Efektivitas Penggunaan Multimedia dalam Pembelajaran IPA di SD
DOI:
https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.24135Keywords:
effectiveness, use of multimedia, natural science learningAbstract
Pembelajaran IPA membutuhkan keaktifan siswa dalam meningkatkan prestasi belajar, namun berdasarkan hasil pra riset yang dilakukan peneliti di kelas V SDN Lamper Tengah 02 Semarang tingkat ketuntasan siswa secara murni pada materi IPA seperti materi kalor hanya 40 % dari seluruh jumlah siswa. Siswa membutukan Salah satu yang bisa dilakukan yaitu dengan menerapkan pembelajaran IPA khususnya Tema 7 Sub Tema 3 Materi Kalor dengan memanfaatkan media belajar yang dapat menarik perhatian siswa dan merangsang siswa untuk belajar, sehingga mulai perlu melakukan proses pembelajaran IPA menggunakan multimedia untuk lebih meningkatkan semangat belajar siswa dan lebih mempermudah siswa dalam memahami materi yang diajarkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat efektivitas penggunaan multimedia dalam pembelajaran IPA tema 7 sub tema 3 materi kalor di kelas V SDN Lamper Tengah 02 Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain True Experimental Design, dengan bentuk Control Group pre-test-post-test. Data dalam penelitian diperoleh melalui metode tes berupa tes pilihan ganda. Untuk analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus t-test. Hasil analisis menunjukkan penggunaan multimedia sangat efektif dalam pembelajaran IPA tema 7 sub tema 3 materi kalor di kelas V SDN Lamper Tengah 02 Semarang, berdasarkan uji perbedaan rata-rata menunjukkan sig = p-value 0,000. Nilai tersebut kurang dari 0,05 (0,000 < 0,05), maka hipotesis yang diajukan diterima yaitu penggunaan multimedia efektif dalam meningkatkan pembelajaran IPA kelas V SDN Lamper Tengah 02 Semarang.
References
Arikunto, Suharsimi, 2014, Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara
Arsyad, Azhar, 2008, Media Pengajaran, Jakarta: Raja Grafindo Persada
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain, 2006, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta
Hamalik, Oemar, 2018, Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara
Hamdani, 2011, Strategi Belajar Mengajar, Bandung: Pustaka Setia
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No 22 Tahun 2006
Syukur, Fatah, 2010, Teknologi Pendidikan, Semarang : Rasail.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal Ilmiah Sekolah Dasar agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)