Pengaruh Model Pembelajaran SAVI Bermuatan Peta Pikiran Terhadap Kreativitas dan Penguasaan Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa

Authors

  • Gusti Ayu Gita Cemara
  • Dewa Nyoman Sudana

DOI:

https://doi.org/10.23887/jisd.v3i3.18895

Keywords:

kreativitas, SAVI, peta pikiran.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) pengaruh model pembelajaran SAVI bermuatan peta pikiran terhadap kreativitas, 2) pengaruh model pembelajaran SAVI bermuatan peta pikiran terhadap penguasaan kompetensi pengetahuan IPA siswa, secara simultan antara kreativitas dan penguasaan kompetensi pengetahuan IPA siswa. Jenispenelitian  ini merupakan quasi experiment dengan desain non equivalent post-tes only control grup. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 132 orang dan sampel penelitian berjumlah 58 orang yang diambil dengan teknik simple random sampling. Data kreativitas siswa dikumpulkan dengan metode non tes berupa lembar unjuk kerja dan data penguasaan kompetensi pengetahuan IPA dikumpulkan dengan metode tes pilihan ganda. Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan statistik inferensial (manova). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran SAVI bermuatan peta pikiran terhadap kreativitas siswa kelas V, 2) terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran SAVI bermuatan peta pikiran terhadap penguasaan kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V dan 3) terdapat pengaruh yang simultan model pembelajaran SAVI bermuatan peta pikiran terhadap kreativitas dan penguasaan kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V didapat (F=40,257; p<0,05). Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran SAVI bermuatan peta pikiran berpengaruh terhadap kreativitas dan penguasaan kompetensi pengetahuan IPA siswa.

References

Arini, N. W. (2012). Impelementasi Metode Peta Pikiran Berbantuan Objek Langsung untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Deskripsi. ”. Journal Pendidikan Dan Pengajaran, 45(1).

Aris, S. (2014). Model pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. In 1 (Issue). Yogyakarta: AR-ruz media.

Atmaja. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran SAVI Terhadap Nilai Karakter PKn Siswa Kelas V SD. Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 5(1).

Ayu, I. G., Perdani, M., Gading, K., & Riastini, P. N. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Word Square Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Siswa Bermotivasi Belajar Berbeda di Kelas IV SD. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 4(1–10).

Budiarti, Y. (2015). Pengembangan Kemampuan Kreativitas Dalam Pembelajaran. PROMOSI (Jurnal Pendidikan Ekonomi), 3(1), 61–72. https://doi.org/10.24127/ja.v3i1.143

Carito, Rohim, D. (2013). Penerapan Pendekatan SAVI (Somatis Auditori Visual Intelektual) Untuk Meningkatkan Kreativitas Dalam Pembelajaran Matematika Volume Bangun Ruang. Jurnal Fkip UNES, 1(1).

Dewi, N. L. P. K. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran PDEODE TerhadaP Kemampuan Berpikir Kreatif dalam Pembelajaran IPA Siswa Kelas V SD Laboratorium UNDIKSHA. Skripsi (tidak diterbitkan). Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Haruminati, Y. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran SAVI Terhadap Minat Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Mutiara Singaraja. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 4(1).

Putrayasa. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1).

Silberman, M. (2013). Pembelajaran Aktif 101 Strategi untuk Mengajar Secara Aktif. PT Indeks.

Simatupang, N. (2016). Meningkatkan Aktivitas dan Kreativitas Mahasiswa Jurusan Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Journal Pedagogik Keolahragaan, 2(2).

Widura, S. (2016). Mind Map Langkah Demi Langkah. PT Elex Media Komputindo.

Yudiari, M. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran SAVI Berbantuan Media Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD di Gugus II Kecamatan Mendoyo. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1)

Downloads

Published

2019-08-13

How to Cite

Gita Cemara, G. A., & Sudana, D. N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran SAVI Bermuatan Peta Pikiran Terhadap Kreativitas dan Penguasaan Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(3), 351–360. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i3.18895