Kooperatif Tipe Group Investigation Melalui Setting Lesson Study terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25094Keywords:
group investigation, lesson study, IPA.Abstract
Pengetahuan IPA saat ini masih ada dalam kondisi yang tidak bagus, hal ini disebabkan oleh kurangnya perencanaan yang dilakukan oleh guru, keaktifan siswa belajar, hal itu lah yang mendasari penelitian ini dilakukan. Penelitian ini bertujuan mengetahuai efektivitas pengunaan model group Investigation bersetting lesson study terhadap kompetensi pengetahuan IPA pada siswa SD kelas IV. Jenis penelitian ini adalah penelitian ekperimen semu dengan rancangan penelitian non-equivalent post-test only control group design. Populasi penelitian ini berjumlah 162 siswa. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik random sampling, diperoleh kelas IV SDN 1 Penglatan berjumlah 27 siswa sebagai kelompok eksperimen dan kelas IV SDN 3 Penglatan berjumlah 23 siswa sebagai kelompok kontrol. Tes objektif digunakan untuk mengumpulkan data kompetensi pengetahuan IPA kemudian dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial (uji-t). Berdasarkan hasil perhitungan dan analisis data, diperoleh rata-rata kompetensi pengetahuan IPA siswa kelompok eksperimen, yakni 17,43 lebih besar dari rata-rata kelompok kontrol, yakni 14,27. Selain itu nilai thitung = 2,77 > ttabel = 2,01 untuk signifikansi 5%, sehingga dapat dikatan bahwa penerapan model group investigation berseting lesson study dapat mempengaruhi kompetensi pengetahuan IPA. Dengan adanya model pembelajaran ini akan menjadi alternative guru dalam merancang proses pembelajaran yang lebih inovatif.
References
Abizar, H. (2017). Buku Master Lesson Study. Yogyakarta: DIVA Press.
Agung, A. A. A. G. (2016). Statistika Inferensial. Singaraja: Fakultas Ilmu Pendidikan.
Budiastra, I. K., Sudana, D. N., & Arcana, N. (2015). Pengaruh Model Kooperatif Tipe GI (Group Investigation) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran IPA. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 31.
Candiasa, I. M. (2011). Pengujian Instrumen Penelitian Disetrai Aplikasi Iteman dan Bigsteps. Singaraja: Undiksha Press.
Harta, J., Dharsana, I. K., & Renda, N. T. (2019). Pengaruh Model Tsts Melalui Lesson Study Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Mimbar Ilmu, 24(1), 95–104. https://doi.org/10.23887/mi.v24i1.17458
Hayati, D. K. (2017). Pengembangan Buku Ajar Konsep Dasar IPA Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Mahasiswa. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 2(1), 151–167. https://doi.org/10.22437/gentala.v2i1.6824
Jampel, I. N. (2017). Pelatihan Pengembangan Asesmen Autentik Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Di Sekolah Dasar Berbasis Lesson Study Bagi Guru-Guru Sd Di Kecamatan Buleleng. Jurnal Widya Laksana, 5(1), 10. https://doi.org/10.23887/jwl.v5i1.9095
Kemendikbud. Lampiran Permendikbud Nomor 37 Tahun 2018 Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. , (2018).
Kosasih. (2016). Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Yrama Widya.
Koyan, I. W. (2011). No Asesmen dalam Pendidikan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha Press.
Kurniasih, Iman, & Seni, B. (2016). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran untuk Meningkatkan Profesionalitas Guru.
Octaviani, E., Diani, R., & Romlah. (2018). Pengaruh Group Investigation Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Pada Pokok Bahasan Gerak Lurus Kelas X di SMAN 1 Jabung Lampung Timur. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 01(2), 23–28.
Pindo, H., & Rinci, S. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Alat Peraga pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SDN Nomor 14 Simbolon Purba. School Education Journal, 8(2), 121–129.
Putra, Margunayasa, I. G., & Wibawa, I. M. C. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Berbasis Lesson Study Terhadap Penguasaan Konsep IPA. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 1(2), 84–93.
Samatowa, U. (2016). Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Indeks.
Santyasa, I. W. (2017). Pembelajaran Inovatif. Singaraja: Undiversitas Pendidikan Ganesha.
Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-Ruzz Media.
Slavin, R. E. (2005). Cooperative Laerning. London: Allymand Bacon.
Taher, A., Utaya, S., & Bachri, S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe 1059 Group Investigation terhadap Hasil Belajar Geografi. Jurnal Serunai Matematika, 4(4), 456–461. https://doi.org/10.37755/jsm.v11i1.110
Tristiantari, N. K. D., & Sumantri, I. M. (2016). Model Pembelajaran Cooperatif Integrated Reading Composition Berpola Lesson Study Meningkatkan Keterampilan Membaca Dan Menulis. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(2), 203. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i2.8493
Tursinawati, T., & Widodo, A. (2019). Pemahaman Nature of Science (NoS) Di Era Digital: Perspektif Dari Mahasiswa PGSD. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 3(1), 1–9. https://doi.org/10.24815/jipi.v3i1.13294
Vlorensius, Nugroho, E. D., & Andari, K. D. W. (2016). Persepsi dan Preferensi Guru-guru di Kabupaten Tana Tidung Terhadap Penerapan Lesson Study Berdasarkan Motivasi Dan Sikap Untuk Pengembangan Profesionalisme Guru Wilayah Perbatasan. 2(3), 277–291.
Widiartini, P. D. O., Putra, M., & Manuaba, I. B. S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Berbasis Budaya Penyelidikan Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa Kelas Iv. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia, 1(1), 8. https://doi.org/10.23887/jpmu.v1i1.20762
Wiyasa, I. K. N. (2017). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe NHT dalam setting lesson study terhadap hasil belajar pendidikan jasmani. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 13(2), 72–78. https://doi.org/10.21831/jpji.v13i2.21069
Yusuf, L. . (2013). Mata Kuliah Dasar Profesi (MKDP) Bagi Para Mahasiswa Calon Guru di Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK). Jakarta: Rajawali Pres.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal Ilmiah Sekolah Dasar agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)