PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TTW BERBANTUAN PENILAIAN PORTOFOLIO TERHADAP SIKAP DISIPLIN DAN HASIL BELAJAR IPS

Authors

  • ketut juni ariati UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA
  • Nyoman Dantes
  • Desak Putu Parmiti

DOI:

https://doi.org/10.23887/jisd.v3i3.18930

Keywords:

penilaian portofolio, sikap disiplin, TTW.

Abstract

Berdasarkan hasil observasi, ditemukan bahwa sikap disiplin dan hasil belajar IPS siswa masih rendah.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahi pengaruh model pembelajaran Think Talk Write (TTW) berbantuan penilaian portofolio terhadap sikap disiplin dan hasil belajar IPS. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan desain nonequivalent post test only control group. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 153 orang dan sampel penelitian berjumlah 68 orang yang diambil dengan teknik group desain random sampling. Data sikap disiplin dikumpulkan dengan menggunakan metode non tes berupa lembar kuesioner dan data hasil belajar IPS dikumpulkan menggunakan tes pilihan ganda. Data dianalisis dengan statistik inferensial (Manova). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat perbedaan sikap disiplin antara siswa yang mengikuti model pembelajaran Think Talk Write berbantuan penilaian portofolio dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional (Fhitung =  13,48 > Ftabel = 3,99); 2) terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang mengikuti model pembelajaran (TTW) berbantuan penilaian portofolio dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional (Fhitung = 82,78 > Ftabel = 3,99) dan 3) secara simultan, terdapat perbedaan sikap disiplin dan hasil belajar IPS siswa yang mengikuti model pembelajaran (TTW) berbantuan penilaian portofolio dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional (F = 6,743; p<0,05. Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran (TTW) berpengaruh positif terhadap sikap disiplin dan hasil belajar IPS siswa.

Author Biography

ketut juni ariati, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

PRODI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR

References

Ariasa, J. (2015). Pengaruh Model TTW Berbantuan Media Gambar terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa SD Kelas IV Universitas Pendidikan Ganesha. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/download/5680/4134%0Aoleh IGJ Ariasa – 2015 – Dirujuk 2 kali%0A

Arya, I. W., Putra, I. K. A., Kristiantari, M. G. R. (2015). Pengaruh Pendekatan Saintifik Berbasis Asesmen Portofolio Terhadap Hasil Belajar Pengetahuan Bahas Indonesia dan Sikap Sosial Siswa Kelas IV pada Tema Cita-Citaku di SD Gugus Moch Hatta Denpasar. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/5072/3828

Astianawan, I. P. (2016). Penerapan Pendekatan Saintifik Berbasis Penilaian Portofolio Dapat Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Penguasaan Kompetensi Pengetahuan Matematika Siswa Kelas III,40. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/7088

Hidayat, R. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran Think Talk Write Berbantuan Media Puzzle Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Mata Pelajaran IPS SD Negeri Kutorisari 02 Batang, 1, 179-185. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JISD/article/view/11839/7703.

Huda, M. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Juniardi, A. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran TTW Berbantuan Media Video terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SD, 1-10. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/10788

Nurul, dkk. (2016). Pengaruh Sikap Kedisiplinan dan Kejujuran Peserta Didik Terhadap Hasil Belajar Biologi. Retrieved from http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/biotek/article/view/1892/1832

Rahmawati, A. D. (2016). Pengaruh Pendekatan Saintifik Berbasis Portofolio Terhadap Penguasaan Kompetensi Pengetahuan IPS Ditinjau Dari Kepercayaan Diri, (1). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/7035

Rahmawati, A. D. (2016). Pengaruh Pendekatan Saintifik Berbasis Portofolio Terhadap Penguasaan Kompetensi Pengetahuan IPS Ditinjau Dari Kepercayaan Diri, (1). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/7035

Rusman. (2015). Pembelajaran Tematik Terpadu Teori Praktik dan Penilaian. Jakarta: Rajawali Pres.

Suadnyana, K. D. U. A. (2016). Penerapan Pendekatan Saintifik Berbasis Portofolio dapat Meningkatkan Penguasaan Kompetensi Pengetahuan IPS dan Motivasi Berprestasi, (1), 1-10. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/7006/4777

Surapranata, S, D. (2007). Penilaian Portofolio. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar & Pembelajaran di SD. Jakarta: PT Kharisma Putra Utama.

Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam KTSP. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Warsini, K. D., Putra, I. K. A., & Kristiantari, M. G. R. (2015). Pengaruh Pendekatan Saintifik Berbasis Assesmen Portofolio Terhadap Hasil Belajar Pengetahuan Bahasa Indonesia (Keterampilan Membaca) dan Sikap Spiritual Siswa Kelas IV SD pada Tema Cita-Citaku.Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/

Downloads

Published

2019-07-26

How to Cite

ariati, ketut juni, Dantes, N., & Parmiti, D. P. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TTW BERBANTUAN PENILAIAN PORTOFOLIO TERHADAP SIKAP DISIPLIN DAN HASIL BELAJAR IPS. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(3), 342–350. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i3.18930