ANALISIS PENGGUNAAN ADVERBIA PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI SASTRA JEPANG UNIVERSITAS UDAYANA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jish-undiksha.v8i2.21399Abstract
Adverbia atau fukushi dalam istilah bahasa Jepang merupakan kelas kata yang dapat menerangkan verba, adjektiva, maupun adverbia lainnya. Secara umum beberapa fukushi muncul dengan akhiran kalimat atau klausa jenis tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan dalam penggunaan fukushi. Data penelitian ini diperoleh dari hasil tes mahasiswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan analisis kalimat dan hasil jawaban dari responden, responden cenderung menerjemahkan secara harafiah fukushi tersebut. Responden kurang mengetahui makna dan penggunaan fukushi tersebut dengan tepat, sehingga terjadi kesalahan di dalam memilih kalimat yang tepat sesuai dengan fukushi tersebut. Pemahaman mengenai fukushi secara tepat menjadi faktor yang penting dalam pembelajaran bahasa Jepang. Dari analisis yang dilakukan, diharapkan dapat dijadikan bahan evaluasi serta untuk mencari solusi dalam mencari metode pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan kemampuan penggunaan fukushi.
Kata kunci : kesalahan penggunaan, adverbia, fukushi, penggunaan fukushi
Downloads
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)