Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Berbasis Tri Hita Karana Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jisd.v3i3.19476Keywords:
group investigation, tri hita karanaAbstract
Berdasarkan hasil observasi, dimana kompetensi pengetahuan IPA yang dimiliki peserta didik masih rendah. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Group Investigation berbasis Tri Hita Karana terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas IV SD. Jenis penelitian ini merupakan eksperimen semu, dengan bentuk Non-ekuivalen control group design. Seluruh siswa kelas IV SD sebanyak 309 siswa dijadikan populasi penelitian. Sampel ditentukan dengan teknik random sampling. Sampel penelitian ini adalah kelas IV SD sebagai kelompok eksperimen dengan jumlah 35 siswa dan kelompok kontrol dengan jumlah 42 siswa. Data kompetensi pengetahuan IPA dikumpulkan dengan instrumen berupa tes objektif pilihan ganda Data kompetensi IPA dianalisis dengan uji-t. Hasil analisis menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran Group Investigation berbasis Tri Hita Karana dengan kelompok siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV SD. Dapat disimpulkan model pembelajaran Group Investigation berbasis Tri Hita Karana berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas IV SD. Penelitian ini dapat dijadikan alternatif dalam proses pembelajaran untuk membantu peserta didik meningkatkan kompetensi pengetahuan IPA dengan model pembelajaran Group Investigation berbasis Tri Hita Karana.
References
Anjasari, Y. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Talking ChipsBerbasis Tri Hita Karana Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS. E-Journal PGSD Pendidikan Ganesha Mimbar PGSD, 5(2).
Astami, W. (2016). Penerapan Inkuiri Terbimbing Berbasis Tri Hita Karana Dapat Meningkatkan Sikap Sosial dan Kompetensi Pengetahuan IPS. E-Journal PGSD Pendidikan Ganesha Mimbar PGSD, 4(1).
Christina, L. V. (2016). Efektivitas Model Pembelajaran Tipe Group Investigation (GI) Dan Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Dalam Meningkatkan Kreativitas Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas 4. Scolaria, 6(3), 217–230.
Eva, M. (2016). Pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe student facilitator and explaining terhadap pemahaman matematik peserta didik. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika, 2(1), 29–34.
Hartoto, T. (2016). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Sejarah. Jurnal Historia, 4(2).
Kartiningsih, A. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Berbasis Pendekatan Saintifik Terhadap Penguasaan Kompetensi Pengetahuan Ipa Siswa Kelas IV SD Gugus Moch.Hatta Tahun Pelajaran 2015/2016. E-Journal PGSD Pendidikan Ganesha Mimbar PGSD, 4(1).
Kemendikbud. (2014). Permendikbud Nomor 57 Tahun 2014. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Mulyani, E. (2016). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator and Explaining Terhadap Pemahaman Matematik Peserta Didik. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika, 2(1).
Rai, I. B. & S. (2019). Konsepsi Asta Brata Dalam Kepemimpinan Berlandaskan Tri Hita Karana. Jurnal Kajian Pendidikan Widya Accarya.
Sagala, S. (2012). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Shoimin, A. (2014). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Susanto, A. (2013). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: KENCANA.
Taniredja, T. (2012). Model-model Pembelajaran Inovatif. Bandung: Alfabeta.
Wardana, I. K. N. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD GUGUS II Kecamatan Karangasem. E-Journal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1).
Wirawan, A. (2011). Tri Hita Karana. Surabaya: Paramita.
Wiyani, A. N. (2013). Manajemen Kelas. yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Downloads
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal Ilmiah Sekolah Dasar agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)