Model Pembelajaran Quantum Teaching Tipe TANDUR Berbantuan Permainan Tradisional terhadap Hasil Belajar IPA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25137Keywords:
quantum teaching, permainan tradisional, IPA.Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui implementasi model pembelajaran quantum teaching tipe TANDUR berbantuan pemainan tradisional terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD. Jenis penelitian yang dilaksanakan yaitu quasi eksperiment dirancang dengan Non Equivalen Post-Test Only Kontrol Grup Desain. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas IV SD Gugus V Kecamatan Buleleng dan terdiri dari 5 kelas. Sampel ditentukan dengan menggunakan teknik random sampling. Sampel penelitian ini terdiri SDN 1 Petandakan yang terdiri dari 28 siswa (eksperimen) dan SDN 1 Nagasepaha yang terdiri dari 31 siswa (kontrol). Data hasil belajar IPA dikumpulkan dengan objektif sebanyak 30 soal. Analisis data melalui tahap analisis statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitiaan ini menunjukkan yaitu nilai hitung sebesar 3.21 dan nilai tabel sebesar 2.0. Artinya bahwa thitung lebih besar dibandingkan dengan ttabel. Dapat disimpulkan dengan, terdapatnya pengaruh dari hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran quantum teaching tipe TANDUR berbantuan pemainan tradidional dengan peserta didik yang menggunakan pendekatan saintifik pada siswa kelas IV SD di Gugus V Kecamatan Buleleng Tahun Ajaran 2019/2020.
References
Agung, A. G. A. (2016). Statistik Dasar untuk Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.
Azizah, I. M. (2016). Efektivitas Pembelajaran Menggunakan Permainan Tradisional Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Materi Gaya Di Kelas IV Min Ngronggot Nganjuk. Dinamika Penelitian, 16.
Bundu, P. (2006). Penilaian Keterampilan Proses Dan Sikap Ilmiah Dalam Pembelajaran Sains Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat Ketenagakerjaan.
Candiasa, I. M. (2010). Pengujian Instrumen Penelitian Disertai Aplikasi ITEMAN dan BIGSTEPS. Singaraja-Bali: Universitas Pendidikan Ganesha.
Dantes, N. (2017). Desain Eksperimen Analisis Data. Depok: Rajawali Pers.
DePorter, Bobbi & Mike Hernacki. 2001. Quantum Learning. Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan.Bandung : Penerbit Kaifa
DePoter, B. (2010). Quantum Teaching. Bandung: Kaifa.
Devi, Frita Asriyanti dan Lilis Arinatul Janah. 2018. Analisis Gaya Belajar Ditinjau dari Hasil Belajar Siswa. Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan Volume 3, Nomor 2, Desember 2018. http://journal2.um.ac.id/index.php/jktpk/article/view/5021/3530.
Dilanisa. 2011. Mengenal Permainan Tradisional. Bandung: Mawar Putra Perdana
Dwi Cahyaningrum, Yahya AD , dan Ardian Asyhari. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Tipe Tandur Terhadap Hasil Belajar. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education 02 (3) (2019) 372-379. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/IJSME/article/view/4363/2818
Fathurrohman, M. (2016). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Jogjakarya: AR-RUZZMEDIA.
Koyan, I. W. (2012). Statistik Pendidikan. Singaraja-Bali: Universitas Pendidikan Ganesha Press.
Lukad, Valiant Perdana Sutrisno dan Budi Tri Siswanto. 2016. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Praktik Kelistrikan Otomotif SMK di Kota Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Vokasi Volume 6, No 1, Februari 2016 (111-120) https://journal.uny.ac.id/index.php/jpv/article/view/8118/6872
Maisaroh, & Rostrieningsih. (2010). Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Active Learning Tipe Quiz Team pada Mata Pelajaran Keterampilan Dasar Komunikasi di SMK Negeri 1 Bogor. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, Volume 8 Nomor 2, November 2010 (157-172)
Malawi, I., & Juwarti. (2013). Pengaruh Pembelajaran Cooperatif Learning Type Make A-Match Terhadap Hasil Belajar Ipa Kelas V Sdn 01 Manisrejo Kota Madiun. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Maolani, R. A., & Cahyana, U. (2016). Metodelogi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Mega , Gustiana Anggitaa, Siti Baitul Mukarromahb dan Mohammad Arif Ali. 2018. Eksistensi Permainan Tradisional Sebagai Warisan Budaya Bangsa. JOURNAL OF SPORT SCIENCE AND EDUCATION (JOSSAE) VOL: 3, NO: 2 OCTOBER (2018). https://journal.unesa.ac.id/index.php/jossae/article/download/3392/2421
Muijs, D & Rcynols, D. (2008). Effective Teaching Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rose, Colin, dkk. 3003. Accelerated Learning: Cara Belajar Cepat Abad XXI. Bandung: Nuansa
Sitti Nurhayati. (2011). Meningkatkan Minat Belajar Matematika Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching dengan Tahapan belajar TANDUR. Skripsi (online). Diterbitkan. Jakarta. Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta.
Sudijonon, Anas. (2006). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada
Supramono, Agus. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Quantum (Quantum Teaching) Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas III SD YPS Lawewu Kecamatan Nuha Kabupaten Luwu Timur. Jurnal Nalar Pendidikan Volume 4, Nomor 2, Jul-Des 2016 ISSN: 2339-0749. http://ojs.unm.ac.id/nalar/article/download/2401/1886
Susanti, Evy Rosalina. 2011. Penerapan model quantum teaching untuk meningkatkan kualitas pembelajaran pada mata pelajaran ips kelas v mi islamiyah kebonsari kota malang. http://library.um.ac.id/freecontents/index.php/pub/detail/penerapan-pendekatan-quantum-learninguntuk-meningkatkan-aktivitas-dan-hasil-belajar-ips-siswa-kelas-iv-sdnbangoan-1-kabupaten-tulungagung-enggar-fitrianingrum-53693.html
Ulya, H., & Rahayu, R. (2017). Pembelajaran Treffinger Berbantuan Permainan Tradisional Congklak Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(1), 48-55.
Wahyu Merthayasa, Ketut Adnyana Putra dan I Nengah Suadnyana. (2016). Penerapan Model Quantum Teaching Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia (Keterampilan Menulis) Pada Siswa Kelas IV SD. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD Vol: 4 No: 1 Tahun: 2016. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/download/7551/5159
Wena, M. (2010). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta. Bumi Aksara.
Wena, M. (2013). Strategi Pembelajaran Inovasi Konteporer. Bumi Aksara. Jakarta.
Yahya, Husniyati. 2017. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMA Islam Terpadu Al-Fityan Gowa. Jurnal Biotek Volume 5 Nomor 1 Juni 2017 hal. 155-166. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/biotek/article/view/3455/3248.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal Ilmiah Sekolah Dasar agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)