Domain Multikultur dan Problematika DIDAKTIK Guru dalam Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar Berdasarkan Kurikulum 2006
DOI:
https://doi.org/10.23887/jish-undiksha.v3i2.4467Abstract
Tujuan jangka panjang penelitian ini adalah terwujudnya model pendidikan multikultur sekolah dasar dan perangkat pembelajarannya yang terdiri dari: (1) model pendidikan multikultur SD, dan (2) perangkat pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik Kurikulum 2006. Target khusus penelitian ini adalah untuk menghasilkan model pendidikan multikultur yang cocok untuk anak sekolah dasar, dan perangkat pembelajarannya yang memenuhi kriteria valid, praktis, efektif, dan sesuai dengan karakteristik kurikulum 2006. Pencapaian tujuan tersebut akan dilakukan dengan melakukan penelitian pengembangan tipe prototypical studies, dengan prosedur: (1) front-ended analysis (analisis hulu-hilir), (2) prototyping phase (pengembangan prototife), dan (3) assessment phase (fase penilaian). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: phenomena didaktik yang dihadapi oleh guru dalam membelajarkan IPS kelas I dan II adalah terkait dengan: keterbatasan sarana dan media pembelajaran, sulitnya mengakses sumber belajar, guru sulit membelajarkan materi dalam bentuk bercerita, dan model pembelajaran guru cenderung bersifat searah dan kurang kondusif. Model pendidikan IPS berbasis multikultur dalam penelitian ini ternyata memacu siswa untuk lebih giat dalam mempelajari hal-hal yang bersifat spiritual, dan setelah dilakukan eksperimentasi terbatas, ternyata model pembelajaran IPS berpendekatan multikultur dapat meningkatkan hasil belajar IPS secara signifikan, baik pada siswa dengan sikap spiritual tinggi maupun rendah.
Downloads
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)