IDENTIFIKASI DAN ANALISIS JENIS KUASA, GAYA KEPEMIMPINAN, DAN IMPLEMENTASI PENDEKATAN SUPERVISI AKADEMIK PARA KEPALA SEKOLAH SMAN SEBAGAI FAKTOR DETERMINAN DALAM RANGKA PENINGKATAN KUALITAS KOMPETENSI PROFESIONALISME GURU (Studi Tentang Persepsi para
DOI:
https://doi.org/10.23887/jish-undiksha.v1i1.4495Abstract
Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif korelasional dan bersifat ex post
facto. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (a) seberapa besar determinan dari
faktor jenis kuasa kepala sekolah terhadap kualitas kompetensi profesionalisme guru, (b)
seberapa besar determinan dari faktor gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap
kualitas kompetensi profesionalisme guru, (c) seberapa besar determinan dari faktor
pendekatan supervisi akademik kepala sekolah terhadap kualitas kompetensi
profesionalisme guru, dan (d) seberapa besar determinan secara bersama-sama dari faktor
jenis kuasa, gaya kepemim-pinan, dan pendekatan supervisi akademik kepala sekolah
terhadap kualitas kompetensi profesiolisme guru SMA.N di Kabupaten Buleleng. Populasi
penelitiannya sebanyak 567 orang guru yang mengajar pada 12 SMA, dan sampelnya
ditetapkan secara proporsional random sampling sebanyak 114 atau sekitar 20 %.
Pengumpulan data dengan kuesioner yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya,
kemudian wawancara mendalam, dan diskusi. Analisis data deskriptif menemukan bahwa
kualitas kompetensi profesional guru dapat dikategorikan tinggi, jenis kuasa kepemimpinan
kepala sekolah dapat dikategorikan baik, gaya kepemimpinan kepala sekolah dapat
dikategorikan baik, dan implementasi pendekatan supervisi kepala sekolah dapat
dikegorikan baik. Hasil uji statistik terhadap hipotesis dengan menggunakan rumus regresi
ganda menemukan bahwa terdapat determinanasi variabel jenis kuasa kepala sekolah
terhadap kualitas kompetensi profesional guru sebesar 5, 3 %, terdapat determinasi variabel
gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kualitas kompetensi profesional guru sebesar
10.7 %, terdapat determinasi pendekatan supervisi akademik kepala sekolah terhadap
kualitas kompetensi profesional guru sebesar 7, 6 %, dan terdapat determinasai secara
bersama-sama variabel jenis kuasa kepala sekolah, gaya kepemimpinan kepala sekolah,
dan pendekatan supervisi akademik kepala sekolah terhadap kualitas kompetensi
profesionalisme para guru sebesar 14,0 %.
Downloads
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with the Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)