Permainan Tradisional Daerah Bolaang Mongondow Selatan

Authors

  • Hartono Hadjarati Universitas Negeri Gorontalo
  • Aswan Dai Universitas Negeri Gorontalo
  • Arief Ibnu Haryanto Universitas Muhammadiyah Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.23887/jiku.v9i1.33485

Keywords:

Permainan Tradisional, Bolaang Mongondow Selatan

Abstract

Adanya perkembangan teknologi digital mengakibatkan mulai terkikisanya permainan-pemainan tradisional yang menjadi warisan budaya leluhur. Penelitian ini bertujuan untuk menyurvei permainan tradisional yang ada di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode observasi, wawancara, dokumentasi dalam pengumpulan data. Objek dalam penelitian ini yaitu permainan tradisional tradisional yang berada di daerah Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan dengan subjek penelitian meliputi anak-anak dan tokoh budaya setempat. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yakni teknik analisis data deskriptif kualitatif, yakni dengan mendeskirpsikan hasil dari observasi, wawancara dan dokumentasi yang telak dilaksanakan. Adapun temuan dari penelitian ini ada beberapa jenis permainan dan olahraga tradisional di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan yaitu Pasika, Pangkisboi, Palapudu, Tengge-tengge (Cengek-cengek), Teki (Ceklen), Tenggedi, Kelereng, Lari Tempurung, Kutia, Pai, Cur-Cur Pal, Kalari, Tumbu-tumbu Balangan, Slepdur. Hal ini membuktikan bahwa masih banyak jenis permainan dan olahraga tradisional di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan yang perlu mendapatkan apresiasi positif dari Masyarakat dan Pemerintah.

References

Afrina, R., & Yulsyofriend. (2020). Pengaruh Permainan Boy-Boyan terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 3294–3304. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i3.842

Anggita, G. M. (2019). Eksistensi Permainan Tradisional sebagai Warisan Budaya Bangsa. JOSSAE : Journal of Sport Science and Education. https://doi.org/10.26740/jossae.v3n2.p55-59

Anggraeni, N. P. L., & PF, K. A. P. D. (2018). Dolanan Sebagai Media Pendidikan Karakter pada Siswa Sekolah Dasar. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 1–6. http://dx.doi.org/10.25078/aw.v3i1.900

Badru, B. B. (2020). Membangun Sikap Disiplin dan Kemampuan Konsentrasi Anak melalui Permainan Tradisional Beklen (Bola Bekel). Jurnal Sipatokkong Bpsdm Sulsel, 1(2), 197–201.

Brodhead, M. T., Higbee, T. S., Pollard, J. S., Akers, J. S., & Gerencser, K. R. (2014). The Use of Linked Activity Schedules to Teach Children with Autism to Play Hide-And-Seek. Journal of Applied Behavior Analysis, 47(3), 645–650. https://doi.org/10.1002/jaba.145

Chen, V. H. H., & Ong, J. (2018). The rationalization Process of Online Game Cheating Behaviors. Information Communication and Society, 21(2). https://doi.org/10.1080/1369118X.2016.1271898

Febriyanti, C., Kencanawaty, G., & Irawan, A. (2019). Etnomatematika Permainan Kelereng. MaPan, 7(1), 32–40. https://doi.org/10.24252/mapan.2019v7n1a3

Hanief, Y. N., & Sugito, S. (2015). Membentuk Gerak Dasar pada Siswa Sekolah Dasar melalui Permainan Tradisional. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran. https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v1i1.575

Hanley, G. P., Tiger, J. H., Ingvarsson, E. T., & Cammilleri, A. P. (2009). Influencing Preschoolers’ Free-Play Activity Preferences: An Evaluation of Satiation And Embedded Reinforcement. Journal of Applied Behavior Analysis, 1(1). https://doi.org/10.1901/jaba.2009.42-33

Hartatik, S., & Rahayu, D. W. (2018). Inovasi Model Pembelajaran Melalui Permainan Tradisional “Lempar Karet” untuk Mengajarkan Konsep Perkalian bagi Siswa Sekolah Dasar. Education and Human Development Journal, 3(2). https://doi.org/10.33086/ehdj.v3i2.55

Harvianto, Y., & Abeng, A. T. (2021). Pelestarian Nilai Luhur Budaya Dayak melalui Olahraga di Kota Palangka Raya. Jendela Olahraga, 6(1), 130–138. https://doi.org/10.33086/ehdj.v3i2.55

Hasmawaty. (2020). Penerapan Permainan Tradisional dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar pada Anak di TK Sahabat Anugrah Kabupaten Gowa. JURNAL PENDAIS, 2(1), 13–34.

Hesti Lilis Setyawati, D., Fakhriyah, F., & Khamdun, K. (2020). Peningkatan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar dengan Menerapkan Model Contextual Teaching And Learning Berbantuan Media Lempar Karet Pengetahuan. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(2). https://doi.org/10.23969/jp.v5i2.3426

Ishak, M. (2015). Latihan Olahraga dalam Permainan Tradisional. JIK (Jurnal Ilmu Keolahragaa), 14(2), 42–48. https://doi.org/10.24114/jik.v14i2.6113

Izza, A. (2018). Dampak Permainan Tradisional terhadap Perkembangan Anak (Studi Kasus di Panti Asuhan Cipto Siswoyo Bangunkerto, Turi, Sleman, Yogyakarta). Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Kendenan, F. septrian, Tulenan, V., & Sugiarso, B. A. (2018). Rancang Bangun Game Adventure 2D Suku dan Kebudayaan Sulawesi Utara “Kinatoanku.” Jurnal Teknik Informatika, 13(4), 2301–8364. https://doi.org/10.35793/jti.13.4.2018.28089

Laely, K., & Yudi, D. (2015). Pengaruh Permainan Egrang Tempurung Kelapa terhadap Peningkatan Kecerdasan Kinestetik Anak. Empowerment, 4(1). https://doi.org/10.22460/empowerment.v4i1p32-41.554

Lestari, W., & Siregar, N. (2017). Peranan Permainan Tradisional Engklek dalam Mengembangkan Keterampilan Sosial Anak Usia Sekolah Dasar di Desa Hamparan Perak. School Education Journal, 7(3), 305–311. https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v7i3.9253

Lindawati, Y. I. (2019). Permainan Tradisional Gorontalo dalam Menumbuhkan Nilai-Nilai Karakter Anak. Hermeneutika: Jurnal Hermeneutika, 5(1), 13–24.

Lubis, R., & Khadijah, K. (2018). Permainan Tradisional sebagai Pengembangan Kecerdasan Emosi Anak. Al-Athfal : Jurnal Pendidikan Anak, 4(2), 177–186. https://doi.org/10.14421/al-athfal.2018.42-05

Luo, W., Tay, W. P., & Leng, M. (2016). Infection Spreading and Source Identification: A Hide and Seek Game. IEEE Transactions on Signal Processing, 64(16). https://doi.org/10.1109/TSP.2016.2558168

Muslimah, I., Lubis, R., & Hsb, H. (2018). Permainan Engklek dalam Meningkatkan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun di Ra Al Hikmah Kecamatan Medan Denai. Jurnal Raudhah, 6(2), 2–9. http://dx.doi.org/10.30829/raudhah.v6i2.279

Nasution, R. K., & Siregar, N. I. (2017). Pengaruh Permainan Tradisional Pecah Piring Dan Ular Naga terhadap Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini. Analitika, 5(1). https://doi.org/10.31289/analitika.v5i1.822

Nur, M., & Widiyatmoko, F. A. (2019). Implementasi Permainan Tradisional untuk Meningkatkan Keaktifan Gerak Siswa. Jendela Olahraga, 4(1). https://doi.org/https://doi.org/10.26877/jo.v4i1.3028

Nurdiansyah, D. (2018). Pengaruh Permainan Tradisional Hadang terhadap Agility. JUARA : Jurnal Olahraga, 3(2). https://doi.org/10.33222/juara.v3i2.238

Okwita, A., & Sari, S. P. (2019). Eksistensi Permainan Tradisional Egrang pada Masyarakat Monggak Kecamatan Galang Kota Batam. Historia: Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah. https://doi.org/10.33373/j-his.v4i1.1720

Permana, D. F. W., & Irawan, F. A. (2019). Persepsi Mahasiswa Ilmu Keolahragaan terhadap Permainan Tradisional dalam Menjaga Warisan Budaya Indonesia. Media Ilmu Keolahragaan Indonesia, 9(2), 50–53. https://doi.org/10.15294/miki.v9i2.23645

Prastya, A. H., & Susila, G. H. A. (2019). Pemetaan Potensi Olahraga Rekreasi di Kabupaten Buleleng - Bali. JURNAL PENJAKORA, 6(2), 127–132. http://dx.doi.org/10.23887/penjakora.v6i2.20935

Putra, I. W. W. E., Wiranatha, A. A. K. A. C., & Piarsa, I. N. (2016). Rancang Bangun Game Tradisional “Adu Gasing” pada Platform Android. Jurnal Ilmiah Merpati (Menara Penelitian Akademika Teknologi Informasi), 4(2), 178–187.

Putri, P., Mappiare-AT, A., & Irtadji, M. (2018). Panduan Permainan Ular Naga Bermuatan Nilai Budaya Bengkulu untuk Meningkatkan Self Advocacy Siswa SMP. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(11). http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v3i11.11720

Rahmadani, S., Abdillah, M. Z., Oktavia, N. H., & Budiana, B. (2019). Pengenalan Permainan Tradisional Jawa, Sunda, Batak dan Cina untuk Tingkat Sekolah Dasar. Abdimas-Polibatam, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.33373/j-his.v4i1.1720

Ridwan, M., & Mas’odi. (2017). Tradisi Nyanyian Anak terhadap Pembentukan Karakter Anak Usia Sekolah Dasar. Sekolah Dasar, 26(1), 49–61. https://doi.org/10.17977/um009v26i12017p049

Rostanti, Q. (2017). Nostalgia Permainan Tradisional di Festival Banyuwangi. Republika, p. 1.

Rut, N., Gaol, R. L., Abi, A. R., & Silaban, P. J. (2020). Pengaruh Permainan Tradisional terhadap Keterampilan Sosial Anak Kelas IV Sd 091526. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 449–455. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.56 8

Salam, A. F. B., Yunus, M., & Kinanti, R. G. (2019). Pengaruh Permainan Tradisional (Egrang Bambu) terhadap Peningkatan Keseimbangan pada Anak Kelas 5 SD. Jurnal Sport Science and Health, 1(3).

Saleh, Y. T., Nugraha, M. F., & Nurfitriani, M. (2017). Model Permainan Tradisional “Boy-boyan” untuk Meningkatkan Perkembangan Sosial Anak SD. Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(2). http://dx.doi.org/10.30651/else.v1i2b.1062

Saputri, V. A., & Purwadi, P. (2017). Upaya Meningkatkan Motorik Kasar Anak Melalui Metode Permainan Tradisional Egrang Bathok Kelapa Pada Kelompok B Di Ra Taqwal Ilah Semarang. Paudia : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1). https://doi.org/10.26877/paudia.v4i1.1654

Setiani, R. E. (2019). Pemanfaatan Permainan Tradisional dalam Penanaman Nilai-Nilai Kebangsaan di TK Negeri Pembina 2 Purwokerto. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1). http://dx.doi.org/10.32678/as-sibyan.v4i1.1963

Setiawan, W., & Santoso, D. A. (2019). Tingkat Keterampilan Gerak Dasar dengan Permainan Tradisional Bali. Altius:Jurnal Ilmu Olahraga Dan Kesehatan, 8(2), 1–5.

Siahaan, H., Gultom, I., & Sitorus, M. (2019). Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini Melalui Metode Bermain Egrang Batok Kelapa Di Ra-Alhidayah Medan. Jurnal Tematik, 9(1), 8–18.

Sinaga, R., Nasriah, & Hidayati, I. (2020). Pengaruh Permainan Tradisional Kelereng Terhadap Perkembangan Sosial Anak Kelompok B di TK Puteri Sion Medan. Jurnal Usia Dini, 6(1), 10–19.

Sukadariyah, R. F., Fatimah, A., & Maryani, K. (2020). Pengaruh Permainan Tradisional Engklek terhadap Kemampuan Geometri Anak. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 57–63. https://doi.org/10.24853/yby.4.1.57-63

Suyanti, E., Kristiantari, R., & Suadnyana. (2016). Upaya Meningkatkan Perkembangan Sosial Emosional Melalui Kegiatan Permainan Tradisional Ular Naga pada Anak Kelompok B. E-Journal Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Ganesha, 4(1). http://dx.doi.org/10.23887/paud.v4i1.7535

Syahputra, R., Saifuddin, S., & Ifwandi, I. (2017). Pengaruh Latihan Olahraga Hadang terhadap Peningkatan Kebugaran Jasmani pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Pagar Air. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi.

Trafton, J. G., Schultz, A. C., Perznowski, D., Bugajska, M. D., Adams, W., Cassimatis, N. L., & Brock, D. P. (2006). Children Learning to Play Hide and Seek. In HRI 2006: Proceedings of the 2006 ACM Conference on Human-Robot Interaction. https://doi.org/10.1145/1121241.1121283

Yasin, R. J., Suryanto, & Suminar, R. E. (2017). Perkembangan Kegiatan Ekonomidi Pusat Pertumbuhan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan Provinsi Sulawesi Utara. Prosiding Seminar Nasional dan Call For Paper Ekonomi dan Bisnis (SNAPER-EBIS 2017), 550–560.

Downloads

Published

2021-04-05

How to Cite

Hadjarati, H., Dai, A., & Haryanto, A. I. (2021). Permainan Tradisional Daerah Bolaang Mongondow Selatan. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 9(1), 46–54. https://doi.org/10.23887/jiku.v9i1.33485

Issue

Section

Articles