Keberlanjutan dan Inklusi Keuangan pada Pelaku UMKM Penerima BPUM di Provinsi Bali
DOI:
https://doi.org/10.23887/jish.v12i1.56242Keywords:
Bantuan Produktif Usaha Mikro, Inklusi Keuangan, Karakteristik Usaha, Keuangan DigitalAbstract
Perekonomian Indonesia pada saat ini di dominasi oleh Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) sebagai tumpuan nasional yang juga terkena dampak serius pandemi. UMKM menghadapi kendala dalam perkembangannya diantaranya yang paling ketara adalah menurunnya jumlah penjualan. Disamping itu kendala lainnya yaitu kesulitan bahan baku, penurunan produksi, permodala, terhambatnya distribusi dan pemberhentian tenaga kerja. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh langsung bantuan Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM), karakteristik usaha, inklusi keuangan, keuangan digital terhadap pendapatan UMKM di Provinsi Bali. Menganalisis pengaruh langsung bantuan BPUM, karakteristik usaha, inklusi keuangan, keuangan digital dan pendapatan UMKM terhadap keberlanjutan UMKM di Provinsi Bali. Menganalisis pengaruh tidak langsung bantuan BPUM, karakteristik usaha, inklusi keuangan, keuangan digital terhadap keberlanjutan UMKM melalui pendapatan UMKM di Provinsi Bali. Analisis dilakukan dengan menggunakan data primer hasil survey dengan teknik analisis SEM-PLS. Hasil penelitian menunjukan bahwa Bantuan BPUM, karakteristik usaha, inklusi keuangan dan kuangan digital berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan UMKM di Provinsi Bali. Sedangkan Bantuan BPUM, karakteristik usaha, inklusi keuangan dan kuangan digital tidak berpengaruh dan signifikan terhadap keberlanjutan UMKM di Provinsi Bali. Namun Pendapatan UMKM berpengaruh terhadap keberlanjutan UMKM. Bantuan BPUM, Karakteristik usaha, Inklusi keuangan dan keuangan digital secara tidak langsung berpengaruh positif dan signifikan terhadap keberlanjutan UMKM di Provinsi Bali melalui pendapatan UMKM di Provinsi Bali.
References
Abdullah, Y. A., & Najib, M. B. M. (2018). The Moderating Effect Of Business Environment On The Relationship Between Entrepreneurial Skills And Small Business Performance In Iraq. International Journal of Entrepreneurship, 22.
Aliyu, M. S., & Rosli, M. (2015). The Moderating Role of Business Environment in the Relationship between Entrepreneurial Orientation and Business Performance among Nigerian SMEs. Jurnal Pengurusan UKM Journal of Management, 43, 119–128. https://doi.org/10.17576/PENGURUSAN-2015-43-11
Amelia, F., & Anhar, M. (2019). Pengaruh Struktur Modal dan Pertumbuhan Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Intervening. Jurnal STEI Ekonomi, 28(1), 44–70.
Aribawa, D. (2016). Pengaruh literasi keuangan terhadap kinerja dan keberlangsungan UMKM di Jawa Tengah. Jurnal Siasat Bisnis, 20(1), 1–13. https://doi.org/10.20885/jsb.vol20.iss1.art1
Ariyanto, A., Wongso, F., Wijoyo, H., Indrawan, I., Musnaini, Akbar, M. F., Anggraini, N., Suherman, Suryanti, & Devi, W. S. G. R. (2020). Strategi Pemasaran UMKM di Masa Pandemi. Penerbit Insan Cendekia Mandiri.
Dahmen, P., & Rodríguez, E. (2014). Financial Literacy and the Success of Small Businesses: An Observation from a Small Business Development Center. Numeracy, 7(1). https://doi.org/10.5038/1936-4660.7.1.3
Demirguc-Kunt, A., & Klapper, L. (2012). Measuring Financial Inclusion The Global Findex Database (Policy Research Working Paper 6025; The World Bank Development Research Group Finance and Private Sector Development Team).
Dwiastanti, A., & Mustapa, G. (2020). Pengaruh Karakteristik Wirausaha, Lingkungan Eksternal dan Strategi Bertahan Umkm dalam Menjaga Keberlangsungan Usaha di Musim Pandemi Covid 19. Business and Accounting Education Journal, 1(3), 228–240. https://doi.org/10.15294/baej.v1i3.42740
Edusah, S. E. (2014). The Socio-Economic Contribution of Rural Small-Scale Industries in Ghana. Journal of Economics and Sustainable Development, 5(2), 161–172. https://www.iiste.org/Journals/index.php/JEDS/article/view/10708
Eltahir, O. A. B. (2018). Factors Affecting The Performance & Business Success Of Small & Medium Enterprises In Sudan (Case Study: Omdurman). International Journal of Small Business and Entrepreneurship Research, 6(6), 14–22.
Eresia-Eke, C. E., & Raath, C. (2013). SMME Owners’ financial literacy and business growth. Mediterranean Journal of Social Sciences, 4(13), 397–406. https://doi.org/https://doi.org/10.5901/mjss.2013.v4n13p397
Essel, B. K. C., Adams, F., & Amankwah, K. (2019). Effect of entrepreneur, firm, and institutional characteristics on small-scale firm performance in Ghana. Journal of Global Entrepreneurship Research, 55(9), 1–20. https://doi.org/10.1186/s40497-019-0178-y
Fatoki, O. (2014). The causes of the failure of new small and medium enterprises in South Africa. Mediterranean Journal of Social Sciences, 5(20), 922-927. Mediterranean Journal of Social Sciences, 5(20), 922–927.
Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. JMD : Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), 61–76. https://doi.org/10.26533/JMD.V1I2.175
Hadiwardoyo, W., Tinggi Ilmu Ekonomi Hidayatullah, S., & Barat, J. (2020). Kerugian Ekonomi Nasional Akibat Pandemi Covid-19. BASKARA : Journal of Business and Entrepreneurship, 2(2), 83–92. https://doi.org/10.54268/BASKARA.2.2.83-92
Islam, M. A., Khan, M. A., Candidate, P., Zafar, A., Obaidullah, M., & Syed Alam, M. (2011). Effect of Entrepreneur and Firm Characteristics on the Business Success of Small and Medium Enterprises (SMEs) in Bangladesh. International Journal of Business and Management, 6(3), p289. https://doi.org/10.5539/IJBM.V6N3P289
Jabeen, R., Aliyu, M. S., & Mahmood, R. (2016). The Moderating Effect Of External Environment On The Relationship Between Market Orientation And Business Performance: A Quantitaitve Approach. IPBJ, 18(1), 16–25. https://www.researchgate.net/publication/313852181
Lestari, I., Astuti, M., & Ridwan, H. (2019). Pengaruh Inovasi Dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Keunggulan Bersaing Umkm Kuliner. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(1), 111–118. https://doi.org/10.36226/JRMB.V4I1.245
Maulita, M., Adham, M., & Azizah, A. (2019). Analisis Pengaruh Beban Usaha Dan Pendapatan Usaha Terhadap Laba Perusahaan Pada Pt. Arpeni Pratama Ocean Line Tbk. Sebatik, 23(2), 330–336. https://jurnal.wicida.ac.id/index.php/sebatik/article/view/778
Mikhael, L., Yosandra, R., Nursanty, I., & Hananto, M. R. (2021). Tinjauan Konstitualitas dan Studi Implementasi Kebijakan Bantuan Sosial Covid-19. Seminar Nasional Hukum Universitas Negeri Semarang, 7(1), 263–300. https://doi.org/10.15294/snhunnes.v7i1.707
Mujianto, M., Ramaditya, M., Mustika, M., Tanuraharjo, H. H., & Maronrong, R. (2022). Dampak Pandemi Covid-19 pada UMKM Warung Ritel Tradisional di Indonesia dan Strategi Bertahannya. Jurnal STEI Ekonomi, 30(02), 60–74. https://doi.org/10.36406/jemi.v30i02.494
Nicola, M., Alsafi, Z., Sohrabi, C., Kerwan, A., Al-Jabir, A., Iosifidis, C., Agha, M., & Agha, R. (2020). The socio-economic implications of the coronavirus pandemic (COVID-19): A review. International Journal of Surgery, 78, 185–193. https://doi.org/10.1016/J.IJSU.2020.04.018
Nurmalasari, I. dan, Puti, N. A. D., & Winarti, N. (2022). Implementasi Program Bantuan Bagi Pelaku Usaha Mikro (BPUM) di Kecamatan Sagulung Kota Batam. Student Online Journal, 5(1), 51–63.
Nursiah, T., Kusnadi, N., & Burhanuddin. (2015). Perilaku Kewirausahaan Pada Usaha Mikro Kecil (UMK) Tempe Di Bogor Jawa Barat . Jurnal Agribisnis Indonesia, 3(2), 145–158.
OECD. (2021). One year of SME and entrepreneurship policy responses to COVID-19: Lessons learned to “build back better.” https://read.oecd-ilibrary.org/view/?ref=1091_1091410-rxwx81cfwj&title=One-year-of-SME-and-entrepreneurship-policy-responses-to-COVID-19-Lessons-learned-to-build-back-better
Purwaningsih, R., & Kusuma, P. D. (2015). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Usaha Kecil Dan Menengah (UKM) Dengan Metode Structural Equation Modeling (Studi kasus UKM berbasis Industri Kreatif Kota Semarang). SNST.
Purwanti, E. (2012). Pengaruh Karakteristik Wirausaha, Modal Usaha, Strategi Pemasaran Terhadap Perkembangan Umkm Di Desa Dayaan Dan Kalilondo Salatiga. Among Makarti, 5.
Purwidianti, W., Rahayu, T. S. M., & Hidayah, A. (2014). FAKTOR-Faktor Penentu Pertumbuhan Usaha Pada Perusahaan Di Jakarta Islamic Index. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 8(1), 13–17.
Riawan, & Kusnawan, W. (2018). Pengaruh Modal Sendiri dan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Terhadap Pendapatan Usaha (Studi Pada UMKM di Desa Platihan Kidul Kec. Siman). Jurnal Akuntansi Dan Pajak, 19(01), 31–37. https://doi.org/10.29040/JAP.V19I1.158
Sarma, M. (2012). Index of Financial Inclusion – A measure of financial sector inclusiveness (Working Paper No.07/2012; Berlin Working Papers on Money, Finance, Trade and Development).
Setiaji, K., & Fatuniah, A. L. (2016). Pengaruh modal, lama usaha dan lokasi terhadap pendapatan pedagang pasar pasca relokasi. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis (JPEB), 6(1), 1–14.
Shariff, N. M., & Shariff, Mohd. (2011). Moderating Effect of Government Policy on Entrepreneurship and Growth Performance of Small-Medium Enterprises in Cambodia.
Shinozaki, S., & Vandenberg, P. (2020). Impact of COVID-19 on micro , small , and medium-sized enterprises in developing Asia: Evidence from the rapid surveys (ADBI Working Paper Series).
Smart, H. M. , A., & Bourne, M. (2001). Theory and practice in SME performance measurement systems. International Journal of Operations & Production Manage- Ment, 21(8), 1096–1115.
Sugiarti, N., & Fauzi, R. Moh. Q. (2021). Faktor Apa Yang Memengaruhi Kinerja Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Selama Covid-19? Jurnal Ekonomi Syariah Teori Dan Terapan, 8(3), 327–337. https://doi.org/10.20473/VOL8ISS20213PP327-337
Sukayana, K., & Sinarwati, N. K. (2021). Analisis Pengaruh Financial Behaviour dan Actual Use Digital Payment System Terhadap Pendapatan Usaha Sektor UMKM di Bali. EXPLORE, 12(1), 87–93. https://doi.org/10.35200/EXPLORE.V12I1.538
Suleman, D., Zuniarti, I., Rusiyati, S., Studi Manajemen, P., & Ekonomi Dan Bisnis, F. (2021). Sosialisasi Strategi Menarik Minat Konsumen Untuk Membeli Produk Hasil UMKM. PaKMas (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(2), 141–148. https://doi.org/10.54259/pakmas.v1i2.109
Susilawati, S., Falefi, R., & Purwoko, A. (2020). Impact of COVID-19’s Pandemic on the Economy of Indonesia. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 3(2), 1147–1156. https://doi.org/10.33258/BIRCI.V3I2.954
Sutamihardja. (2004). Perubahan Lingkungan Global. IPB.
Vijaya, D. P., & Irwansyah, M. R. (2018). Pengaruh Modal Psikologis, Karakteristik Wirausaha, Modal Usaha Dan Startegi Pemasaran Terhadap Perkembangan Usaha Umkm Di Kecamatan Buleleng Tahun 2017. https://doi.org/10.23887/ekuitas.v5i1.15571
Wickham, P. (2006). Strategic entrepreneurship. Prentice Hall.
Wijaya, H., & Nailufaroh, L. (2022). Pengaruh Ekonomi Digital Terhadap Pendapatan UMKM Kota Serang dengan Literasi Digital Sebagai Variabel Moderasi. Fair Value : Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 5(4), 1941–1949. https://journal.ikopin.ac.id/index.php/fairvalue
Yunus, M. H., Mahfudnurnajamuddin, Semmaila, B., & Dewi, R. (2022). Pengaruh Risiko Bisnis, Literasi Keuangan dan Inklusi Keuangan Terhadap Kinerja Keuangan dan Keberlangsungan Usaha pada Sektor Usaha Mikro, Kecil dan Menengah di Kota Palopo. Journal of Management Science (JMS), 3(2), 168–199. https://doi.org/10.52103/JMS.V3I2.1088
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ida Bagus Putu Purbadharmaja, Anak Agung Bagus Putu Widanta
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)