ANALISIS KEBIJAKAN PENGGUNAAN E-LEARNING DI UNIVERSITAS NEGERI PADANG
DOI:
https://doi.org/10.23887/jish-undiksha.v8i2.21375Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kebijakan e-Learning di Universitas Negeri Padang, ditinjau dari Kualitas informasi e-learning yang digunakan dan bagaimana dampaknya terhadap motivasi belajar mahasiswa. Penelitian menggunakan metode deskriptif kuantitatif, Sampel berjumlah sebanyak 80 orang yang berasal dari 6 Fakultas. Data dikumpulkan dengan kuesioner, dan diolah dengan menggunakan statistic SEM-PLS. Dari hasil penelitian diketahui bahwa (1) Kualitas Informasi elearning memiliki pengaruh dan hubungan positif terhadap penggunaan e-learning oleh mahasiswa(2) Penggunaan e-laerning memiliki pengaruh dan hubungan positif terhadap motivasi belajar mahasiswa, (3) Kualitas informasi elearning memiliki pengaruh dan hubungan yang negatif terhadap motivasi belajar mahasiswa. Penelitian ini diharapkan bisa menjadi bahan pertimbangan oleh pengambil kebijakan di Universitas Negeri padang dalam memaksimalkan penggunaan e-learning oleh mahasiswa sehingga bisa berdampak positif terhadap motivasi mahasiswa dalam belajar.
Kata kunci : Kualitas Informasi, Penggunaan E-Learning, Motivasi Belajar, SEM-PLS
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)