Perubahan Pola Pikir Masyarakat Nelayan Di Desa Pulau Lemukutan dengan Literasi Ekonom

Authors

  • Okiana Okiana Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Tanjungpura
  • Munawar Thoharudin STKIP Persada Khatulistiwa https://orcid.org/0000-0002-2653-3556
  • Tedi Suryadi STKIP Persada Khatulistiwa

DOI:

https://doi.org/10.23887/jish.v11i3.45525

Keywords:

Perubahan Pola Pikir, Masyarakat Nelayan, Literasi Ekonomi

Abstract

Dengan literasi ekonomi yang baik, nelayan dapat secara bijak mengelola keuangan keluarga ditengah ketidakpastian pendapatan yang diperoleh nelayan dari tangkapannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Perubahan pola pikir masyarakat nelayan di desa Pulau Lemukutan, 2) Mengetahui faktor-faktor perubahan pola pikir dengan literasi ekonomi.  Penelitian ini didasari oleh berbagai hasil penelitian terdahulu yang relevan bahwa literasi ekonomi yang umumnya diperoleh dari proses pembelajaran formal memberikan peran positif terhadap perilaku ekonomi seseorang. Adapun dasar empiris adalah hasil riset peneliti pada tahun sebelumnya yang menyatakan bahwa tingkat literasi masyarakat Desa Pulau Lemukutan berada pada kategori sedang (stuff literacy). Fenomena pada masyarakat nelayan di Desa Pulau Lemukutan umumnya hanya memiliki tingkat pendidikan dasar dan menengah dengan pekerjaan utama sebagai nelayan. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara mandala, observasi dan dokumentasi. Alat pengumpul data berupa pedoman wawancara. Responden penelitian dipilih menggunakan purposive sampling. Teknik analisa data yang digunakan yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat diidentifikasi bahwa perubahan pola pikir masyarakat di desa Pulau Lemukutan dengan literasi ekonomi, bahwa dengan tingkat pendidikan dasar dan menengah, masyarakat di desa Pulau Lemukutan mampu bersaing dengan desa lain serta dapat meningkatkan taraf hidup. Sedangkan faktor-faktor perubahan pola pikir masyarakat di desa Pulau Lemukutan dengan literasi ekonomi, yaitu: faktor pendidikan; faktor sosial ekonomi; faktor budaya dan faktor perkembangan sosial.

References

Alimuddin, A. (2022). Pengaruh tingkat pendidikan terhadap kesejahteraan keluarga nelayan di desa waci, kecamatan maba selatan, kabupaten halmahera timur, provinsi maluku utara. Ekonomektriks, 5(1), 1–23.

Altman, M. (2012). Implications of behavioural economics for financial literacy and public policy ଝ. 41, 677–679.

Bengkayang, B. P. S. K. (2017). Kecamatan Sungai Raya Dalam Angka 2017. Badan Pusat Statistik Kabupaten Bengkayang.

Chinen, K., & Endo, H. (2012). Effects of Attitude and Background on Personal Financial Ability : A Student Survey in the United States. International Journal of Management, 29(1), 33–46.

Hardani, dkk. 2020. Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Ilmu Grup.

Herawati, N. T. (2015). Kontribusi pembelajaran di perguruan tinggi dan literasi keuangan terhadap perilaku keuangan mahasiswa. Jural Pendidikan Dan Pengajaran, 1–3(48), 60–70. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.23887/jppundiksha.v48i1-3.6919

Huston, S. J. (2010). Measuring Financial Literacy. THE JOURNAL OF CONSUMER AFFAIRS, 44(2), 296–319. https://doi.org/https://doi.org/10.1111/j.1745-6606.2010.01170.x

Huston, S. J. (2012). Financial literacy and the cost of borrowing. International Journal of Consumer Studies, 36(5), 566–572. https://doi.org/10.1111/j.1470-6431.2012.01122.x

Ibrahim, M. E., & Alqaydi, F. R. (2013). Financial Literacy, Personal Financial Attitude, and Forms of Personal Debt among Residents of the UAE. International Journal of Economics and Finance, 5(7), 126–138. https://doi.org/10.5539/ijef.v5n7p126

Kanserina, D. (2015). Perilaku Konsumtif Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi UNDIKSHA 2015. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 5(1).

Kussudyarsana. (2008). Budaya dan Pemasaran dalam Tinjauan Pengaruh Budaya terhadap Perilaku Konsumen. Benefit: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 12(2), 172–180. https://journals.ums.ac.id/index.php/benefit/article/view/1284

Murniatiningsih, E. (2017). Pengaruh Literasi Ekonomi Siswa, Hasil Belajar Ekonomi, Dan Teman Sebaya Terhadap Perilaku Konsumsi Siswa Smp Negeri Di Surabaya Barat. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 5(1), 127. https://doi.org/10.26740/jepk.v5n1.p127-156

Nidar, S. R., & Bestari, S. (2012). Personal Financial Literacy Among University Students (Case Study at Padjadjaran University Students , Bandung , Indonesia). World Journal of Social Sciences, 2(4), 162–171.

Pratiwi, I. (2017). Pengaruh Literasi Ekonomi, Kelompok Teman Sebaya Dan Kontrol Diri Terhadap Perilaku Pembelian Impulsif Untuk Produk Fashion Di Online Shop Pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Undiksha. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 9(1), 98. https://doi.org/10.23887/jjpe.v9i1.19994

Rahmawati, T., & Nuris, D. M. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Literasi Keuangan Mahasiswa Pendidikan Akuntansi di Era Digital. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 9(3), 331–339.

Riitsalu, L., & Põder, K. (2016). A glimpse of the complexity of factors that influence financial literacy. International Journal of Consumer Studi, 40(6), 722–731. https://doi.org/https://doi.org/10.1111/ijcs.12291

Ronto, R., Ball, L., Pendergast, D., & Harris, N. (2017). Environmental factors of food literacy in Australian high schools: views of home economics teachers. International Journal of Consumer Studies, 41(1), 19–27. https://doi.org/10.1111/ijcs.12309

Rozaini, N., & Ginting, B. A. (2019). Pengaruh Literasi Ekonomi Dan Kontrol Diri Terhadap Perilaku Pembelian Impulsif Untuk Produk Fashion. Niagawan, 8(1), 1. https://doi.org/10.24114/niaga.v8i1.12795

Sabri, M. F., & MacDonald, M. (2010). Savings Behavior and Financial Problems among College Students: The Role of Financial Literacy in Malaysia | Sabri | Cross-cultural Communication. Crosscultural Communication, 6(3), P103-110. https://doi.org/10.3968/j.ccc.1923670020100603.009

Sidiq, Umar dan Choiri, Miftachul. 2019. Metode Kualitatif Di Bidang Pendidikan. Ponorogo: Nata Karya.

Sina, P. G. (2012). Analisis Literasi Ekonomi. Jurnal Economia, 8(2), 135–143. https://doi.org/10.21831/economia.v8i2.1223

Solihat, A. N., & Arnasik, S. (2018). Pengaruh Literasi Ekonomi Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Siliwangi. OIKOS Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 2(1), 1–13. https://doi.org/10.23969/oikos.v2i1.915

Umaroh, R., & Astuti, R. D. (2019). Pengaruh Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Meningkatkan Produktivitas Nelayan di Indonesia. SIDANG PLENO ISEI XX & SEMINAR NASIONAL 2019 BALI, 1–23.

Van Rooij, M., Lusardi, A., & Alessie, R. (2011). Financial literacy and stock market participation. Journal of Financial Economics, 101(2), 449–472. https://doi.org/10.1016/j.jfineco.2011.03.006

Widyawati, I. (2012). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Literasi Finansial Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya. Assets: Jurnal Akuntansi Dan Pendidikan, 1(1), 89. https://doi.org/10.25273/jap.v1i1.527

Published

2022-11-30

Issue

Section

Articles