POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI BOTOLAMBAT 03 BATANG
DOI:
https://doi.org/10.23887/jish-undiksha.v8i1.21349Abstract
Permasalahnya prestasi belajar siswa sangat di pengaruhi oleh pola asuh orangtua yang berbeda-beda dan akan berdampak pada prestasi belajar siswa. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui hubungan pola asuh orangtua terhadap prestasi belajar siswa kelas IV SD Negeri Botolambat 03 Batang yang berjumlah 24 siswa dan 24 orangtua siswa yang menjadi sumber penelitian. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa kelas IV ada 3 siswa kategori (Sangat Baik), 13 kategori (Baik), 8 kategori (Cukup), dan 0 kategori (Kurang). Prestasi belajar dan pola asuh orangtua memiliki persentase yang berbeda-beda. Pola asuh cenderung Demokratis sebesar 12,5 (sangat baik), 45 (baik), 8,3 (cukup); cenderung Permisif 16 (cukup); cenderung Otoriter 4 (baik), 8,3 (cukup). Bisa disimpulkan bahwa terdapat tiga pola asuh orangtua, pola asuh cenderung demokratis, pola asuh cenderung permisif, dan pola asuh cenderung otoriter. Dan terdapat hubungan yang baik antara pola asuh orangtua dan prestasi belajar siswa, dengan begitu memberikan pola asuh yang tepat kepada anak akan berpengaruh terhadap nilai dan prestasi belajar anak.
Kata kunci: Pola asuh orangtua, prestasi belajar
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)