Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Berbasis Tri Hita Karana Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA

Authors

  • Putu Dian Okta Widiartini Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia
  • Made Putra Made Putra Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia
  • Ida Bagus Surya Manuaba Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jisd.v3i3.19476

Keywords:

group investigation, tri hita karana

Abstract

Berdasarkan hasil observasi, dimana kompetensi pengetahuan IPA yang dimiliki peserta didik masih rendah. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Group Investigation berbasis Tri Hita Karana terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas IV SD. Jenis penelitian ini merupakan eksperimen semu, dengan bentuk Non-ekuivalen control group design. Seluruh siswa kelas IV SD sebanyak 309 siswa dijadikan populasi penelitian. Sampel ditentukan dengan teknik random sampling. Sampel penelitian ini adalah kelas IV SD sebagai kelompok eksperimen dengan jumlah 35 siswa dan kelompok kontrol dengan jumlah 42 siswa. Data kompetensi pengetahuan IPA dikumpulkan dengan instrumen berupa tes objektif pilihan ganda Data kompetensi IPA dianalisis dengan uji-t. Hasil analisis menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran Group Investigation berbasis Tri Hita Karana dengan kelompok siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV SD. Dapat disimpulkan model pembelajaran Group Investigation berbasis Tri Hita Karana berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas IV SD. Penelitian ini dapat dijadikan alternatif dalam proses pembelajaran untuk membantu peserta didik meningkatkan kompetensi pengetahuan IPA dengan model pembelajaran Group Investigation berbasis Tri Hita Karana.

References

Anjasari, Y. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Talking ChipsBerbasis Tri Hita Karana Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS. E-Journal PGSD Pendidikan Ganesha Mimbar PGSD, 5(2).

Astami, W. (2016). Penerapan Inkuiri Terbimbing Berbasis Tri Hita Karana Dapat Meningkatkan Sikap Sosial dan Kompetensi Pengetahuan IPS. E-Journal PGSD Pendidikan Ganesha Mimbar PGSD, 4(1).

Christina, L. V. (2016). Efektivitas Model Pembelajaran Tipe Group Investigation (GI) Dan Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Dalam Meningkatkan Kreativitas Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas 4. Scolaria, 6(3), 217–230.

Eva, M. (2016). Pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe student facilitator and explaining terhadap pemahaman matematik peserta didik. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika, 2(1), 29–34.

Hartoto, T. (2016). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Sejarah. Jurnal Historia, 4(2).

Kartiningsih, A. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Berbasis Pendekatan Saintifik Terhadap Penguasaan Kompetensi Pengetahuan Ipa Siswa Kelas IV SD Gugus Moch.Hatta Tahun Pelajaran 2015/2016. E-Journal PGSD Pendidikan Ganesha Mimbar PGSD, 4(1).

Kemendikbud. (2014). Permendikbud Nomor 57 Tahun 2014. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Mulyani, E. (2016). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator and Explaining Terhadap Pemahaman Matematik Peserta Didik. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika, 2(1).

Rai, I. B. & S. (2019). Konsepsi Asta Brata Dalam Kepemimpinan Berlandaskan Tri Hita Karana. Jurnal Kajian Pendidikan Widya Accarya.

Sagala, S. (2012). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Shoimin, A. (2014). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: KENCANA.

Taniredja, T. (2012). Model-model Pembelajaran Inovatif. Bandung: Alfabeta.

Wardana, I. K. N. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD GUGUS II Kecamatan Karangasem. E-Journal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1).

Wirawan, A. (2011). Tri Hita Karana. Surabaya: Paramita.

Wiyani, A. N. (2013). Manajemen Kelas. yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Downloads

How to Cite

Widiartini, P. D. O., Made Putra, M. P., & Manuaba, I. B. S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Berbasis Tri Hita Karana Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(3), 326–334. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i3.19476