Persepsi Peserta Didik Terhadap Pembelajaran Daring PJOK
DOI:
https://doi.org/10.23887/jiku.v9i2.37268Keywords:
Persepsi, Pembelajaran Daring, PJOKAbstract
Mewabahnya virus corona, mengakibatkan seluruh pembelajaran dilakukan secara daring (online). Pembelajaran daring membawa dampak terhadap proses pembelajaran yaitu selama proses pembelajaran daring siswa bosan untuk belajar karena kurangnya interkasi antara siswa dan guru. Tidak hanya itu pembelajarn daring juga merupakan tantangan baru untuk guru dalam proses mengajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi peserta didik kelas terhadap pembelajaran daring PJOK. Desain penelitian menggunakan desain penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksploratif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik yang berjumlah 184 siswa. Besarnya sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan rumus Slovin dengan pertimbangan bahwa populasi relatif homogen/seragam sehingga tidak terlalu diperlukan untuk distratifikasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik kuesioner. Setelah data terkumpul kemudia dianalisis menggunakan metode analisa statistik desktiptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) sebagian besar peserta didik (41,85%) memiliki persepsi yang baik terhadap pembelajaran daring PJOK dan (2) skor rata-rata persepsi peserta didik terhadap pembelajaran daring PJOK sebesar 89,91 berada pada kategori baik. Jadi dapat disimpulkan bahwa peserta didik memiliki persepsi yang baik terhadap pembelajaran daring PJOK.
References
Adila, K., & Harisah, Y. (2020). Persepsi Siswa Kelas X MIPA SMA Negeri 1 Bojong Terhadap Pembelajaran Online pada Pelajaran Mate matika. Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 1(1), 401–406. Retrieved from. https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/sandika/article/download/433/359/.
Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282–289. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289.
Anwar, J. F., & Hartoto, S. (2019). Hubungan Aktivitas Fisik Di Luar Jam Pelajaran PJOK dengan Tingkat Kebugaran Jasmani. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 7(3), 43–47.
Buana, D. R. (2020). Analisis Perilaku Masyarakat Indonesia dalam Menghadapi Pandemi Virus Corona (Covid-19) dan Kiat Menjaga Kesejahteraan Jiwa. Salam: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 217–226.
Fandra, & Umari, A. (2019). Persepsi Siswa Terhadap Proses Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SMP Negeri 2 Batipuh. Jurnal Pendidikan Dan Olahraga, 2(4), 2 2-2 9. Retrieved from. http://jpdo.ppj.unp.ac.id/index.php/jpdo/article/view/595.
Firman, F., & Rahayu, S. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81–89. https://doi.org/10.31605/ijes.v2i2.659
Hadi, L. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring Di Masa Pandemik Covid-19 Student Perceptions of Online Learning During Covid-19 Pandemic. Jurnal Zarah, 8(2), 56–61.
Hendri, G., & Azis, I. (2020). Motivasi siswa dalam proses pembelajaran pendidikan jasmani olahraga kesehatan. Jurnal Patriot, 2(1), 171–181.
Henik, I, Indarto A.S, D. T. (2014). (2014) ‘Persepsi Mahasiswa Tentang Media Pembelajaran E- Learning’, ,. Jurnal Ilmu Kebidanan, 2(2).
Imania, K. A., & Bariah, S. K. (2019). Rancangan Pengembangan Instrumen Penilaian Pembelajaran Berbasis Daring. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (PETIK), 5(1), 31–47.
Irawati, R., & Santaria, R. (2020). Persepsi Siswa SMAN 1 Palopo Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Kimia. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(2), 264–270. https://doi.org/10.30605/jsgp.3.2.2020.286.
Jamilah. (2020). Guru profesional di era new normal: Review peluang dan tantangan dalam pembelajaran daring. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 10(2), 238–247. https://doi.org/10.25273/pe.v10i2.7494.
Jariyah, I. A., & Tyastirin, E. (2020). Proses dan Kendala Pembelajaran Biologi di Masa Pandemi Covid-19: Analisis Respon Mahasiswa. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan:E-Saintika, 4(2), 183–196. https://doi.org/10.36312/e-saintika.v4i2.224.
Juniarta, A. T., & Winarno, M. . (2016). Pengembangan Instrumen Penilaian Pengetahuan Mata Pelajaran Pendidikan. Jurnal Pendidikan, 1(7), 1449–1463.
Margiyanti, N. J., Handayani, T. Y., & Roza, N. (2021). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Daring Terhadap Prestasi Mahasiswa Prodi Diploma Iii Kebidanan. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 13(2), 132–137. https://doi.org/10.26418/jvip.v13i2.46448.
Maulana, H. A., & Iswari, R. D. (2020). Analisis Tingkat Stres Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring Pada Mata Kuliah Statistik Bisnis Di Pendidikan Vokasi. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 14(1), 17–30. https://doi.org/10.30595/jkp.v14i1.8479.
Mustakim. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 Pada MataPelajaran Matematika. Al Asma: Journal of Islamic Education, 2(1), 1–12.
Mustofa, M. I., Chodzirin, M., & Sayekti, L. (2019). Formulasi Model Perkuliahan Daring Sebagai Upaya Menekan Disparitas Kualitas Perguruan Tinggi. Walisongo Journal of Information Technology, 1(2), 151–160.
Napitupulu, R. M. (2020). Dampak pandemi Covid-19 terhadap kepuasan pembelajaran jarak jauh. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 7(1), 23–33. https://doi.org/10.21831/jitp.v7i1.32771.
Ni’mah. (2016). Manajemen Pembelajaran Jarak Jauh (Distance Learning) pada Homeschooling“Sekolah Dolan”’. Manajemen Pendidikan, 25(1), 112– 119.
Pakpahan, R., & Fitriani, Y. (2020). Analisa Pemafaatan Teknologi Informasi Dalam Pemeblajaran Jarak Jauh Di Tengah Pandemi Virus Corona Covid-19. JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Researh), 4(2), 30–36.
Pertiwi, R. K., & Sutama. (2020). Membudayakan Kelas Digital Untuk Membimbing Siswa Dalam Pembelajaran Di Tengah Pandemi Covid-19. JKTP Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(4), 350–365. https://doi.org/10.17977/um038v3i42020p350.
Prayitno, & Mardianto, M. F. F. (2020). Peningkatan Hasil Evaluasi Pembelajaran Daring Saat Pandemi Covid-19 Berdasarkan Media Powerpoint Interaktif. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 5(2), 171–181. https://doi.org/10.30651/must.v5i2.6119.
Putri, A., & Suparmi. (2020). Putri, A. N., Pd, M. E. and Pd, M. E. (2020) ‘Efektivitas Pembelajaran Daring Program Studi Pendidikan Ekonomi.’ Jurnal Ecogen, 3(4), 627–634. https://doi.org/10.24036/jmpe.v3i4.10618.
Putri, R. S., & Purwanto, D. (2020). (2020). Impact of the COVID-19 pandemic on online home learning: An explorative study of primary schools in Indonesia. International ,. Journal of Advanced Science and Technology, 29(5), 4809–4818.
Rahman, I., Gani, R. A., & Achmad, I. Z. (2020). Persepsi Siswa Pada Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Tingkat Sma. Jurnal Pendidikan Olahraga, 9(2), 144–154. https://doi.org/10.31571/jpo.v9i2.1898.
Rochman, B., Indahwati, N., & Priambodo, A. (2020). Identifikasi Keterlaksanaan Pembelajaran PJOK Tingkat SMP Di Masa Pandemi Covid 19 Se-Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(1), 257–265. https://doi.org/10.36312/jime.v6i1.1343.
Sari, M., & Nazirun, N. (2016). Persepsi Siswa Kelas Viii Terhadap Proses Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Di Smp Negeri 5 Pekanbaru. Journal of Chemical Information and Modeling, 1(269–277), 269–277.
Susilo, A., Rumende, C. M., Pitoyo, C. W., Santoso, W. D., Yulianti, M., Herikurniawan, H., … Yunihastuti, E. (2020). Coronavirus Disease 2019: Tinjauan Literatur Terkini. Jurnal Penyakit Dalam Indonesia, 7(1), 45. https://doi.org/10.7454/jpdi.v7i1.415.
Sutini, Mushofan, M., Ilmia, A., Yanti, A. D., Rizky, A. N., & Lailiyah, S. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Dengan Menggunakan E-Learning Madrasah Terhadap Optimalisasi Pemahaman Matematika Siswa. JRPM (Jurnal Review Pembelajaran Matematika), 5(2), 124–136. https://doi.org/10.15642/jrpm.2020.5.2.124-136.
Wilder-Smith, A., & Freedman, D. O. (2020). Isolation, quarantine, social distancing and community containment: Pivotal role for old-style public health measures in the novel coronavirus (2019-nCoV) outbreak. ,. Journal of Travel Medicine, 27(2), 1–4. https://doi.org/10.1093/jtm/taaa020.
Zuriati, S., & Briando, B. (2020). Webinar dan Call for Papers “ Menyongsong Era Merdeka Belajar ” 2020. Menyongsong Era Merdeka Belajar, (June), 1–14.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)