Quantum Learning Model Assisted with Video Have an Effect to Science Learning Outcomes
DOI:
https://doi.org/10.23887/jisd.v4i4.26489Keywords:
learning outcomes, quantum, videoAbstract
The learning model applied tends to still be centered on the teacher (teacher centered) so this study aims to determine the effect of a quantum learning model assisted by video media on the learning outcomes of fourth grade elementary school science students. This type of research is quasi-experimental research design with Non-equivalent Post-Test Control Group Design. The population in this study were 133 students. Sampling was taken by random sampling. The method used in data collection is an objective test. Data analysis through descriptive and inferential statistical analysis stages. Based on the results of t-test calculations show (t = 5.54 sig = 0.00). This shows that there are differences in science learning outcomes between groups of students who are taught with a quantum learning model assisted by video media and groups of students who are not taught a quantum learning model assisted by video media to fourth grade elementary school students. Thus, the use of a quantum learning model assisted by video media will affect the learning outcomes of science students in grade IV elementary school.
References
Agung, A. A. Gede. 2014. Buku Ajar Metodologi Penelitian Pendidikan, Ediisi 2, Cetakan Pertama. Singaraja: Aditya Media Publishing.
Anidityas, N. A., Utami, N. R., & Widiyaningrum, P. (2012). Penggunaan alat peraga sistem pernapasan manusia pada kualitas belajar siswa SMP kelas VIII. Unnes Science Education Journal, 1(2).. (diakses tanggal 20 Juni 2020).
Anindya Wati, L. I. N. A. K. S. I. T. A. (2013). Pemanfaatan Media Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Pada Siswa Kelas IV SDN Babatan I/456 Surabaya. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 1-10.. Diakses pada tanggal 25 Juni 2020.
Aviana, Ria. 2015. “Pengaruh Tingkat Konsentrasi Belajar Siswa Terhadap Daya Pemahaman Materi Pada Pembelajaran Kimia Di Sma Negeri 2 Batang”. Jurnal Pendidikan Sains. Universitas Muhammadiyah Semarang. Volume: 3 Nomor:1. Daikses pada tanggal 17 Juli 2020.
Dananjaya, I. G., Suastra, I. W., & Sudiatmika, A. A. I. A. R. (2017). Penerapan Model Quantum Learning Berbantuan Media Video Sebagai Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa. Wahana Matematika dan Sains: Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya, 9(2), 32-43.
Dewi, Ni Luh Pt. Gd. Krisna. 2012. “Pengaruh Model Pembelajaran Kuantum Berbantuan Media Video Kontekstual Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Di SDN 2 Dangin Puri” . Jurnal PGSD. Undiksha. Diakses pada tanggal: 19 Oktober 2019
Firmansyah, Dani. 2015. “Pengaruh Strategi Pembelajaran Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika”. Jurnal Pendidikan Unsika. Universitas Singaperbangsa Karawang. Volume:3 Nomor:1. Diakses pada tanggal 17 Juli 2020.
Hadi, S. (2017). Efektivitas Penggunaan Video Sebagai Media Pembelajaran Untuk Siswa Sekolah Dasar. In Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran Dan Pendidikan Dasar 2017 (pp. 96-102).
Handayani, Ni Luh Eka & Ida Bagus Ketut Perdata. 2014. Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Qt Dengan Kerangka Tandur Dalam Pembelajaran Bangun Segi Empat Pada Siswa Kelas VII C SMP Pancasila Canggu Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Santiaji Pendidikan. Volume 4 Nomor 1. (diakses tanggal 20 Juni 2020).
Haryanto, I Nyoman. 2015. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Video Animasi Terhadap Hasil Belajar IPA Dan Kreativitas Siswa SMPLB C Negeri Denpasar”. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Vol: 5 No: 1 Tahun: 2015. Diakses pada tanggal: 21 Oktober 2019.
Jayadiningrat, Made Gautama. 2017 “Meningkatkan Kesiapan Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Kimia Dengan Pemberian Kuis Di Awal Pembelajaran”. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia. Universitas Pendidikan Ganesha. Vol: 1 No:1. Diakses pada tanggal 17 Juli 2020.
Junaidi, M. 2015. “Upaya Menumbuhkan Rasa Ingin Tahu Siswa Mengenai Konsep Matematika Menggunakan Abakus”. Jurnal Pendidikan Dasar. Universitas Tanjungpura Pontianak. Vol: 3 No: 1. Diakses pada tanggal 20 Juni 2020.
Koyan, I Wayan. 2012. Statistik Pendidikan, Teknik Analisis Data Kuantitatif. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Kulsum, U., & Hindarto, N. (2011). Penerapan model learning cycle pada sub pokok bahasan kalor untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 7(2).
Longkutoy, N., Sinolungan, J., & Opod, H. (2015). Hubungan pola asuh orang tua dengan kepercayaan diri siswa SMP Kristen Ranotongkor kabupaten Minahasa. eBiomedik, 3(1). Diakses pada tanggal 17 Juli 2020.
Mardiyan, R. (2012). Peningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran akuntansi materi jurnal penyesuaian pada siswa kelas xi ips 3 SMA Negeri 3 Bukittinggi dengan metode bermain peran (role playing). Pakar Pendidikan, 10(2), 151-162.
Muldayanti, N. D. 2013. “Pembelajaran Biologi Model Stad Dan Tgt Ditinjau Dari Keingintahuan Dan Minat Belajar Siswa”. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. Universitas Muhammadiyah Pontianak. Vol: 2 No:1. Diakses pada tanggal 20 Juni 2020.
Mulyani, D. 2013. Hubungan kesiapan belajar siswa dengan prestasi belajar. Konselor, 2(1). Diakses pada tanggal 17 Juli 2020.
Nugroho, B. A. P. (2013). Keefektifan Pembelajaran Menulis Puisi Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kuantum Tekniktandurdan Teknikambakpada Peserta Didik Smp (Rsbi Dan Non-Rsbi. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(1).
Pangestu, Dian Putri. 2018. “Pengaruh Kesiapan Belajar Terhadap Keaktifan Peserta Didik dalam Proses Pembelajaran AUD”. Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini. Volume: 3 No: 2. Diakses pada tanggal 15 Juni 2020.
Prabawanti, Estu Hari. 2015 “Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching Dengan Metode Diskusi Berbantuan Lembar Kerja Siswa (Lks) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Bentuk Pangkat Dan Akar Pada Siswa Kelas X.6 Semester I Sma Negeri 2 Magetan Tahun Pelajaran 2013/2014”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. Volume: 3 Nomor 2. Diakses pada tanggal 17 Juli 2020.
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013.Yogyakarta: AR-RUZZ Media
Suarni, S. (2017). Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Kompetensi Dasar Organisasi Pelajaran Pkn Melalui Pendekatan Pembelajaran Pakem Untuk Kelas Iv Sd Negeri 064988 Medan Johor Ta 2014/2015. PASCAL (Journal of Physics and Science Learning), 1(2), 129-140. Diakses pada tanggal 25 Juni 2020.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
Suwardi, Dana Ratifi. 2012. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa Kompetensi Dasar Ayat Jurnal Penyesuaian Mata PelaJaran Akuntansi Kelas Xi Ips Di Sma Negeri 1 Bae Kudu”. Economic Education Analysis Journal. Universitas Negeri Semarang. Volume: 1 Nomor:2. Diakses pada tanggal 17 Juli 2020.
Syafitri, Rodhiyah (2017). “Meningkatkan Tanggung Jawab Belajar Melalui Strategi Giving Questions And Getting Answers Pada Siswa”. Jurnal Penelitian dan Pengembangan. Universitas Pendidikan Ganesha. Vol:1 No:1. Diakses pada tanggal: 15 Juni 2020.
Syam, A., & Amri, A. (2017). Pengaruh kepercayaan diri (self confidence) berbasis kaderisasi IMM terhadap prestasi belajar mahasiswa (studi kasus di program studi pendidikan biologi fakultas keguruan dan ilmu pendidikan universitas muhammadiyah parepare). Jurnal Biotek, 5(1), 87-102. Diakses pada tanggal 25 Juni 2020.
Trianto. 2012. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara .
Widyaningrum, D. A., & Wijayanti, T. (2017). Pemberdayaan hasil belajar afektif mahasiswa melalui model pembelajaran search, solve, create, and share (SSCS) berbantuan media video. Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi, 1(2), 105-112.
Yunita, Dwi. 2017. “Pengaruh Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau Dari Keaktifan Siswa”. Jurnal LP3M. Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa. Vol:3 No:2. Diakses pada tanggal 30 Januari 2020
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal Ilmiah Sekolah Dasar agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)