Pembelajaran Online Menggunakan Google Classroom di Masa Pandemi Covid -19 Terhadap Minat Belajar PJOK
Keywords:
Pembelajaran online, PJOK, Google ClassroomAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis minat belajar peserta didik dalam mengikuti pembelajaran PJOK menggunakan google classroom di kelas. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode penelitian survei. Subjek penelitian berjumlah 66 orang. Teknik pengambilan subjek penelitian ini menggunakan seluruhan jumlah subjek sebanyak 66 orang. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Pengumpulan data menggunkan angket atau kuisioner melalui berbantuan google forms. Hasil penelitian ini adalah sebanyak 5 peserta didik masuk dalam kategori sangat berminat, 29 peserta didik masuk dalam kategori Berminat, 11 peserta didik masuk dalam kategori cukup berminat,15 peserta didik masuk dalam kategori kurang berminat dan 6 peserta didik masuk dalam kategori sangat kurang berminat. Berdasarkan Analisa data dan pembahasan, simpulan penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran online menggunakan google classroom pada masa pandemi covid-19 terhadap minat belajar PJOK peserta didik kelas XI tergolong cukup berminat dengan rata-rata skor mencapai 69,2. Implikasi penelitian ini adalah Pengaruh Lingkungan Belajar Online terhadap Minat Belajar dapat memiliki pengaruh signifikan terhadap minat belajar PJOK. Jika peserta didik merasa nyaman dan terlibat dalam proses pembelajaran online, minat belajar mereka dalam mata pelajaran PJOK mungkin meningkat. Hasil utama penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh positif terhadap minat belajar mereka.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Komang Adi Gunawan, I Putu Darmayasa, Ketut Semarayasa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)