Pelaksanaan Pembelajaran Daring Berbantuan Video Tutorial pada Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • I Gede Arke Universitas Pendidikan Ganesha
  • Made Agus Wijaya Universitas Pendidikan Ganesha
  • Kadek Yogi Parta Lesmana Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jiku.v9i3.39478

Keywords:

Pembelajaran daring, video tutorial, PJOK.

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran daring berbantuan video tutorial. Jenis penelitian ini yaitu  deskriptif kuantitatif-kualitatif dengan jenis  survei. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner berbantuan goggle form. Tehnik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif-kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran daring berbantuan video tutorial yaitu sebanyak 31 orang (44,3%) siswa  masuk dalam kategori sangat baik, 35 orang (50%) siswa masuk dalam kategori baik, 4 orang (5,7%) siswa masuk dalam kategori cukup baik, dan tidak terdapat peserta siswa kategori kurang dan tidak baik. Berdasarkan Analisa data dan pembahasan, simpulan penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran daring berbantuan video tutorial menurut pendapat siswa kelas XI SMA Negeri 3 Singaraja termasuk pada kategori baik, dengan rata-rata skor 76,7, hal ini diperkuat dengan hasil wawancara peserta didik merasa termotivasi dan mudah dalam memahami materi pembelajaran dengan video tutorial. Disarankan kepada guru PJOK untuk mengimplementasikan pembelajaran berbantuan video tutorial.

References

Abidah, A., Hidaayatullah, H. N., Simamora, R. M., Fehabutar, D., & Mutakinati, L. (2020). The Impact of Covid- 19 to Indonesian Education and Its Relation to the Philosophy of “ Merdeka Belajar .” Studies in Philosophy of Science and Education, 1(1), 38 – 49. https://doi.org/10.46627/sipose.v1i1.9.

Ahdan, S., Putri, A. R., & Sucipto, A. (2020). Aplikasi M-Learning Sebagai Media Pembelajaran Conversation Pada Homey English. Sistemasi, 9(3), 493. https://doi.org/10.32520/stmsi.v9i3.884.

Al-Bari, A., & Saputri, R. K. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Praktikum Daring Mata Kuliah Kimia Analisis. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 676 – 683. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.723.

Asmuni, A. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Paedagogy, 7(4), 281–288. https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2941.

Ayudia, R., Febrialismanto, F., & Solfiah, Y. (2020). Persepsi Orangtua Terhadap Pembelajaran Daring Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Kecamatan Limapuluh Kota Pekanbaru. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 3(2), 243–248. https://doi.org/10.31004/jrpp.v3i2.1222.

Batubara, H. H., & Batubara, D. S. (2020). Penggunaan Video Tutorial Untuk Mendukung Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Virus Corona. MUALLIMUNA : JURNAL MADRASAH IBTIDAIYAH, 5(2), 74–84. https://doi.org/10.31602/muallimuna.v5i2.2950.

Erni, E., & Farihah, F. (2021). Pengembangan Media Video Tutorial Pada Mata Kuliah Teknologi Menjahit Dalam Mendukung Pembelajaran Dimasa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 18(1), 121–131. https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v18i1.30397.

Harahap, S. A., Dimyati, D., & Purwanta, E. (2021). Problematika Pembelajaran Daring dan Luring Anak Usia Dini bagi Guru dan Orang tua di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1825–1836. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1013.

Hasanah, Raodatun, I Putu Panca Adi, I. G. S. (2021). Survey Pelaksaan Pembelajaran Pjok Secara Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Nurul. Jurnal Kejaora: Jurnal Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga, 6(1), 189–196. https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/kejaora/article/view/1295.

Iftitah, S. L., & Anawaty, M. F. (2020). Peran Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Di Rumah Selama Pandemi Covid-19. JCE (Journal of Childhood Education), 4(2), 71 – 81. https://doi.org/10.30736/jce.v4i2.256.

Indrawathi, N. L. P., Dewi, P. C. P., & Widiantari, N. L. G. (2021). Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan pada siswa kelas vii smp negeri 5 kuta selatan. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 7(1), 239-247. https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/jpkr/article/view/1026.

Ismawati, D., & Prasetyo, I. (2021). Efektivitas Pembelajaran Menggunakan Video Zoom Cloud Meeting pada Anak Usia Dini Era Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 665–675. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.671.

Junaedi, A. (2015). Survei Tingkat Kemajuan Pendidikan Jasmani, Olahraga, Dan Kesehatan Di Sma, Smk, Dan Ma Negeri Se-Kabupaten Gresik. ,. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 168–169. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/article/view/14367.

Khairi, A. (2014). Pengembangan Video Tutorial Pada Mata Kuliah Media Pembelajaran Berbasis IT Untuk Mahasiswa PGSD Universitas Bung Hatta. Jurnal CERDAS Proklamator, 2(2), 133–144. https://doi.org/10.37301/jcp.v2i2.7541.

Khikmah, A. (2019). Survei Sarana Dan Prasarana Pendidikan Jasmani Di Madrasah Tsanawiyah (MTS) Se-Kecamatan Klojen Kota Malang Pada Semester Ganjil Tahun 2017. Sport Science, 1(1), 12–19. http://journal2.um.ac.id/index.php/jospe/article/view/9877.

Khikmah, N., Lovia, L. N., Zahro, F., & Azizah, F. N. (2021). Pemanfaatan Google Classroom dalam Praktik Microteaching Pembelajaran Fiqih MI bagi Mahasiswa PGMI UIN Walisongo Semarang. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(1), 237–246. https://doi.org/10.30605/jsgp.4.1.2021.466.

Latip, A. (2020). Peran Literasi Teknologi Informasi Dan Komunikasi Pada Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid-19. EduTeach : Jurnal Edukasi Dan Teknologi Pembelajaran, 1(2), 108 – 116. https://ejurnal.umri.ac.id/index.php/eduteach/article/view/1956

Lesmana, H. S. (2018). Peran Motor Educability Di Dalam Meningkatan Keterampilan Olahraga Pada Pembelajaran Penjas. Jurnal Halaman Olahraga Nusantara, 1(1), 115–125. https://doi.org/10.31851/hon.v1i1.1507.

Mahlianurrahman, & Syamsu, F. D. (2019). Developing Tutorial Video for Enhancing Elementary School Students’ Process Skills in Science. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(1), 1–12. Retrieved from https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/elementary/article/view/1359.

Mandailina, V., Syaharuddin, Pramita, D., Ibrahim, & Haifaturrahmah. (2021). Pembelajaran Daring Dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Selama Pandemi Covid-19: Sebuah Meta Analisis. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 03(02), 120–129. https://doi.org/10.31605/ijes.v3i2.955.

Mandalika, M., & Syahril, S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial untuk Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran pada Mata Kuliah Tata Rias Pengantin Indonesia. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 20(1), 85–92. https://doi.org/10.24036/invotek.v20i1.725.

Mashuri, H. (2017). Persepsi Siswa Terhadap Pembelajaran Guru Pendidikan Jasmani Di Sma Muhammadiyah Kediri. Jurnal Pembelajaran Olahraga, 3(1), 1–10. Retrieved from https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pjk/article/view/681/505.

Muhson, A. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi.,. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8(2). https://doi.org/10.21831/jpai.v8i2.949.

Neyfa, B. C., & Tamara, D. (2016). Perancangan Aplikasi E-Canteen Berbasis Android Dengan Menggunakan Metode Object Oriented Analysis & Design ( OOAD). British Medical Journal, 1(6001), 107–109. https://doi.org/10.1136/bmj.1.6001.107.

Nurdin, E., Ma’aruf, A., Amir, Z., Risnawati, R., Noviarni, N., & Azmi, M. P. (2019). Pemanfaatan video pembelajaran berbasis Geogebra untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMK. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1), 87–98. https://doi.org/10.21831/jrpm.v6i1.18421.

Nurdyansah. (2019). Media Pembelajaran Inovatif. (U. Press., Ed.).

Pratiwi, B., & Hapsari, K. P. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Melalui Pemanfaatan YouTube Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 136–143. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.24238.

Pratiwi, R. A., Purnomo, E., & Mimi Haetami. (2018). Pengaruh latihan plyometrik terhadap kecepatan tendangan T Pencak Silat. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(11). https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/download/37730/75676584156

Pujiasih, E. (2020). Membangun Generasi Emas Dengan Variasi Pembelajaran Online Di Masa Pandemi Covid-19. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1), 42–48. https://doi.org/10.51169/ideguru.v5i1.136.

Pujilestari, Y. (2020). Dampak Positif Pembelajaran Online Dalam Sistem Pendidikan Indonesia Pasca Pandemi Covid-19. Adalah, 4(1), 49–56. http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/adalah/article/view/15394.

Putria, H., Maula, L. H., & Uswatun, D. A. (2020). Analisis Proses Pembelajaran dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi Covid- 19 Pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 861–870. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.460.

Restu Emidal Putri, & Iswari, M. (2019). Tutorial Video Media of How to Make Dolls from Socks for Students with Intelectual Disability. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Luar Biasa, 6(2), 22–25. https://doi.org/10.17977/um029v6i22019p22-25.

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Biodik, 6(2), 109–119. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759.

Saifulloh, A. M., & Darwis, M. (2020). Manajemen Pembelajaran dalam Meningkatkan Efektivitas Proses Belajar Mengajar di Masa Pandemi Covid-19. Bidayatuna: Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah, 3(2), 285. https://doi.org/10.36835/bidayatuna.v3i2.638.

Sofyana, L., & Rozaq, A. (2019). Pembelajaran Daring Kombinasi Berbasis Whatsapp Pada Kelas Karyawan Prodi Teknik Informatika. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika, 8(1), 81–86. https://doi.org/10.23887/janapati.v8i1.17204.

Spyanawati, L. ., & Lesmana, I. K. Y. . (2016). Pengaruh Model Dan Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Kemampuan Dasar Senam Lantai Pada Mahasiswa Jurusan Penjaskesrek Undiksha. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(1), 97. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i1.8932.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitataif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suhendro, E. (2020). Strategi Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 5(3), 133–140. https://doi.org/10.14421/jga.2020.53-05.

Suwiwa, I. G., & Astra, I. K. B. (1981). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Nht Berbantuan Media Video Untukmeningkatkan Hasil Belajar Renang Gaya Punggung. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Syah, R. H. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(5). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314.

Utomo, A. Y., & Ratnawati, D. (2018). Pengembangan Video Tutorial Dalam Pembelajaran Sistem Pengapian Di Smk. Jurnal Taman Vokasi, 6(1), 68. https://doi.org/10.30738/jtvok.v6i1.2839.

Yunitasari, R., & Hanifah, U. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Siswa pada Masa COVID 19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3), 232–243. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i3.142.

Downloads

Published

2021-11-17

How to Cite

Arke, I. G., Wijaya, M. A., & Parta Lesmana, K. Y. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran Daring Berbantuan Video Tutorial pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 9(3), 165–172. https://doi.org/10.23887/jiku.v9i3.39478

Issue

Section

Articles