Pengaruh Latihan Drill untuk Meningkatkan Keterampilan Passing Bawah Bola Voli pada Kegiatan Ekstrakulikuler

Authors

  • Alek Susanto Universitas PGRI Semarang
  • Galih Dwi Pradipta Universitas PGRI Semarang
  • Isna Nurdin Wibisana Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23887/jiku.v9i1.34531

Keywords:

Pengaruh Latihan Drill, Ekstrakulikuler, Bola Voli

Abstract

Kurangnya keterampilan siswa terhadap teknik dasar pasing bawah pada bola voli menjadi latar belakang dalam penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan passing bawah bola voli dengan metode latihan drill. Penelitian ini menggunakan rancangan one grup pretest and posttest design ini, dilakukan terhadap satu kelompok tanpa adanya kelompok kontrol atau pembanding. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa ekstrakurikuler bola voli yang berjumlah 21 siswa. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan total sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan modifikasi tes Brady. Hasil uji t test menunjukan rata- rata hasil tes kemampuan passing bawah pada kelompok pretest sebesar 19.64 dan kelompok postest sebesar 24.76 dengan selisish 5.120. Berdasarkan output SPSS pada hasil uji t-test menunjukan bahwa nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0.000 < 0.05 maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima, artinya adanya pengaruh metode drill terhadap kemampuan passing bawah obola voli pada siswa ekstrakurikuler Karangayung secara signifikan.

References

Alwijaya, M. E. (2018). Penerapan Metode Drill untuk Meningkatkan Hasil Belajar Passing Bawah Bola Voli Siswa Kelas VII A SMP Negeri 2 Batukliang Tahun Pelajaran 2016/2017. JIME: Jurnal Ilmiah Mandala, 4(2), 172–184. https://doi.org/10.36312/jime.v4i2.472

Astuningtias, K. I., & Appulembang, O. D. (2017). Penerapan Metode Drill untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas IX Materi Statistika di SMP Kristen Rantepao. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 1(1), 53. https://doi.org/10.19166/johme.v1i1.718

Astuti, Y. (2017). Pengaruh Metode Drill dan Metode Bermain terhadap Keterampilan Bermain Bola Voli Mini (Studi Eksperimen pada Siswa SD Negeri 14 Kampung Jambak Kecamatan Koto Tangah Kota Padang). AL IBTIDA: Jurnal Pendidikan Guru MI, 4(1), 1–16. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v4i1.1276

Daryono, & Almy, M. A. (2021). Peningkatan Keterampilan Bermain Bolavoli Mahasiswa melalui Latihan Gaya Self Check. Halaman Olahraga Nusantara, 4(1), 89–99. https://doi.org/10.31851/hon.v4i1.5101

Defrizal, & Suharjana. (2019). Latihan Drill sebagai Metode Efektif untuk meningkatkan Umpan Bawah pada Bola Voli di Sekolah Dasar [Drill Training as Effective Methods on Increasing Under-Passing Ability of Elementary School Volleyball]. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 8(2), 157–171. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v8i2.1927

Erdiyanti, Y. P., & Febriyanto, B. D. (2019). Bimbingan Belajar untuk Meningkatkan Motivasi Berprestasi Atlet Bola Voli O2sn Kabupaten Majalengka. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 5(1), 19–26. https://doi.org/10.31949/educatio.v5i1.10

Erliana, M. (2014). Pengaruh Pembelajaran Model Bermain terhadap Keterampilan Passing Bawah Bola Voli Mini. Jurnal Multilateral, 13(1), 53–62. https://doi.org/10.20527/multilateral.v13i1.2462.g2163

Fajar, M. (2020). Survei Kemampuan Teknik Dasar Bulutangkis Siswa Peserta Ekstrakurikuler SMA Patra Mandiri 1 Plaju. Halaman Olahraga Nusantara (Jurnal Ilmu Keolahragaan), 3(1), 90–101. https://doi.org/10.31851/hon.v3i1.3740

Fauziyyah, B. S., & Silfia. (2020). Pertumbuhan Kreativitas Siswa melalui Program Ekstrakulikuler di Sekolah Dasar. Fondatia: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 35–40. https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.512

Gazali, N. (2016). Kontribusi Kekuatan Otot Lengan tehadap Kemampuan Servis Atas Atlet Bolavoli. Journal of Physical Education, Health and Sport, 3(1), 1–6. https://doi.org/10.15294/jpehs.v3i1.6496

Hamdayama, J. (2016). Metodologi pengajaran. Jakarta, Indonesia: Bumi Aksara.

Hanief, Y. N., & Sugito, S. (2015). Membentuk Gerak Dasar pada Siswa Sekolah Dasar melalui Permainan Tradisional. Jurnal Penelitian Pembelajaran, 1(1), 100–113. https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v1i1.575

Irwanto, E. (2017). Pengaruh Metode Resiprokal dan Latihan Drill terhadap Peningkatan Keterampilan Teknik Dasar Bolavoli. Jurnal Pendidikan Olahraga, 6(1).

Jessicasari, A., & Hartati, S. C. Y. (2014). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua dan Lingkungan Sekolah terhadap Kedisiplinan Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 2(3), 661–666.

Julianto, I. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Passing Bawah Melalui Soft Volley & Volley Ball Like. JUARA : Jurnal Olahraga, 2(1), 51–63. https://doi.org/10.33222/juara.v1i2.19

Khotimah, N. (2020). Penerapan Metode Drill untuk Meningkatkan Keterampilan Passing Atas Bola Voli Siswa SMPN 4 Tapung Hilir. JETE: Journal of Education and Teaching, 1(1). https://doi.org/0.24014/jete.v1i1.7895

Kristiyasari, E. (2015). Analisis Ektrakulikuler Seni Tradisional Reog terhadap Pembentukan Karakter Kreatif Siswa SMA Negeri 2 Kabupaten Ponorogo Tahun Pelajaran 2014/2015. Citizenship Jurnal Pendidikan Pancasila Danm Kewarganegaraan, 4(1), 362–370.

Latar, I. M. (2015). Meningkatkan Keterampilan Bolavoli Mahasiswa Penjas dengan Metode Latihan. Journal of Physical Education, Health and Sport, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.15294/jpehs.v2i1.3936

Mulati, T. S., Kuswati, & Rejeki, A. S. (2014). Perbedaan Pengaruh Metode Pembelajaran Simulasi dengan Latihan (Drill) terhadap Penerapan Pengisian Partograf pada Mahasiswa DIII Kebidanan. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 33(1), 113–119. https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.1867

Neviantoko, G. Y., Mintarto, E., & Wiriawan, O. (2020). Pengaruh Latihan Fivecone Snake Drill, V-Drill dan Lateral Two in The Hole, in out Huffle terhadap Kelincahan Dan Kecepatan. Multilateral: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 19(2), 1–10. https://doi.org/10.20527/multilateral.v19i2.9039.g6746

Nugroho, A. T. (2015). Meningkatkan Hasil Belajar Bola Voli Melalui Modifikasi Peraturan Permainan Dan Menggunakan Media Video Di Smk Negeri 1 Sedan Tahun Ajaran 2013/2014. Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreations, 4(15), 2239–2245. https://doi.org/10.15294/active.v4i12.8796

Partini. (2019). Penerapan Metode Drill untuk Meningkatkan Hasil Belajar Passing Bawah Bola Voli Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Ilmiah, 5(3), 123–130.

Rahmat, D., & Wahidi, R. (2018). Pengaruh Pembelajaran Passing Berpasangan terhadap Keterampilan Passing Bawah dalam Permainan Bola Voli. JUARA : Jurnal Olahraga, 3(2), 96–103. https://doi.org/10.33222/juara.v3i2.241

Rochmawati, Y., & Wahyuni, S. (2017). Au-thentic Assessment in Physics Learning Using Physics Chess Game for Senior High School. International Journal of Learning and Teaching, 3(1), 15–18. https://doi.org/10.18178/ijlt.3.1.15-18

Salma, Y., & Fatmawati. (2019). Metode Drill dalam Meningkatkan Keterampilan Membuat Tas Makrame Untuk Anak Tunarungu di SLB Bina Bangsa. Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 4(3), 27–34.

Sari, T. N., & Appulembang, O. D. (2019). Penerapan Metode Drill untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Materi Himpunan Kelas VII pada SMP di Sentani [The Implementation of The Drill Method to Increase Students’ Cognitive Learning Outcomes of Sets in A Grade 7 Class at A Junio. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 2(2), 131–140. https://doi.org/10.19166/johme.v2i2.1689

Setiawan, A. (2017). Hubungan Authentic Assessment dengan Motivasi Belajar Pendidikan Jasmani. JUARA : Jurnal Olahraga., 2(2), 143–150. https://doi.org/10.33222/juara.v2i2.4 1

Setiawan, A., & Rahmat, A. (2018). Pengaruh Pembelajaran Bola tangan terhadap Perilaku Sosial Siswa. Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga, 3(1), 89–94. https://doi.org/10.17509/ jpjo.v3i1.10188

Subarna. (2015). Perbandingan Pengaruh Metode Bagian dengan Metode Keseluruhan terhadap Hasil Pembelajaran Spike dalam Permainan Bola Voli pada Ekstrakurikuler Bola Voli Ma Plus Al Munir Kabupaten Sumedang. Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga, 14(2), 187–196. https://doi.org/10.20527/multilateral.v14i2.2477.g2178

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suryawan, I. G. (2018). Pembelajaran Ekstrakulikuler Seni Lukis Kaca di SMP Negeri 3 Sukasada. Brikolase: Jurnal Kajian Teori, Praktik dan Wacana Seni Budaya Rupa, 10(2), 146–157. https://doi.org/10.33153/bri.v10i2.2328

Wahyu, Syambasril, D. (2017). Penerapan Metode Drill untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Siswa Kelas VII SMPN I Bunut Hulu. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 6(1), 1–11.

Winarno, M. E., & Tomi, A. (2013). Teknik Dasar Bermain Bolavoli. Malang.

Yahya, A. A., & Sufitriono. (2020). Pembelajaran Metode Drill untuk Meningkatkan Hasil Belajar Passing Bawah pada Permainan Bolavoli Siswa SMPN 2 Mare Kabupaten Bone. Jendela Olahraga, 5(1), 1–9.

Downloads

Published

2021-05-18

How to Cite

Susanto, A., Pradipta, G. D., & Wibisana, I. N. (2021). Pengaruh Latihan Drill untuk Meningkatkan Keterampilan Passing Bawah Bola Voli pada Kegiatan Ekstrakulikuler. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 9(1), 61–67. https://doi.org/10.23887/jiku.v9i1.34531

Issue

Section

Articles