Efektivitas Penerapan Pembelajaran Daring dengan Platform Google Classroom Pada Mata Pelajaran PJOK

Authors

  • I Made Mahendra Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jiku.v9i2.39097

Keywords:

Efektivitas, Platform google classroom, PJOK

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan pembelajara daring dengan platform google classroom pada mata pelajaran PJOK di SMA Negeri 3 Singraja. Penelitian ini adalah penelitian deskriftif kuantitatif dengan jenis penelitian survei. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik SMA Negeri 3 Singaraja dengan jumlah keseluruhan 1041 orang. Sampel penelitian ini menggunakan teknik random sampling dengan quota sampling sebanyak 10% dari total populasi sehingga jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 107 orang. Data dianaisis menggunakan teknik deskriptif kuantitatif dengan mencari persentase. Hasil dalam penelitian ini dilihat dari respon peserta didik terhadap proses pembelajaran daring dengan platform google classroom pada mata pelajaran PJOK dengan nilai persentase keefektifan sebesar 74,3%  ada pada criteria efektif dan nilai output peserta didik sebagai penguat data dengan nilai persentase  ketuntasan pembelajaran 75,8% (tuntas) ada pada katagori efektif. Penerapan pembelajaran daring dengan platform google classroom  pada mata pelajaran PJOK dapat dikatakan efektif.

References

Destyana, V. A., & Surjanti, J. (2021). Efektivitas Penggunaan Google Classroom dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Ekonomi. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 1000–1009. https://edukatif.org/index.php/edukatif/index.

Dyah Purnama Sari, P. S. (2020). Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh Dengan Daring Selama Pandemi Covid-19 Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan (PJOK). Pediatric Critical Care Medicine, 1022–1023. https://doi.org/10.1097/PCC.0000000000002513.

Ernawati. (2018). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Google Classroom Terhadap Kualitas Pembelajaran dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas IX di MAN 1 Kota Tanggerang Selatan. Skripsi : Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan . Universitas Islam Negeri Syarif Hid.

Habibi, A. W. (2020). Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Mi Darwata Kalijaran Maos Cilacap Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.

Kanca, I. N., & Wijaya, M. A. (2018). Buku Ajar Paradikma Baru Pembelajaran PJOK. Undiksha Press.

Kemendikbud. (2017). Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan. Jakarta : Pusat Kurikulum dan Perbukuan.

Maesaroh, S., Hasna, A., DR, Y., & ZN, F. (2019). Penerapan Metode Cooperative Learning dengan Memanfaatkan Aplikasi Google Classroom sebagai Upaya Meningkatkan Nilai Karakter Kebaikan Siswa Menengah Pertama. Prosiding Konferensi Pendidikan Nasional, 168–172.

Mashud, M. (2019). Analisis Masalah Guru Pjok Dalam Mewujudkan Tujuan Kebugaran Jasmani. Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 17(2), 77–85. https://doi.org/10.20527/multilateral.v17i2.5704.

Mohammad Yazdi. (2012). E-learning sebagai Media Pembelajaran Interaktif Berbasis teknologi Informasi. Jurnal Ilmua Foristek, 2 (1)(1), 143–152.

Nainggolan, A. P., & Manalu, R. B. B. (2021). Pengaruh Penggunaan Google Classroom Terhadap Efektifitas Pembelajaran. Journal Coaching Education Sports, 2(1), 17–30. https://doi.org/10.31599/jces.v2i1.515.

Nirfayanti, N., & Nurbaeti, N. (2019). Pengaruh Media Pembelajaran Google Classroom Dalam Pembelajaran Analisis Real Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa. Proximal Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika ISSN 26158132 (Cetak) ISSN 26157667 (Online), 2(1), 50–59. https://e-journal.my.id/proximal/article/view/211.

Palopo, U. C. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Google Classroom pada Mata Kuliah Logika Informatika. 1(2), 102–107.

Prasetya, T. A., & Harjanto, C. T. (2020). Pengaruh mutu pembelajaran online dan tingkat kepuasan mahasiswa terhadap hasil belajar saat pandemi Covid19. Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 17(2), 188–197.

Pujiasih, E. (2020). Membangun Generasi Emas Dengan Variasi Pembelajaran Online Di Masa Pandemi Covid-19. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1), 42–48. https://doi.org/10.51169/ideguru.v5i1.136.

Pujilestari, Y. (2020). Dampak Positif Pembelajaran Online Dalam Sistem Pendidikan Indonesia Pasca Pandemi Covid-19. Adalah, 4(1), 49–56. http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/adalah/article/view/15394/7199.

Puspitasari, E., Setyosari, P., & Amirudin, A. (2016). Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Melalui Think Pair Share (Tps) Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan - Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(7), 1432–1436. https://doi.org/10.17977/jp.v1i7.6589.

Sa’diyah, H., Hastuti, A. F., & Prasetiyo, W. H. (2020). Efektivitas Google Classroom dalam Pengelolaan Pembelajaran Masa Pandemi di SMA Negeri 1 Wonosari. 3, 120–125. https://doi.org/10.23917/blbs.v3i1.13893.

Syah, R. H. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(5). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314.

Wicaksono, M. D. (2020). Pemanfaatan Google Classroom Dalam Srategi Pembelajaran Kooperatif Pada Mata Pelajaran Ips Kelas VIII. Jurnal Ilmu Ilmu Sosial, 17(1), 234–242.

Wulandari, O. I. H. dan S. S. (2018). Daring to draw causal claims from non-randomized studies of primary care interventions. Family Practice, 35(5), 639–643. https://doi.org/10.1093/fampra/cmy005.

Downloads

Published

2021-10-16

How to Cite

Mahendra, I. M. (2021). Efektivitas Penerapan Pembelajaran Daring dengan Platform Google Classroom Pada Mata Pelajaran PJOK. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 9(2), 114–120. https://doi.org/10.23887/jiku.v9i2.39097

Issue

Section

Articles