Hubungan Hasil Belajar Pjok dengan Hasil Belajar Matematika
DOI:
https://doi.org/10.23887/jiku.v9i2.37361Keywords:
hasil belajar, PJOK, MatematikaAbstract
Masih kurangnya kemampuan siswa dalam berfikir logis, sikap jujur dan sportif, berpengaruh terhadap kemampuan bernalar siswa dalam pelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan hasil belajar PJOK dengan hasil belajar Matematika peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Subjek penelitian adalah peserta didik dengan jumlah lima kelas dan jumlah sampel 148 orang peserta didik. Teknik pengambilan sampel adalah total sampling. Metode pengambilan data hasil belajar PJOK dan hasil belajar Matematika diambil dengan metode observasi, wawancara, dan pencatatan dokumen. Teknik analisis data yang dipergunakan adalah statistika korelasi yang terdiri dari analisis stastistik deskriptif, analisis stastistik inferensial. Uji hipotesis menggunakan analisis korelasi Product Moment. Hasil analisis menyajikan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara hasil belajar PJOK degan hasil belajar Matematika, yang ditunjukkan dengan hasil korelasi sebesar rhitung (0.99) <rtabel (0.99). Dapat disimpulan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara hasil belajar PJOK dengan hasil belajar Matematika peserta didik. Implikasi penelitian ini memberikan dampak pada hasil belajar siswa yang semakin membaik.
References
Agung, A. A. G. (2016). Statistika Dasar Untuk Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.
Aisyah, & Dkk. (2017). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Negeri 15 Palembang. Jurnal Profit (Online), 4. https://doi.org/10.36706/jp.v4i1.5572.
Anika, & Fajar. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make-A Match Dalam Meningkatkan Kompetensi Sikap Siswa dan Kompetensi Pengetahuan Siswa Pada Pelajaran IPS. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 80–85. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.24047.
Ardian, A., Purwanto, S., & Alfarisi, D. S. (2019). Hubungan prestasi belajar siswa kelas khusus olahraga dengan kecerdasan emosional. Jurnal Keolahragaan, 7(2), 126–134. https://doi.org/10.21831/jk.v7i2.28103.
Cahyaningsih, U., & Ghufron, A. (2016). Pengaruh Penggunaan Model Problem-Based Learning Terhadap Karakter Kreatif Dan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Matematika. ,. Jurnal Pendidikan Karakter, 6(1), 104–115. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.10736.
Daulay, D. E., Priono, J., & Pasaribu, A. M. N. (2020). Efektifitas Pembelajaran dengan Media untuk Perbaikan Hasil Lompat Jauh. COMPETITOR: Jurnal Pendidikan Kepelatihan Olahraga, 12(2), 74–82. https://doi.org/10.26858/cjpko.v12i2.13988.
Fatoni, R. A., Suroto, & Indahwati, N. (2021). Pengaruh aktivitas fisik program gross motor skill terhadap indeks massa tubuh dan tingkat kebugaran jasmani. MULTILATERAL: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 20(1), 1–10. https://doi.org/10.20527/multilateral.v20i1.9539.
Jani, F., Alghadari, F., & Chairunnisa. (2020). Hubungan antara Kebiasaan Berpikir dan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II, 363–368. Retrieved from. https://jurnal.stkipkusumanegara.ac.id/index.php/semnara2020/article/view/780/429.
Kanca, I. N. (2010). Metode Penelitian Pengajaran Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Singaraja: urusan Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi. Fakultas Olahraga dan Kesehatan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja.Undiksha.
Limpo, J. N., Oetomo, H., & Suprapto, M. H. (2013). Pengaruh Lingkungan Kelas terhadap Sikap Siswa untuk Pelajaran Matematika. HUMANITAS (Jurnal Psikologi Indonesia), 10(1), 37–48.
Listiwikono, E. (2018). Analisis Peran Timbal Balik Pendidikan Matematika dan Olahraga. Prosiding Seminar Nasional IPTEK Olahraga (SENALOG), 1(1), 35–39. Retrieved from. https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/semnassenalog/article/view/186.
Lukmana, R. C. H., & Maksum, A. (2014). Hubungan Antara Aktivitas Olahraga Dengan Kemampuan Memecahkan Masalah. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 2(1), 45–48.
Maryono, Budiono, H., & Okha, R. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter Mandiri Di Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(1), 20–38. https://doi.org/10.22437/gentala.v3i1.6750.
Mediawadi, N. K. D., & Trimawan, I. K. (2021). Peningkatan Hasil Belajar IPA dengan Model Quantum Teaching. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(1), 88–95. https://doi.org/10.23887/jlls.v4i1.35262.
Nadiya, N., Rosdianto, H., , & Murdani, E. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation (gi) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Gerak Lurus Kelas X. JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika), 1(2), 49. https://doi.org/10.26737/jipf.v1i2.63.
Ngubaidillah, A. (2018). Pengaruh Media Visual Menggunakan Aplikasi Lectora Inspire Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Penelitian Pendidikan, 35(2).
Ningsih, S. R., Miaz, Y., & Zikri, A. (2019). Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Tematik Terpadu Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 1065–1072. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.203.
Nugroho, A. T. (2015). Meningkatkan Hasil Belajar Bola Voli Melalui Modifikasi Peraturan Permainan Dan Menggunakan Media Video Di Smk Negeri 1 Sedan Tahun Ajaran 2013/2014. Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreations, 4(15), 2239–2245. https://doi.org/10.15294/active.v4i12.8796.
Paramitha, & Tantra, S. (2018). Revitalisasi Pendidikan Jasmani untuk Anak Usia Dini melalui Penerapan Model Bermain Edukatif Berbasis Alam. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 3(1), 41–51. https://doi.org/10.17509/jpjo.v3i1.10612.
Pertiwi, P. A. I., & Renda, N. T. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (Stad) Berbantuan Media Konkret Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 2(3), 216–227. https://doi.org/10.23887/jippg.v2i3.14275.
Pujianto, D., Sutisyana, A., Arwin, A., & Nopiyanto, Y. E. (2020). . (2020). Pengembangan Model Latihan Passing Sepakbola Berbasis Sasaran Teman.,. Journal Coaching Education Sports, 1(1), 1–12. https://doi.org/10.31599/jces.v1i1.81.
Punia, I. W. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share. Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha, 11(1), 21–30. https://doi.org/10.23887/jjpm.v11i1.24312.
Putra, A. (2017). Pendekatan Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif Dan Menyenangkan Ditinjau dari Hasil Belajar,. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 129–140. https://doi.org/10.30738/.v5i2.1073.
Putra, E. P. (2019). Hubungan Kebugaran Jasmani Terhadap Tingkat Konsentrasi Peserta Didik (Studi Pada Peserta Didik Smp Negeri 1 Gondang Mojokerto). JPOK : Jurnal Pendidikan Jasmani, 7(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/article/view/31375.
Ritonga, I., & Yarni, N. (2019). Hubungan Kesegaran Jasmani Dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sdn 12 Pulau Punjung. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 2(2), 276–284. Retrieved from https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp/article/view/484/730.
Sariayu, M. R., & Miaz, Y. (2020). Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Melalui Model Think Pair Share di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 295–305. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.337.
Sarumaha, R., Harefa, D., & Zagoto, M. M. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Geometri Transformasi Refleksi Siswa Kelas XII-IPA-B SMA Kampus Telukdalam Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Media Kertas Milimeter. Jurnal Education and Development, 6(1), 90–96. https://doi.org/10.37081/ed.v6i1.668.
Setiawati, K. S., Parwata, I. G. L. A., & Suratmin. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Senam Lantai. JURNAL PENJAKORA, 7(1), 17–29. https://doi.org/10.23887/penjakora.v7i1.24444.
Stephani, M. R. (2017). Stimulasi Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Pendidikan Jasmani. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 2(1), 16–27. https://doi.org/10.17509/jpjo.v2i1.6397.
Steven, D., La Ndia, L. N., & La Arapu, L. A. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 2 Kendari. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 7(3), 15. https://doi.org/10.36709/jppm.v7i3.9278.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Suryanti, N. P. E., Kristiantari, M. G. R., & Suadnyana, I. N. (2016). Upaya Meningkatkan Perkembangan Sosial Emosional Melalui Kegiatan Permainan Tradisional Ular Naga Pada Anak Kelompok B. E-Journal Pendidikan Anak Usia Dini UNiversitas Pendidikan Ganesha, 4(1).
Suwandaru, C., & Hidayat, T. (2021). Hubungan Aktivitas Fisik Dengan Prestasi Belajar Siswa Smk Negeri 1 Surabaya. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 9(1), 113–119. Retrieved from. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani.
Taslim. (2016). Upaya Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika melaluiPendekatan Matematika Realistik Di Kelas V III.3 SMP. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 4(3), 62–74. https://doi.org/10.29210/114500.
Widiastrini, N. N. P. (2020). Upaya Meningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X AK 3 SMK N 1 Mas Ubud dengan Menerapkan Model Discovery Learning Berbantuan LKS Terstruktur. Journal of Education Action Research, 4(4), 415–421. https://doi.org/10.23887/jear.v4i4.28507.
Widyastuti, N. S., & Pujiastuti, P. (2014). Pengaruh Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (Pmri) Terhadap Pemahaman Konsep Dan Berpikir Logis Siswa. Jurnal Prima Edukasia, 2(2), 183–192. https://doi.org/10.21831/jpe.v2i2.2718.
Zagoto, M. M. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Realistic Mathematic Educations Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar,. Jurnal Education And Development, 3(1), 53. https://doi.org/10.37081/ed.v3i1.139.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)