Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Proses Pembelajaran di SD
DOI:
https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25461Keywords:
supervisi akademik, kompetensi guru, pembelajaranAbstract
Kompetensi guru dalam proses pembelajaran di kelas senyatanya masih rendah, guru kurang mempersiapkan perangkat pembelajaran sebelum masuk di kelas serta pola pikir yang masih kovensisoanal. Penelitian tindakan sekolah ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam proses pembelajaran di Sekolah Dasar melalui penerapan supervisi akademik. Subjek penelitian ini adalah guru SD yang jumlahnya 9 orang Penelitian ini meruapakan penelitian tindakan sekolah dilaksanakan dalam 2 siklus, dengan rancangan masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi/evaluasi dan refleksi. Data dikumpulkan dengan metode observasi. Data yang sudah dikumpulkan dianalisis dengan metode statistic deskriptif. Setelah data kompetensi guru dalam proses pembelajaran dianalisis terlihat peningkatan yang cukup signifikan. Pada prasiklus tingkat kompetensi guru dalam proses pembelajaran sebesar 65,19% yang tergolong cukup, pada siklus II menjadi 68,06% yang tergolong cukup, dan pada siklus II menjadi 78,06% yang tergolong baik. Berdasarkan peningkatan tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan supervisi akademik dapat meningkatkan kompetensi guru dalam proses pembelajaran di SD. Dengan adanya supervisi Akademik membantu guru-guru untuk meningkatkan kopetensi pedagogiknya.
References
Agung, A. A. G. (2010). Metodologi Penelitian Pendidikan, Suatu Pengantar. (FIP Undiksha Singaraja, Ed.). Singaraja.
Atmodiwiryo, S. (2011). Manajemen Pengawasan dan Supervisi Sekolah. Jakarta: PT. Ardadizya jaya.
Dirjen PMPTK. (2008). Metode dan Teknik Supervisi Tahun 2008. Jakarta: Depdiknas.
Hendriyathi. (2012). Pembinaan Profesional Melalui Supervisi Akademik Sebagai Upaya Peningkatan Mutu Kinerja Guru Pada SD Santo Yoseph I Denpasar.
Istianah, I. (2019). Implementasi Program Supervisi Akademik Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di SMAN 1 Cikarang Utara dan MAN Kabupaten Bekasi. Rasi Pendidikan, Volume 26 Issue 1, April 2019 H, 26(1).
Lalupanda, E. M. (2019). Implementasi Supervisi Akademik Untuk Meningkatkan Mutu Guru. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 7(1).
Masnun, B. (2017). Mengefektifkan Supervisi Akademik Dalam Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Kelas Dalam Proses Pembelajaran Semester Satu Tahun Pelajaran 2016/2017 SD Negeri 27 Ampenan. JIME, 3(1).
Messi, Wiwin Anggita Sari, & M. (2018). Pelaksanaan Supervisi Akademik Pengawasan Sekolah Sebagai Upaya Peningkatan Profesionalisme Guru. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan, 3(1).
Riyanto, M. (2015). Manajemen Kepala Sekolah Dalam Melaksanakan Supervisi Akademik Di SMA Negeri 5 Lubuklinggau. Jurnal Manajer Pendidikan, 9(1).
Sagala, S. (2020). Supervisi Pembelajaran dalam Profesi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sugiyanti & Sabar Narimo. (2016). Pengelolaan Supervisi Akademik oleh Kepala Sekolah di SD Negeri 6 Putatsari Grobogan. Jurnal Managemen Pendidikan, 11(2).
Sukarmen. (2018). Pelaksanaan supervisi akademik oleh kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi profesional guru. Jurnal Riset Tindakan Indonesia, 3(2).
Suradi, A. (2018). Supervisi Akademik Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar Negeri 79 Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 5(1).
Tama, I. K. (2009). Pengaruh Pelaksanaan Supervisi Akademik Tehadap Penguasaan Kompetetensi Pedagogik Ditinjau dari Etos Kerja Pada Guru SMP Negeri 1 Kuta Utara Tahun 2008/2009. Tesis Pasca SarjanaUniversitas Pendidikan Ganesha Singaraja.
Usman. (2018). Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Binaan Dalam Proses Pembelajaran Melalui Supervisi Akademik Di Kelas Semester Satu Tahun Pelajaran 2017/2018 SD Negeri 39 Mataram. JISIP, 2(1).
Zulfikar, Yusrizal, & S. I. (2017). Supervisi Akademik Oleh Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru SD Negeri 2 Calang Kabupaten Aceh Jaya. Jurnal Magister Administrasi Pendidikan, 5(3).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal Ilmiah Sekolah Dasar agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)