Perubahan Pola Pikir Masyarakat Nelayan Di Desa Pulau Lemukutan dengan Literasi Ekonom
DOI:
https://doi.org/10.23887/jish.v11i3.45525Keywords:
Perubahan Pola Pikir, Masyarakat Nelayan, Literasi EkonomiAbstract
Dengan literasi ekonomi yang baik, nelayan dapat secara bijak mengelola keuangan keluarga ditengah ketidakpastian pendapatan yang diperoleh nelayan dari tangkapannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Perubahan pola pikir masyarakat nelayan di desa Pulau Lemukutan, 2) Mengetahui faktor-faktor perubahan pola pikir dengan literasi ekonomi. Penelitian ini didasari oleh berbagai hasil penelitian terdahulu yang relevan bahwa literasi ekonomi yang umumnya diperoleh dari proses pembelajaran formal memberikan peran positif terhadap perilaku ekonomi seseorang. Adapun dasar empiris adalah hasil riset peneliti pada tahun sebelumnya yang menyatakan bahwa tingkat literasi masyarakat Desa Pulau Lemukutan berada pada kategori sedang (stuff literacy). Fenomena pada masyarakat nelayan di Desa Pulau Lemukutan umumnya hanya memiliki tingkat pendidikan dasar dan menengah dengan pekerjaan utama sebagai nelayan. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara mandala, observasi dan dokumentasi. Alat pengumpul data berupa pedoman wawancara. Responden penelitian dipilih menggunakan purposive sampling. Teknik analisa data yang digunakan yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat diidentifikasi bahwa perubahan pola pikir masyarakat di desa Pulau Lemukutan dengan literasi ekonomi, bahwa dengan tingkat pendidikan dasar dan menengah, masyarakat di desa Pulau Lemukutan mampu bersaing dengan desa lain serta dapat meningkatkan taraf hidup. Sedangkan faktor-faktor perubahan pola pikir masyarakat di desa Pulau Lemukutan dengan literasi ekonomi, yaitu: faktor pendidikan; faktor sosial ekonomi; faktor budaya dan faktor perkembangan sosial.
References
Alimuddin, A. (2022). Pengaruh tingkat pendidikan terhadap kesejahteraan keluarga nelayan di desa waci, kecamatan maba selatan, kabupaten halmahera timur, provinsi maluku utara. Ekonomektriks, 5(1), 1–23.
Altman, M. (2012). Implications of behavioural economics for financial literacy and public policy ଝ. 41, 677–679.
Bengkayang, B. P. S. K. (2017). Kecamatan Sungai Raya Dalam Angka 2017. Badan Pusat Statistik Kabupaten Bengkayang.
Chinen, K., & Endo, H. (2012). Effects of Attitude and Background on Personal Financial Ability : A Student Survey in the United States. International Journal of Management, 29(1), 33–46.
Hardani, dkk. 2020. Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Ilmu Grup.
Herawati, N. T. (2015). Kontribusi pembelajaran di perguruan tinggi dan literasi keuangan terhadap perilaku keuangan mahasiswa. Jural Pendidikan Dan Pengajaran, 1–3(48), 60–70. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.23887/jppundiksha.v48i1-3.6919
Huston, S. J. (2010). Measuring Financial Literacy. THE JOURNAL OF CONSUMER AFFAIRS, 44(2), 296–319. https://doi.org/https://doi.org/10.1111/j.1745-6606.2010.01170.x
Huston, S. J. (2012). Financial literacy and the cost of borrowing. International Journal of Consumer Studies, 36(5), 566–572. https://doi.org/10.1111/j.1470-6431.2012.01122.x
Ibrahim, M. E., & Alqaydi, F. R. (2013). Financial Literacy, Personal Financial Attitude, and Forms of Personal Debt among Residents of the UAE. International Journal of Economics and Finance, 5(7), 126–138. https://doi.org/10.5539/ijef.v5n7p126
Kanserina, D. (2015). Perilaku Konsumtif Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi UNDIKSHA 2015. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 5(1).
Kussudyarsana. (2008). Budaya dan Pemasaran dalam Tinjauan Pengaruh Budaya terhadap Perilaku Konsumen. Benefit: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 12(2), 172–180. https://journals.ums.ac.id/index.php/benefit/article/view/1284
Murniatiningsih, E. (2017). Pengaruh Literasi Ekonomi Siswa, Hasil Belajar Ekonomi, Dan Teman Sebaya Terhadap Perilaku Konsumsi Siswa Smp Negeri Di Surabaya Barat. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 5(1), 127. https://doi.org/10.26740/jepk.v5n1.p127-156
Nidar, S. R., & Bestari, S. (2012). Personal Financial Literacy Among University Students (Case Study at Padjadjaran University Students , Bandung , Indonesia). World Journal of Social Sciences, 2(4), 162–171.
Pratiwi, I. (2017). Pengaruh Literasi Ekonomi, Kelompok Teman Sebaya Dan Kontrol Diri Terhadap Perilaku Pembelian Impulsif Untuk Produk Fashion Di Online Shop Pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Undiksha. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 9(1), 98. https://doi.org/10.23887/jjpe.v9i1.19994
Rahmawati, T., & Nuris, D. M. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Literasi Keuangan Mahasiswa Pendidikan Akuntansi di Era Digital. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 9(3), 331–339.
Riitsalu, L., & Põder, K. (2016). A glimpse of the complexity of factors that influence financial literacy. International Journal of Consumer Studi, 40(6), 722–731. https://doi.org/https://doi.org/10.1111/ijcs.12291
Ronto, R., Ball, L., Pendergast, D., & Harris, N. (2017). Environmental factors of food literacy in Australian high schools: views of home economics teachers. International Journal of Consumer Studies, 41(1), 19–27. https://doi.org/10.1111/ijcs.12309
Rozaini, N., & Ginting, B. A. (2019). Pengaruh Literasi Ekonomi Dan Kontrol Diri Terhadap Perilaku Pembelian Impulsif Untuk Produk Fashion. Niagawan, 8(1), 1. https://doi.org/10.24114/niaga.v8i1.12795
Sabri, M. F., & MacDonald, M. (2010). Savings Behavior and Financial Problems among College Students: The Role of Financial Literacy in Malaysia | Sabri | Cross-cultural Communication. Crosscultural Communication, 6(3), P103-110. https://doi.org/10.3968/j.ccc.1923670020100603.009
Sidiq, Umar dan Choiri, Miftachul. 2019. Metode Kualitatif Di Bidang Pendidikan. Ponorogo: Nata Karya.
Sina, P. G. (2012). Analisis Literasi Ekonomi. Jurnal Economia, 8(2), 135–143. https://doi.org/10.21831/economia.v8i2.1223
Solihat, A. N., & Arnasik, S. (2018). Pengaruh Literasi Ekonomi Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Siliwangi. OIKOS Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 2(1), 1–13. https://doi.org/10.23969/oikos.v2i1.915
Umaroh, R., & Astuti, R. D. (2019). Pengaruh Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Meningkatkan Produktivitas Nelayan di Indonesia. SIDANG PLENO ISEI XX & SEMINAR NASIONAL 2019 BALI, 1–23.
Van Rooij, M., Lusardi, A., & Alessie, R. (2011). Financial literacy and stock market participation. Journal of Financial Economics, 101(2), 449–472. https://doi.org/10.1016/j.jfineco.2011.03.006
Widyawati, I. (2012). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Literasi Finansial Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya. Assets: Jurnal Akuntansi Dan Pendidikan, 1(1), 89. https://doi.org/10.25273/jap.v1i1.527
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 okiana okiana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)