Implementasi Metode Modelling The Way dengan Permainan Mathchess untuk Meningkatkan Keterampilan Perkalian
DOI:
https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.21766Keywords:
modelling, the Way math-chess, perkalianAbstract
Penguasaan kemampuan matematika yang masih rendah pada materi perkalian yang disebabkan oleh anak yang belum paham akan konsep perkalian. Sehinga penelitian ini tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi metode modelling the way dengan permainan mathchess dapat meningkatkan keterampilan perkalian siswa kelas II SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk Pre-Experiment Desaign dengan desain One Group Pretest-Posttest. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas II SD. Sampel yang diambil adalah 22 siswa kelas II dengan teknik Probability Sampling berbentuk sampling jenuh. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui tes, dokumentasi, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai uji normalitas akhir atau posttest (93,18) lebih besar dari hasil uji normalitas awal atau pretest (64,77) serta berdasarkan hasil uji-t satu pihak diketahui thitung lebih dari ttabel (10,437 > 1,721). Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak. Dengan kata lain terdapat pengaruh positif pada implementasi metode modelling the way dengan permainan mathchess dapat meningkatkan keterampilan perkalian siswa kelas II SD.
References
Dacey, John S & John F. Travers. (2002). Human development across the lifespan 5th ed. New York: The McGraw-Hill Companies, Inc.
Ardi Rakasiwi. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Modelling The Way Terhadap Pelaksanaan Ibadah Sehari-Hari Uin Sunan Gunung Djati Bandung , Jalan A . H . Nasution No . 105 , Cipadung , Cibiru , Kota Bandung , Jawa Barat 40614 Email : 1142020020@student.uinsgd.ac.id Ardi Rakas. Atthulab, 3(1).
Basri. (2017). Evaluasi Profesionalisme Guru B. SULOH, 2(1), 1689–1699.
Binov handitya. (2019). Menyemai Nilai Pancasila Pada Generasi Muda Cendekia. ADIL INDONESIA JURNAL, 2(1), 47–50.
Hadi, S. (2017). Pendidikan Matematika Ralistik. Rajawali Pers.
Khasanah, U. (2011). Pengaruh Pembelajaran Make A-Match Dan Index Card Match Terhadap Pemahaman Siswa Kelas X Sma Institut Indonesia Semarang Tahun Ajaran 2010/2011. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 2(2), 143–154. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.26877/jp2f.v2i2/septembe.135
Masykuri, A. (2013). Upaya Meningkatkan Ketrampilan Berbicara Melaluimodel Pembelajaran Modeling the Way Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V Mim Bekangan Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013. Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1–12.
Permatasari, B. I. (2014). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Superitem dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas X SMAN 11 Makassar. Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 2(1), 136–154. https://doi.org/10.24252/mapan.2014v2n1a10
Riris Nur Kholidah Rambe. (2018). Penerapan strategi index card match untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa indonesia. Jurnal tarbiyah, 25(1), 93–124. https://doi.org/10.30829/tar.v25i1.237
Ruslan, Fauziah, T., & Alawiyah, T. (2016). Kendala Guru dalam Menerapkan Penilaian Autentik di SD Kabupaten Pidie. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 147–157. https://media.neliti.com/media/publications/188254-ID-kendala-guru-dalam-menerapkan-penilaian.pdf
Sholichah, A. S. (2018). Teori-Teori Pendidikan Dalam Al-Qur’an. In Jurnal Pendidikan Islam (Vol. 07, Issue 1). https://doi.org/10.30868/EI.V7
Sihotang, I. M., & Sari, D. M. (2018). Implementasi Model Pembelajaran Modelling The Way Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi. 82–87.
Wardani, E. P., Mardiyana, M., & Subanti, S. (2016). Analisis Miskonsepsi Siswa Pada Materi Pokok Lingkaran Ditinjau Dari Kesiapan Belajar Dan Gaya Berpikir Siswa Kelas Xi Ipa Sma N 3 Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Pembelajaran Matematika, 4(3), 328–340.
Zubaidah, Magiati, & Kresnadi, H. (2015). Peningkatan Hasil Belajar Matematika dengan Metode Lattice di Kelas III Sekolah Dasar. 2, 1–17.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal Ilmiah Sekolah Dasar agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)