Profil Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SMP Negeri se-Kecamatan Buleleng
DOI:
https://doi.org/10.23887/jiku.v9i2.37352Keywords:
Profil, PJOK, SMP NegerAbstract
Keberhasilan peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor internal dan eksternal. Di dalam pembelajaran PJOK, faktor internal memiliki peran yang penting dalam keberhasilan proses pembelajaran, karena faktor internal itu berasal dari dalam diri peserta didik. Faktor eksternal juga memberikan dampak yang sangat besar untuk dapat membantu tercapainya keberhasilan proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data empirik tentang profil pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan teknik survei. Subjek penelitian ini adalah seluruh SMP Negeri yang berada di Kecamatan Buleleng yang berjumlah 8 Sekolah. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi langsung dalam bentuk wawancara dan kuesioner. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berpedoman pada PDPJOI. Data yang terkumpul kemudian di analisis dengan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa profil pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan berada pada kategori cukup. Implikasi penelitian ini agar profil pendidikan PJOK lebih ditingkatkan lagi.
References
Arifin, S. (2017). Internalisasi Nilai Sportivitas Melalui Pembelajaran Pendidikan Jasmani di Sekolah Dasar. Jurnal Sosioreligi, 15(2), 20–29. Retrieved from. https://ejournal.upi.edu/index.php/SosioReligi/article/view/8834.
Ashfahany, F. A., Adi, S., & Hariyanto, E. (2017). Bahan Ajar Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Dalam Bentuk Multimedia Interaktif Untuk Siswa Kelas Vii. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(2), 261 — 267. https://doi.org/10.17977/jp.v2i2.8540.
Bramantha, H. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Penjaskes Pokok Bahasan Teknik Dasar Renang Gaya Bebas Dengan Pendekatan Kontekstual Pada Siswa Kelas X Di Smk Daerah Situbondo. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 2(2), 25–27. https://doi.org/10.26737/jpdi.v2i2.326.
Cahya Pratama, A. (2018). Survei Sarana Prasarana Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan, Sekolah Menengah Pertama Dan Sederajat. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 6(3), 561–564.
Darmiyanti, K. R., Astra, I. K. B., & Satyawan, I. M. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division Terhadap Hasil Belajar Teknik Dasar Sepak Sila Dalam Permainan Sepak Takraw. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 8(3), 136–145. https://doi.org/10.23887/jiku.v8i3.29826.
Fraliantina, I. A. (2016). Pengaruh Kepemimpinan Dan Sarana Prasarana Olahraga Terhadap Prestasi Sekolah Di Bidang Olahraga. JUARA : Jurnal Olahraga, 1(2), 100. https://doi.org/10.33222/juara.v1i2.24.
H, H., & Riady, A. (2018). Survey Sarana Dan Prasarana Pendidikan Jasmani Di SMP/ MTS Swasta Kabupaten Pangkep. SPORTIVE: Journal Of Physical Education, Sport and Recreation, 1(2), 27. https://doi.org/10.26858/sportive.v1i2.5624.
Hanief, Y. N., & Sugito, S. (2015). Membentuk Gerak Dasar Pada Siswa Sekolah Dasar Melalui Permainan Tradisional. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 1(1), 100–113. https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v1i1.575.
Hardiyana, S. (2014). Pengaruh Guru PKn terhadap Pembentukan Karakter Siswa. Jurnal Ilmiah PPKn IKIP Veteran Semarang., 1(2), 54–64. Retrieved from. https://ejournal.upi.edu/index.php/SosioReligi/article/view/8834.
Haris, I. N. (2018). Model pembelajaran peer teaching dalam pembelajaran pendidikan jasmani. Journal of Chemical Information and Modeling, 4(9), 2.
Kusumawati, A. D., & Sumardi, Y. (2016). Peranan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Elaboration Learning Untuk Siswa Sma. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 5(2), 42–53. https://doi.org/10.15294/upej.v5i2.13619.
Lanang, I. G., & Parwata, A. (2018). Profil Pendidikan Jasmani , Olahraga dan Kesehatan SMA / SMK di Kabupaten Buleleng. Seminar Nasional Riset Inovatif 2018, 415–419. https://doi.org/10.23887/jjp.v8i2.33758.
Lestari, L. K. G. A. D., Parwata, I. G. L. A., & Dartini, N. P. D. S. (2020). Keterserdiaan Sarana Dan Prasarana Penunjang Pembelajaran Pjok Tingkat Smp Se-Kecamatan Pupuan. Jurnal Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan, 8(3), 124–132. https://doi.org/10.23887/jjp.v8i3.33767.
Malyana, A. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Daring Dan Luring Dengan Metode Bimbingan Berkelanjutan Pada Guru Sekolah Dasar Di Teluk Betung Utara Bandar Lampung. Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Indonesia, 2(1), 67–76. https://doi.org/10.52217/pedagogia.v2i1.640.
Muliadi. (2019). Profil Sarana Dan Prasarana Pengajaran Pendidikan Jasmani Di Sekolah Dasar Negeri Kec. Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 3(1), 35–39. https://doi.org/10.26858/jkp.v3i1.8138.
Palunga, R., & Marzuki. (2017). Peran Guru Dalam Pengembangan Karakter Peserta Didik Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Depok Sleman. Jurnal Pendidikan Karakter, 8(1), 109–123. https://doi.org/10.21831/jpk.v7i1.20858.
Pambudi, M. I., Winarno, M., & Dwiyogo, W. D. (2019). Perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan. Jurnal Pendidikan Olahraga, Universitas Negeri Malang, 4(1), 110–116.
Pamungkas, T. S., & Hariyoko. (2018). Pengaruh Metode Drill Dan Metode Barrier Hops Terhadap Hasil Belajar Shooting. Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia, 2(1), 46–51. https://doi.org/10.17977/um040v2i1p46-51.
Paramitha, & Tantra, S. (2018). Revitalisasi Pendidikan Jasmani untuk Anak Usia Dini melalui Penerapan Model Bermain Edukatif Berbasis Alam. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 3(1), 41–51. https://doi.org/10.17509/jpjo.v3i1.10612.
Putra, G. N. K. W., Artanayasa, I. W., & Suwiwa, I. G. (2020). Pengaruh Modelpembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Teknik Dasar Passing Bola Voli. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 8(3), 164–172. https://doi.org/10.23887/jiku.v8i3.29823.
Stephani, M. R. (2017). Stimulasi Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Pendidikan Jasmani. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 2(1), 16–27. https://doi.org/10.17509/jpjo.v2i1.6397.
Sudibyo, N. A., & Nugroho, R. A. (2020). Survei sarana dan prasarana pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan pada sekolah menengah pertama di kabupaten pringsewu tahun 2019. Journal of Physical Education (JouPE), 1(1), 18–24. https://doi.org/10.33365/joupe.v1i1.182.
Suherman, A. (2016). Pengaruh Penerapan Model Kooperatif Tipe Jigsaw Dan Tgt (Teams Game Tour_nament) Terhadap Keterampilan Sosial Dan Ket_erampilan Bermain Bolavoli. JURNAL PENDIDIKAN JASMANI DAN OLAHRAGA, 1(2), 8–15. Retrieved from. http://ejournal.upi.edu/index.php/%0Apenjas/article/view/2216/3884.
Sulaksana, P. P., Kanca., I. N., & Wijaya, M. A. (2020). Ketersediaan Guru Dan Sarana Prasarana Pjok Sma Dan Smk Se-Kecamatan Gerokgak Kabupaten Buleleng. Jurnal Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan, 8(2), 69–74.
Wijaya, F. (2017). Ketersediaan Sarana Dan Prasarana Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan Di Sma Negeri Kabupaten Sumenep. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 5(2), 232–235.
Zuhdan, P. K. (2011). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Sains Terpadu Untuk Meningkatkan Kognitif, Keterampilan Proses, Kreativitas serta Menerapkan Konsep Ilmiah Peserta Didik SMP. Program Pascasarjana UNY.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)