PENGARUH PELATIHAN SIDE JUMP SPRINT TERHADAP KELINCAHAN DAN KECEPATAN PADA SISWA PUTRA PESERTA EKSTRAKURIKULER BULUTANGKIS SMA NEGERI 1 KUBU TAHUN PELAJARAN 2016/2017
DOI:
https://doi.org/10.23887/jiku.v6i2.14922Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelatihan side jump sprint terhadap kelincahan dan kecepatan. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi experimental) dengan rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah “The Non-randomized Control Group Pretest-Posttest Design”. Jumlah subjek penelitian 30 orang siswa putra. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini untuk tes kelincahan adalah tes illinois agility run. Sedangkan instrumen untuk tes kecepatan adalah tes lari 60 meter. Data dianalisis dengan uji-t independent pada taraf signifikansi (α) 0,05 dengan bantuan program SPSS 16,0. Berdasarkan hasil analisis data penelitian, dengan menggunakan uji-t independent untuk data uji-t independent didapat nilai thitung variabel kelincahan sebesar -5.679 dengan signifikansi thitung = 0,000. Pada taraf signifikansi α = 0,05 signifikansi thitung variabel kelincahan = 0,000 lebih kecil dari nilai α (Sig < 0,05). Sedangkan untuk data uji-t independent didapat nilai thitung variabel kecepatan -7.078 dengan signifikansi thitung = 0,000. Pada taraf signifikansi α = 0,05 signifikansi thitung variabel kecepatan = 0,000 lebih kecil dari nilai α (Sig < 0,05). Dengan demikian hipotesis penelitian “pelatihan side jump sprint berpengaruh terhadap kelincahan dan kecepatan” dapat diterima. Hasil analisis data pada pelatihan side jump sprint untuk kelincahan terjadi peningkatan sebesar 2.002, sedangkan pelatihan side jump sprint untuk kecepatan terjadi peningkatan sebesar 1.73733. Pada kelompok kontrol terjadi peningkatan tidak sebesar kelompok perlakuan karena hanya diberikan pelatihan konvensional pada kelincahan terjadi peningkatan 0.0974 dan pada kecepatan terjadi peningkatan 0.1246. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelatihan side jump sprint berpengaruh terhadap peningkatan kelincahan dan peningkatan kecepatan pada siswa putra peserta ekstrakurikuler bulutangkis di SMA Negeri1 Kubu tahun pelajaran 2016/2017.Kata Kunci : pelatihan side jump sprint, kelincahan, kecepatan.
This study aims to determine the effect of side jump sprint training on agility and speed. The type of research used is quasi experimental with the design used in this research is "The Non-randomized Control Group Pretest-Posttest Design". The number of research subjects is 30 male students. The instrument used in this study for agility tests is an illinois agility run test. While the instrument for speed tests is a 60 meter test run. Data were analyzed by independent t-test at significance level (α) 0.05 with the help of SPSS 16.0 program. Based on the results of data analysis research, by using independent t-test for independent t-test data obtained tcount agility variable of -5.679 with significance t count = 0,000. At the significance level α = 0.05 significance thitung agility variable = 0.000 is smaller than α value (Sig keyword : training side jump sprint, agility, speed.
Published
2018-07-24
How to Cite
Mustika, I. K. S., Sudiana, I. K., & Tisna, G. D. (2018). PENGARUH PELATIHAN SIDE JUMP SPRINT TERHADAP KELINCAHAN DAN KECEPATAN PADA SISWA PUTRA PESERTA EKSTRAKURIKULER BULUTANGKIS SMA NEGERI 1 KUBU TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 6(2), 27–36. https://doi.org/10.23887/jiku.v6i2.14922
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with the Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)