(FGD) Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Memanfaatkan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar di SD

Authors

  • Made Swadayaningsih SD Negeri 1 Paket Agung, Singaraja

DOI:

https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.24102

Keywords:

teacher’s ability, environment, learning resources, FGD

Abstract

Penelitian ini dirancang dalam bentuk Penelitian Tindakan Sekolah yang direncanakan dilaksanakan dalam dua siklus, dimana setiap siklusnya dilaksanakan dalam dua sampai tiga kali  pertemuan. Adapun subyek penelitian ini adalah guru-guru di SD Negeri 1 Paket Agung yang terdiri dari tujuh orang guru kelas dan tiga orang guru bidang studi. Pelaksanaan penelitian ini diawali dengan pengumpulan data dengan menggunakan format observasi, instrumen penilaian skenario pembelajaran dan instrumen penilaian pelaksanaan pembelajaran. Selanjutnya data yang sudah terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis diskriptif yang hasilnya adalah sebagai berikut : Pada siklus I nilai rata-rata yang diperoleh dari sikap guru berdiskusi adalah 78,50 katagori”cukup,sedangkan pada siklus II nilai rata-rata yang diperoleh adalah 84,60, katagori “baik”, nilai rata-rata yang diperoleh dari penilaian skenario pembelajaran pada siklus I yaitu 80,00 katagori “cukup” sedangkan pada siklus II nilai rata-rata yang diperoleh adalah 83,50, nilai rata-rata yang diperoleh dari penilaian pelaksanaan pembelajaran pada siklus I yaitu 80,67 katagori “cukup”, sedangkan pada siklus II nilai rata-rata yang diperoleh adalah 81,90 katagori “baik”. Melihat nilai rata-rata yang diperoleh  dari hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa dari siklus I ke siklus II , terjadi peningkatan nilai rata-rata yang diperoleh dari masing-masing komponen yang di observasi maupun yang dinilai, yang berarti pembinaan dan bimbingan melalui pendekatan Focus Group Discussion (FGD) dapat meningkatkan kemampuan guru dalam pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar. Berdasarkan keberhasilan tersebut di atas disarankan kepada guru-guru di SD Negeri 1 Paket Agung agar lebih mengoptimalkan pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar dengan memperbanyak variasi metode pembelajaran dalam penyusunan skenario pembelajaran maupun dalam  pelaksanaan pembelajaran.

References

Badru Zaman, dkk. 2005. Media dan Sumber Belajar TK. Buku Materi Pokok PGTK 2304. Modul 1-9. Jakarta Universiats Terbuka.

Dantes. 2017. Pedagogik dalam Perspektif. Singaraja: Undiksha Press.

Ekowati, Endang. 2001. Stategi Pembelajaran Kooperatif. Modul Pelatihan Guru Terintegrasi Berbasis Kompetensi. Jakarta : Depdiknas.

Rusyan Tabrani. 2001. Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung Remaja Rosdakarya.

Sarman, Samsuni S.Pd. 2005. Implementasi Pendekatan Works Based Learning pada Sumber Belajar Masyarakat dalam Pembelajaran PS-Ekonomi. Laporan Penelitian Tindakan Kelas. Banjarmasin. Tidak dipublikasikan.

Sutrisno Hadi, 2000. Metodelogi Penelitian. Yogyakarta : Andi

Sagala, Saiful.2007. Manajemen Strategik dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Bandung. Alfabeta.

Undang-undang

Yudana &Nitiasih. 2006.Strategi Pemecahan Masalah. Makalah disampaikan dalam Fokus Group Discussion (FGD) Guru-guru SD dan SMP se Kabupaten Buleleng di Hotel Celuk Agung Lovina Singaraja.

Downloads

Published

2020-04-03

How to Cite

Swadayaningsih, M. (2020). (FGD) Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Memanfaatkan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar di SD. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 74–79. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.24102