Discovery learning untuk Meningkatkan Dribble Bolabasket
DOI:
https://doi.org/10.23887/jiku.v9i1.33587Keywords:
Discovery Learning, Dribble, BolabasketAbstract
Kurangnya penggunaan metode yang tepat dalam pelatihan kemampuan dribble siswa dalam permainan bola basket menyebabkan kurangnya kemampuan siswa dalam melakukan tekni dribble tersebut. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan kemampuan dribble melalui model discovery learning bola basket siswa kelas XI SMK. Populasi dalam penelitian ini yakni sebanyak 19 Siswa kemudian sampel diambil menggunakan teknik Total Sampling. Penelitian ini merupakan penelitian PTK dengan menerapkan dua siklus yang meliputi tahap persiapan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap pemantauan dan evaluasi, tahap analisis dan refleksi. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik pengamatan dan dokumentasi sehingga teknik analisis data dilakukan dengan mencarai rata-rata ketuntasan siswa. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan siswa dalam melakukan teknik dribble. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan kemampuan dribble siswa dalam permainan bola basket.
References
Aidi, Z., Yulifri, Y., & Edwarsyah, E. (2019). Faktor-faktor yang Mempengaruhi dalam Menerapkan Permainan Kecil pada Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Sport Science, 19(1). https://doi.org/10.24036/jss.v19i1.22
Alnidawi, F. J. H., Almuhee, H. K. M., & Ahmed, A. H. A. (2020). The Effect of Different Iterations of Mental Perception in Teaching Some Basic Skills in Basketball According to Levels of Learning Performance. European Journal of Molecular and Clinical Medicine, 7(6).
Amansyah, A. (2019). Dasar Dasar Latihan dalam Kepelatihan Olahraga. Jurnal Prestasi. https://doi.org/10.24114/jp.v3i5.13448
Annisa, & Sholeha, D. (2021). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Metode Pembelajaran Discovery learning. Indonesian Journal of Teacher Education, 2(1), 6.
Arifudin, M., Wilujeng, H., & Utomo, R. B. (2016). Pengaruh Metode Discovery learning Pada Materi Trigonometri terhadap Kemampuan Penalaran Adaptif Siswa SMA. Kalamatika Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 129. https://doi.org/10.22236/Kalamatika.vol1no2.2016pp129-140
Bangun, S. Y. (2019). Peran Pelatih Olahraga Ekstrakurikuler dalam Mengembangkan Bakat dan Minat Olahraga pada Peserta Didik. Jurnal Prestasi, 2(4). https://doi.org/10.24114/jp.v2i4.11913
Capella-Peris, C., Gil-Gómez, J., & Chiva-Bartoll, Ò. (2020). Innovative Analysis of Service-Learning Effects in Physical Education: A Mixed-Methods Approach. Journal of Teaching in Physical Education, 39(1). https://doi.org/10.1123/jtpe.2019-0030
Dewi, A. A. S. K., Putra, D. K. N. S., & Ardana, I. K. (2016). Penerapan Pendekatan Saintifik Berbasis Model Discovery learning untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Pengetahuan IPA pada Siswa Kelas Iv Sdn 8 Sumerta Tahun Ajaran 2015/2016. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 4(1), 1–10.
Friskawati, G. F., & Sobarna, A. (2019). Faktor Internal Pencapaian Hasil Belajar Pendidikan Jasmani pada Siswa SMK. Jurnal Penelitian Pendidikan, 18(3). https://doi.org/10.17509/jpp.v18i3.15004
Hadi, P., Doewes, M., & Riyadi, S. (2020). The Influence of Low Intensity-High Intensity Plyometric Training and Hand-Eye Coordination on Jump Shoot Ability in Basketball Players of Bhinneka Solo Club: Randomized Control Trial. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 3(1). https://doi.org/10.33258/birle.v3i1.847
Hadjarati, H., & Haryanto, A. I. (2020). Motivasi untuk Hasil Pembelajaran Senam Lantai. Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga. https://doi.org/10.20527/multilateral.v19i2.8646
Hanansyah, A., & Ginanjar, A. (2020). Erratum: Upaya Peningkatan Hasil Belajar Bola Basket Menggunakan Model Pembelajaran Group Investigation. JUARA : Jurnal Olahraga, 5(1). https://doi.org/10.33222/juara.v5i1.922
Hariadi. (2017). Pengembangan Instrumen Penilaian Otentik Aspek Sikap Sosial Dalam Pendidkan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 16(1), 84–96. https://doi.org/https://doi.org/10.24114/jik.v16i1.6898
Hidayat, C., Marwan, I., & Mulyana, D. (2019). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matakuliah Kurikulum Pembelajaran Penjas Menggunakan Model Discovery learning pada Mahasiswa Kelas A Jurusan Pendidikan Jasmani. Altius : Jurnal Ilmu Olahraga dan Kesehatan, 7(2). https://doi.org/10.36706/altius.v7i2.8093
Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
Husdarta, J., & Saputra, Y. M. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Bandung: Alfabeta.
Indiastuti, F. (2016). Pengembangan Perangkat Model Discovery learning Berpendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Berpikir Kreatif dan Rasa Ingin Tahu. Retrieved From. Jurnal Pendidikan Matematika Rafa, 2(1), 41–55. Retrieved from http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jpmrafa/article/view/1240
Irdam Idrus, & Sri Irawati. (2019). Analisis Model Pembelajaran Discovery learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ipa-Biologi. Talenta Conference Series: Science and Technology (ST), 2(2). https://doi.org/10.32734/st.v2i2.532
Iswanti, D. A., & Dwikoranto. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Lerarning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Fluida Statis di SMAN 1 Mojosari. . Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika.
Jeong, H. C., & So, W. Y. (2020). Difficulties of Online Physical Education Classes in Middle and High School and an Efficient Operation Plan to Address Them. International Journal of Environmental Research and Public Health, 17(19). https://doi.org/10.3390/ijerph17197279
Juditya, S., Suherman, A., Ma’mun, A., & Rusdiana, A. (2020). The Basic Movement Skill Test Instrument of Ball Games for Students Aged 13-15 Years. Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga, 5(1). https://doi.org/10.17509/jpjo.v5i1.21447
Juniarso, T. (2020). Model Discovery learning terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa. ELSE (Elementary School Education Journal), 4(1), 36–43. https://doi.org/10.30651/else.v4i1.4197
Leksani, S. A., Syaodih, E., & Ilyas. (2018). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Menggunakan Model Pembelajaran Discovery learning. JP2EA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ekonomi Akuntansi, 4(1), 16–23. Retrieved from id/index.php/jp2ea/article/view/309/287
Marsila, W., Connie, & Swistoro, E. (2019). Upaya Peningkatan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Fisika Melalui Penggunaan Model Discovery learning Berbantuan Lembar Kerja Peserta Didik. Jurnal Kumparan Fisika, 2(1), 1–8. https://doi.org/10.33369/jkf.2.1.1-8
Mayanto, A., Zulfikar, Z., & Faisal, A. (2020). Pengaruh Metode Pembelajaran dan Gaya Kognitif Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Penjas. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL. https://doi.org/10.46772/kontekstual.v2i01.251
Munir, A., Arief Nur Wahyudi, & Aba Sandi Prayoga. (2021). Pendekatan Model Discovery learning dalam Keterampilan Teknik Shooting Permainan Bola Basket. Jurnal Pendidikan Modern, 6(2). https://doi.org/10.37471/jpm.v6i2.190
Nahdi, D. S., & Apriadi, F. (2015). Pengaruh Model Discovery learning terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal Cakrawala Pendas, 1(2), 66–71.
Nopiyanto, Y. E., & Raibowo, S. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Mahasiswa Penjas pada Mata Kuliah Filsafat Penjas dan Olahraga. Journal Of Sport Education (JOPE), 2(2). https://doi.org/10.31258/jope.2.2.61-69
Nurhadi, & Alfitry, S. (2020). Pengaruh PenerapAn Model Pembelajaran Discovery learning dan Pemberian Motivasi Oleh Guru terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama se-Kecematan Rumbai Pesisir. PALAPA : Jurnal Studi Keislaman dan Ilmu Pendidikan, 8(1), 29–41. https://doi.org/10.36088/palapa.v8i1.696
Nurhidayah, N., & Sukoco, P. (2015). Pengaruh Model Latihan dan Koordinasi terhadap Keterampilan Siswi Ekstrakurikuler Bola Basket SMPN I Bantul. Jurnal Keolahragaan, 3(1), 66–78. https://doi.org/10.21831/jk.v3i1.4970
Peng, M., Zhang, Z., & Zhou, Q. (2020). Basketball Footwork Recognition using Smart Insoles Integrated with Multiple Sensors. In 2020 IEEE/CIC International Conference on Communications in China, ICCC 2020. https://doi.org/10.1109/ICCC49849.2020.9238862
Perdima, F. E. (2019). Pengaruh Metode Latihan Sirkuit dan Metode Konvensional terhadap Keterampilan Dasar Bola Basket. Altius : Jurnal Ilmu Olahraga dan Kesehatan, 6(1). https://doi.org/10.36706/altius.v6i1.8221
Pramusinta, Y., Setyosari, P., Widiati, U., & Kuswandi, D. (2019). Exploring Metacognitive and Critical Thinking Skills Of Pre-Service Elementary School Teachers through Discovery learning Method by Integrating Various Cognitive Styles. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 7(4). https://doi.org/10.17478/jegys.614028
Ramdhani, M. R., Usodo, B., & Subanti, S. (2017). Discovery learning with Scientific Approach on Geometry. ,. Journal of Physics: Conference Series, 895(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/895/1/012033.
Riyoko, E., & Ghani, M. Al. (2019). Pengaruh Latihan Squat Jump terhadap Hasil Under The Basket Shoot pada Permainan Bola Basket Siswa Putra Ektrakulikuler Basket SMA Negeri 01 Tanjung Batu. Riyadhoh : Jurnal Pendidikan Olahraga, 1(1). https://doi.org/10.31602/rjpo.v1i1.1701
Robalo, R. A. M., Diniz, A. M. F. A., Fernandes, O., & Passos, P. J. M. (2020). The Role of Variability in the Control of the Basketball Dribble Under Different Perceptual Setups. European Journal of Sport Science. https://doi.org/10.1080/17461391.2020.1759695
Rubiana, I. (2017). Pengaruh Pembelajaran Shooting (Free Throw) dengan Alat Bantu Rentangan Tali terhadap Hasil Shooting (Free Throw) dalam Permainan Bola Basket. Jurnal Siliwangi, 3(2), 248–257. https://doi.org/https://doi.org/10.37058/jspendidikan.v3i2.337
Rudyanto, H. E. (2016). Model Discovery learning dengan Pendekatan Saintifik Bermuatan Karakter untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 4(01). https://doi.org/10.25273/pe.v4i01.305
Sanjun, Y., Hongyu, R., & Yu, G. (2020). Research on the Course Design of Basic Basketball Teaching Intelligent in Colleges and Universities. In ACM International Conference Proceeding Series. https://doi.org/10.1145/3425329.3425364
Setiawan, V., & Istiqomah. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Discovery learning untuk Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar. In Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia (pp. 455–458).
Siahaan, K. W. A., Haloho, U. N., Raja Guk-guk, M. P. A., & Panjaitan, F. R. (2021). Implementation of Discovery learning Methods to Improve Science Skills in Kindergarten B Children. Jurnal Pendidikan Edutama, 8(1). https://doi.org/10.30734/jpe.v8i1.1332
Suhartiwi, S. (2020). Hubungan Antara Minat Belajar Evaluasi Pembelajaran Penjas dengan Hasil Belajar Evaluasi Pembelajaran Penjas Kelas 17b FKIP Universitas Halu Oleo. Gema Pendidikan, 27(1). https://doi.org/10.36709/gapend.v27i1.10697
Sulfemi, W. B., & Yuliana, D. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Discovery learning Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Rontal Keilmuan PKn, 5(1), 17–30. https://doi.org/10.29100/jr.v5i1.1021
Temmasonge, A. (2019). Upaya Meningkatkan Upaya Meningkatkan Keterampilan Teknik Dasar Pivot Bolabasket dengan Menggunakan Variasi Latihan Pivot Bagi Tim Bolabasket Putri SMPK Mardi Wiyata Kota Malang. SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan-Fakultas Ilmu Keolahragaan UM.
Uge, A., Lukum, A., & Rumape, O. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery learning dengan Metode Demonstrasi terhadap Pemahaman Konsep Reduksi Oksidasi pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Suwawa. Jambura Journal of Educational Chemistry, 2(2). https://doi.org/10.34312/jjec.v2i2.7181
Vencúrik, T., Nykodým, J., Bokůvka, D., Rupčić, T., Knjaz, D., Dukarić, V., & Struhár, I. (2021). Determinants of Dribbling and Passing Skills in Competitive Games Of Women’s Basketball. International Journal of Environmental Research and Public Health, 18(3). https://doi.org/10.3390/ijerph18031165
Wahyudi, & Siswanti, M. C. (2015). Pengaruh Pendekatan Saintifik melalui Model Discovery learning dengan Permainan terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 5 Sd. Scholaria, 5(3), 23–36.
Yusmanto, & Herman, T. (2016). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery learning terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Self Confidence Siswa Kelas V Sekolah Dasar. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 7(2), 140. https://doi.org/10.17509/eh.v7i2.2705.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)