Kontribusi Kecerdasan Interpersonal dan Aktualisasi Diri dalam Kelompok terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS
DOI:
https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25555Keywords:
aktualisasi diri, kecerdasan interpersonal, kompetensiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi yang signifikan kecerdasan interpersonal terhadap kompetensi pengetahuan IPS, kontribusi yang signifikan aktualisasi diri dalam kelompok terhadap kompetensi pengetahuan IPS, kontribusi yang signifikan secara bersama-sama kecerdasan interpersonal dan aktualisasi diri dalam kelompok terhadap kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas V. Jenis penelitian ini adalah ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD yang berjumlah 300 siswa. Penentuan sampel menggunakan teknik proporsional random sampling sehingga hasilnya sebanyak 166 siswa. Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner untuk mengukur kecerdasan interpersonal dan aktualisasi diri dalam kelompok, sedangkan data mengenai kompetensi pengetahuan IPS diperoleh melalui pencatatan dokumen. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linier ganda. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan kecerdasan interpersonal terhadap kompetensi pengetahuan IPS dengan kontribusi sebesar 3,75 %, terdapat pengaruh yang signifikan aktualisasi diri dalam kelompok terhadap kompetensi pengetahuan IPS dengan kontribusi sebesar 3,76%, serta terdapat pengaruh yang signifikan secara bersama-sama antara kecerdasan interpersonal dan aktualisasi diri dalam kelompok terhadap kompetensi pengetahuan IPS dengan kontribusi sebesar 7,51%. Dapat disimpulkan bahwa kecerdasan interpersonal dan aktualisasi diri dalam kelompok berkontribusi terhadap kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas V SD Gugus Budi Utomo Kecamatan Denpasar Timur Tahun Pelajaran 2019/2020.
References
Agung, A. A. G. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan. Aditya Media Publish.
Amalia, A. (2017). Pengaruh Kecerdasan Intrapersonal dan Interpersonal Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V Sd/Mi Se-Sarwas 1 Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang.
Amitha, A. F. (2016). Hubungan Kecerdasan Interpersonal Dengan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Ips Kelas V di SD intis School Yogyakarta. E-Jurnal Prodi Teknologi Pendidikan, 5(6), 139–154.
Arikunto, S. (2015). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara.
Armstrong, T. (2002). 7 Kinds of Smart. PT Gramedia Pustaka Utama.
Artha Saputra, Sujana, M. (2018). Korelasi Antara Kecerdasan Interpersonal Dengan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V di SD Gugus IV Abiansemal Tahun Pelajaran2017/2018. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 1(1), 11–20. https://doi.org/10.23887/ijerr.v1i1.14618
Arum, A. (2017). Pengaruh Kecerdasan Intrapersonal dan Interpersonal tehadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD/MI Se- Sarwas 1 Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang. 2(1).
Ayu Wardani, N. M., Suniasih, N. W., & Sujana, N. W. (2019). Korelasi Antara Konsep Diri dengan Kemampuan Pemecahan Masalah IPS. Thinking Skills and Creativity Journal, 2(1), 37. https://doi.org/10.23887/tscj.v2i1.18382
Daniati, Hermi Yanzi, Y. N. (2015). The of Extracurricular in Effect Fostering Potential to Students AT MA. Journal Education of Batanghari.
Dantes, N. (2012). Metode Penelitian. CV Andi Offset.
Daryanto. (2013). Siap Menyongsong Kurikulum 2013. Gava Media.
Giri, K. Y. Y., Suarni, N. K., & Arini, N. W. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Script Berbantuan Media Audio Visual terhadap Hasil Belajar IPS Kelas IV. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 6(1), 63–72.
Kurniasih, dan B. S. (2014). Sukses Mengimplementasikan Kurikulum 2013. Kata Pena.
Listyowati, A., Andayani, T. R., & Karyanta, N. A. (2011). Hubungan Antara Kebutuhan Aktualisasi Diri dan Dukungan Sosial dengan Kematangan Karir pada Siswa Kelas XII SMAN 2 Klaten. 000, 116–145.
Luh, N., Santiasih, A., Ganing, N. N., & Sujana, I. W. (2016). Penerapan Talking Stick dalam Pendekatan Saintifik Pengetahuan IPS dan Motivasi Belajar siswa Kelas IV SDN 9 Padangsambian Universitas Pendidikan Ganesha.
Maslow, A. (1984). Motivasi dan Kepribadian (1st ed.). PT Gramedia.
Monawati. (2017). Hubungan Antara Kecerdasan Interpersonal Dengan Prestasi Belajar. Jurnal Pesona Dasar, 3(3), 21–32.
Muzamiroh, M. L. (2013). Kupas Tuntas Kuriulum 2013. Kata Pena.
Prawira, P. A. (2014). Psikologi Pendidikan dalam Perspektif Baru. Ar-Ruzz Media.
Ria Sabekti, Ah Yusuf, R. P. (2019). (Jurnal Keperawatan Jiwa). 1(2), 29–35. https://e-journal.unair.ac.id/PNJ
Safaria. (2005). Interpersonal Intelligence. Ambara Books.
Sakti, I. (2011). Korelasi Pengetahuan Alat Praktikum Fisika dengan Kemampuan Psikomotorik Siswa di SMA Negeri q Kota Bengkulu. Exacta, 9(1), 67–76.
Saputra, I. D. K. A. dkk. (2018). Korelasi Antara Kecerdasan Interpersonal dengan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V di SD Gugus IV Abiansemal Tahun Pelajaran 2017/2018. Indonesian Journal of Educational Research Dan Review, 1(1), 11–20.
Sudarsana, G. N. (2017). Pengaruh Cybertherapy terhadap Pengambangan Aktulisasi Diri Remaja Kelas XI SMA Negeri 1 Singaraja. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran PPs Universitas Pendidikan Ganesha, 1(1), 20–31.
Sudijono, A. (2015). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. (2017). Statistiak untuk Penelitian. Alfabeta.
Widayanti; dkk. (2013). Indonesian Journal of Guidance and Counseling : Theory and Application Hubungan Locus of Control dengan Motivasi Konselor. Indonesian Journal of Guidance and Counseling : Theory and Application, 2(3), 41–49.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal Ilmiah Sekolah Dasar agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)