STRATEGI PEMASARAN PARIWISATA DI KABUPATEN BULELENG, BALI
DOI:
https://doi.org/10.23887/jish-undiksha.v1i1.4492Abstract
Penelitian ini dianalisis dengan metode Strength Weakness Opportunity Threat
(SWOT) dengan memperhatikan matriks Eksternal Factor Analysis Summary (EFAS) dan
Internal Factor Analysis Summary (IFAS). Berdasarkan hasil temuan di lapangan dengan
menggunakan analisis SWOT, strategi pemasaran yang dapat diterapkan oleh
kepariwisataan Buleleng diantaranya: (1) Strategi strength dan opportunity (SO)
diantaranya: mengkemas paket wisata dalam berbagai harga dan varian, menciptakan
program yang berbasis budaya lokal dan ramah lingkungan, memanfaatkan teknologi dalam
operasional sehingga mudah dalam memberikan pelayanan, mengembangkan programprogram
yang menarik dengan memberdayakan masyarakat lokal, menciptakan produk
yang sesuai antara harga dan nilai yang terdapat di dalamnya (value for money), dan
pemberian Guide Fee; (2) Strategis strength dan threat (ST) diantaranya: melakukan
diversifikasi produk wisata dan meningkatkan peran serta pemerintah daerah; (3) Strategi
weakness dan opportunity (WO) diantaranya: meningkatkan media promosi dan kemudahan
pelayanan melalui penggunaan teknologi informasi, meningkatkan kualitas sumber daya
manusia dan menjaga kebersihan lingkungan sekitar dengan mengembangkan produk yang
ramah lingkungan dan pemberian Guide Fee; (4) Strategi weakness dan threat (WT)
diantaranya: melakukan kajian terhadap pengembangan pariwisata Kabupaten Buleleng,
meningkatkan informasi tentang pariwisata Buleleng dan melakukan kreatifitas terhadap
produk hotel. Faktor terpenting dalam pemasaran pariwisata adalag peningkatan peran
serta pemerintah daerah, melakukan diversifikasi produk dan meningkatkan kualitas
layanan pariwisata.
Downloads
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with the Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)