PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL AGAMA HINDU UNTUK MEMBANGUN GENERASI MUDA BERBUDI PEKERTI LUHUR

Authors

  • Ni Wayan S. Binawati

DOI:

https://doi.org/10.23887/jish-undiksha.v2i2.6358

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk  mengkaji 1) realitas pembelajaran kontekstual agama Hindu dan 2) faktor-faktor yang menjadi kendala pembelajaran kontekstual agama Hindu. Lokasi penelitian ini ialah SMA Lab. Undiksha dengan jumlah sampel 90 orang. Sampel ditarik dengan teknik purposive quota sampling. Data realitas pembelajaran dikumpulkan dengan metode observasi, wawancara mendalam dan data faktor kendala pembelajaran kontekstual dikumpulkan dengan observasi dan wawancara. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) realitas pembelajaran kontekstual agama Hindu berjalan dengan baik sesuai perolehan skor 82 (baik) dan faktor-faktor yang menjadi kendala pembelajaran kontekstual agama Hindu adalah: 1) kurangnya langkah-langkah yang membantu anak untuk berpikir kritis, kreatif, dan 2) kurangnya upaya belajar melalui kerjasama. Melalui kerjasama mereka menyemai toleransi dan perasaan mengasihi. Sehungan dengan hal ini, disarankan agar guru memberikan kesempatan anak untuk berpikir dalam tingkatan yang lebih tinggi dan membangun hubungan suasana belajar bekerjasama dalam rangka  persemaian toleransi dan perasaan mengasihi.

Downloads

Issue

Section

Articles