PENINGKATAN EFEKTIFITAS PERENCANAAN BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH DALAM MENDUKUNG KEBUTUHAN ANGGARAN BERBASIS MUTU MELALUI WORKSHOP DI DABIN III KECAMATAN MOJOSONGO KABUPATEN BOYOLALI
DOI:
https://doi.org/10.23887/jish-undiksha.v8i2.22625Abstract
Tujuan Penelitian Tindakan Sekolah ini adalah untuk mengetahui efektifitas Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dalam mendukung kegiatan berbasis mutu melalui workshop di Dabin III Kecamatan Mojosongo Kabupaten Boyolali. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan bendahara BOS di Dabin III Kecamatan Mojosongo Kabupaten Boyolali. Kepala sekolah berjumlah 5 orang dan bendahara BOS berjumlah 5 orang. Teknik dan instrumen pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif. Metode penelitian kualitatif dapat di artikan sebagai metode penelitian yang di gunakan untuk meneliti pada populasi atau sampel tertentu, pengumpulan data menggunakan instrument penelitian, analisis data bersifat kuantitatif/statistik, dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang teleh di tetapkan. Dalam penelitian ini hasil analisis efektifitas penggunaan dana BOS berbasis mutu melalui kegiatan workshop dalam tahap perencanaan anggaran dana BOS pada siklus 1 mendapat nilai total perolehan 286 prosentase 79,44% dengan kriteria tidak efektif. Pada siklus 2 mendapat nilai total perolehan 299 prosentase 83,06% dengan kriteria sangat efektif. Pada tahap indikator perencanaan anggaran dana BOS terjadi ketidakefektifan dalam proses pembuatan Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS) pada siklus 1 sehingga penelitian dilanjutkan ke siklus 2 untuk memperbaiki RKAS. Dengan perencanaan yang efektif maka akan menghasilkan realisasi yang baik. Jadi, kegiatan workshop dapat meningkatkan efektifitas perencanaan anggaran Bantuan Operasional Sekolah berbasis mutu di sekolah dasar khususnya di sekolah dasar wilayah Dabin III Kecamatan Mojosongo Kabupaten Boyolali dalam hal penyusunan perencanaan anggaran dana Bantuan Operasional Sekolah khususnya dalam pembuatan Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS).
Kata Kunci : Efektifitas Perencanaan, Bantuan Operasional Sekolah, Workshop
Downloads
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)