Persepsi Peserta Didik Terhadap Pembelajaran Daring PJOK

Authors

  • Kadek Santhi Pratiwi Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gusti Lanang Agung Parwata Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jiku.v9i2.37268

Keywords:

Persepsi, Pembelajaran Daring, PJOK

Abstract

Mewabahnya virus corona, mengakibatkan seluruh pembelajaran dilakukan secara daring (online). Pembelajaran daring membawa dampak terhadap proses pembelajaran yaitu selama proses pembelajaran daring siswa bosan untuk belajar karena kurangnya interkasi antara siswa dan guru. Tidak hanya itu pembelajarn daring juga merupakan tantangan baru untuk guru dalam proses mengajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi peserta didik kelas terhadap pembelajaran daring PJOK. Desain penelitian menggunakan desain penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksploratif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik yang berjumlah 184 siswa. Besarnya sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan rumus Slovin dengan pertimbangan bahwa populasi relatif homogen/seragam sehingga tidak terlalu diperlukan untuk distratifikasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik kuesioner. Setelah data terkumpul kemudia dianalisis menggunakan metode analisa statistik desktiptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) sebagian besar peserta didik (41,85%) memiliki persepsi yang baik terhadap pembelajaran daring PJOK dan (2) skor rata-rata persepsi peserta didik terhadap pembelajaran daring PJOK sebesar 89,91 berada pada kategori baik. Jadi dapat disimpulkan bahwa peserta didik memiliki persepsi yang baik terhadap pembelajaran daring PJOK.

References

Adila, K., & Harisah, Y. (2020). Persepsi Siswa Kelas X MIPA SMA Negeri 1 Bojong Terhadap Pembelajaran Online pada Pelajaran Mate matika. Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 1(1), 401–406. Retrieved from. https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/sandika/article/download/433/359/.

Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282–289. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289.

Anwar, J. F., & Hartoto, S. (2019). Hubungan Aktivitas Fisik Di Luar Jam Pelajaran PJOK dengan Tingkat Kebugaran Jasmani. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 7(3), 43–47.

Buana, D. R. (2020). Analisis Perilaku Masyarakat Indonesia dalam Menghadapi Pandemi Virus Corona (Covid-19) dan Kiat Menjaga Kesejahteraan Jiwa. Salam: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 217–226.

Fandra, & Umari, A. (2019). Persepsi Siswa Terhadap Proses Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SMP Negeri 2 Batipuh. Jurnal Pendidikan Dan Olahraga, 2(4), 2 2-2 9. Retrieved from. http://jpdo.ppj.unp.ac.id/index.php/jpdo/article/view/595.

Firman, F., & Rahayu, S. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81–89. https://doi.org/10.31605/ijes.v2i2.659

Hadi, L. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring Di Masa Pandemik Covid-19 Student Perceptions of Online Learning During Covid-19 Pandemic. Jurnal Zarah, 8(2), 56–61.

Hendri, G., & Azis, I. (2020). Motivasi siswa dalam proses pembelajaran pendidikan jasmani olahraga kesehatan. Jurnal Patriot, 2(1), 171–181.

Henik, I, Indarto A.S, D. T. (2014). (2014) ‘Persepsi Mahasiswa Tentang Media Pembelajaran E- Learning’, ,. Jurnal Ilmu Kebidanan, 2(2).

Imania, K. A., & Bariah, S. K. (2019). Rancangan Pengembangan Instrumen Penilaian Pembelajaran Berbasis Daring. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (PETIK), 5(1), 31–47.

Irawati, R., & Santaria, R. (2020). Persepsi Siswa SMAN 1 Palopo Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Kimia. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(2), 264–270. https://doi.org/10.30605/jsgp.3.2.2020.286.

Jamilah. (2020). Guru profesional di era new normal: Review peluang dan tantangan dalam pembelajaran daring. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 10(2), 238–247. https://doi.org/10.25273/pe.v10i2.7494.

Jariyah, I. A., & Tyastirin, E. (2020). Proses dan Kendala Pembelajaran Biologi di Masa Pandemi Covid-19: Analisis Respon Mahasiswa. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan:E-Saintika, 4(2), 183–196. https://doi.org/10.36312/e-saintika.v4i2.224.

Juniarta, A. T., & Winarno, M. . (2016). Pengembangan Instrumen Penilaian Pengetahuan Mata Pelajaran Pendidikan. Jurnal Pendidikan, 1(7), 1449–1463.

Margiyanti, N. J., Handayani, T. Y., & Roza, N. (2021). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Daring Terhadap Prestasi Mahasiswa Prodi Diploma Iii Kebidanan. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 13(2), 132–137. https://doi.org/10.26418/jvip.v13i2.46448.

Maulana, H. A., & Iswari, R. D. (2020). Analisis Tingkat Stres Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring Pada Mata Kuliah Statistik Bisnis Di Pendidikan Vokasi. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 14(1), 17–30. https://doi.org/10.30595/jkp.v14i1.8479.

Mustakim. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 Pada MataPelajaran Matematika. Al Asma: Journal of Islamic Education, 2(1), 1–12.

Mustofa, M. I., Chodzirin, M., & Sayekti, L. (2019). Formulasi Model Perkuliahan Daring Sebagai Upaya Menekan Disparitas Kualitas Perguruan Tinggi. Walisongo Journal of Information Technology, 1(2), 151–160.

Napitupulu, R. M. (2020). Dampak pandemi Covid-19 terhadap kepuasan pembelajaran jarak jauh. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 7(1), 23–33. https://doi.org/10.21831/jitp.v7i1.32771.

Ni’mah. (2016). Manajemen Pembelajaran Jarak Jauh (Distance Learning) pada Homeschooling“Sekolah Dolan”’. Manajemen Pendidikan, 25(1), 112– 119.

Pakpahan, R., & Fitriani, Y. (2020). Analisa Pemafaatan Teknologi Informasi Dalam Pemeblajaran Jarak Jauh Di Tengah Pandemi Virus Corona Covid-19. JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Researh), 4(2), 30–36.

Pertiwi, R. K., & Sutama. (2020). Membudayakan Kelas Digital Untuk Membimbing Siswa Dalam Pembelajaran Di Tengah Pandemi Covid-19. JKTP Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(4), 350–365. https://doi.org/10.17977/um038v3i42020p350.

Prayitno, & Mardianto, M. F. F. (2020). Peningkatan Hasil Evaluasi Pembelajaran Daring Saat Pandemi Covid-19 Berdasarkan Media Powerpoint Interaktif. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 5(2), 171–181. https://doi.org/10.30651/must.v5i2.6119.

Putri, A., & Suparmi. (2020). Putri, A. N., Pd, M. E. and Pd, M. E. (2020) ‘Efektivitas Pembelajaran Daring Program Studi Pendidikan Ekonomi.’ Jurnal Ecogen, 3(4), 627–634. https://doi.org/10.24036/jmpe.v3i4.10618.

Putri, R. S., & Purwanto, D. (2020). (2020). Impact of the COVID-19 pandemic on online home learning: An explorative study of primary schools in Indonesia. International ,. Journal of Advanced Science and Technology, 29(5), 4809–4818.

Rahman, I., Gani, R. A., & Achmad, I. Z. (2020). Persepsi Siswa Pada Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Tingkat Sma. Jurnal Pendidikan Olahraga, 9(2), 144–154. https://doi.org/10.31571/jpo.v9i2.1898.

Rochman, B., Indahwati, N., & Priambodo, A. (2020). Identifikasi Keterlaksanaan Pembelajaran PJOK Tingkat SMP Di Masa Pandemi Covid 19 Se-Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(1), 257–265. https://doi.org/10.36312/jime.v6i1.1343.

Sari, M., & Nazirun, N. (2016). Persepsi Siswa Kelas Viii Terhadap Proses Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Di Smp Negeri 5 Pekanbaru. Journal of Chemical Information and Modeling, 1(269–277), 269–277.

Susilo, A., Rumende, C. M., Pitoyo, C. W., Santoso, W. D., Yulianti, M., Herikurniawan, H., … Yunihastuti, E. (2020). Coronavirus Disease 2019: Tinjauan Literatur Terkini. Jurnal Penyakit Dalam Indonesia, 7(1), 45. https://doi.org/10.7454/jpdi.v7i1.415.

Sutini, Mushofan, M., Ilmia, A., Yanti, A. D., Rizky, A. N., & Lailiyah, S. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Dengan Menggunakan E-Learning Madrasah Terhadap Optimalisasi Pemahaman Matematika Siswa. JRPM (Jurnal Review Pembelajaran Matematika), 5(2), 124–136. https://doi.org/10.15642/jrpm.2020.5.2.124-136.

Wilder-Smith, A., & Freedman, D. O. (2020). Isolation, quarantine, social distancing and community containment: Pivotal role for old-style public health measures in the novel coronavirus (2019-nCoV) outbreak. ,. Journal of Travel Medicine, 27(2), 1–4. https://doi.org/10.1093/jtm/taaa020.

Zuriati, S., & Briando, B. (2020). Webinar dan Call for Papers “ Menyongsong Era Merdeka Belajar ” 2020. Menyongsong Era Merdeka Belajar, (June), 1–14.

Downloads

Published

2021-08-15

How to Cite

Pratiwi, K. S., & Parwata, I. G. L. A. (2021). Persepsi Peserta Didik Terhadap Pembelajaran Daring PJOK. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 9(2), 121–127. https://doi.org/10.23887/jiku.v9i2.37268

Issue

Section

Articles