat Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Mutiara Singaraja. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 4(1).
Putrayasa. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1).
Silberman, M. (2013). Pembelajaran Aktif 101 Strategi untuk Mengajar Secara Aktif. PT Indeks.
Simatupang, N. (2016). Meningkatkan Aktivitas dan Kreativitas Mahasiswa Jurusan Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Journal Pedagogik Keolahragaan, 2(2).
Widura, S. (2016). Mind Map Langkah Demi Langkah. PT Elex Media Komputindo.
Yudiari, M. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran SAVI Berbantuan Media Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD di Gugus II Kecamatan Mendoyo. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal Ilmiah Sekolah Dasar agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)