Minat Peserta Didik terhadap Ekstrakurikuler Sepak Bola di Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama
DOI:
https://doi.org/10.23887/jiku.v11i1.56188Keywords:
Minat, Peserta Didik, Sepak Bola, EkstrakulikulerAbstract
Sepak bola sebagai permainan yang melibatkan orang lain, didalamnya ada hal-hal yang menjadi kesepakatan bersama. Hal ini menyebabkan aktifitas ekstrakurikuler tidak berjalan dengan optimal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis minat peserta didik terhadap ekstrakurikuler sepak bola di kelas VIII SMP. Penelitian ini dirancang menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode survey. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP sebanyak 11 kelas. Penarikan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Simple Random Sampling, sehingga sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 165 peserta didik. Data penelitian dikumpulkan menggunakan kuesioner atau angket untuk mencari data persentase pelaksanaan Ekstrakurikuler sepak bola. Hasil penelitian menunjukan minat peserta didik terhadap ekstrakurikuler sepak bola pada kelas VIII SMP Negeri 3 Singaraja berada pada kategori sangat tinggi sebanyak 70 peserta didik (42,42%), berada pada kategori tinggi sebanyak 35 peserta didik (21,21%), berada pada kategori sedang sebanyak 35 peserta didik (21,21%), berada pada kategori rendah sebanyak 20 peserta didik (12,12%), dan berada pada kategori sangat rendah sebanyak 5 peserta didik (3,03%). Dapat disimpulkan bahwa minat peserta didik menunjukkan hasil dalam kategori tinggi dengan skor rata-rata sebesar 61,39%. Implikasi penelitian diharapkan semakin melengkapi saran dan prasarana agar perkembangan dan juga minat peserta didik terhadap esktrakulikuler Sepak Bola semakin meningkat.
References
Agung, A. A. G. (2014). Metode Penelitian Pendidikan. Aditya Media Publishing.
Asmi, A., Neldi, H., & FIK-UNP, K. (2018). Meningkatkan Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Melalui Metode Bermain Pada Kelas VIII-4 Sekolah Menengah. Jurnal MensSana, 3(1), 33. https://doi.org/10.24036/jm.v3i1.64. DOI: https://doi.org/10.24036/jm.v3i1.64
Aspa, A. P. (2020). Pengaruh Daya Tahan Dan Kecepatan, Terhadap Kinerja Wasit Sepak Bola C1 Nasional PSSI Provinsi Riau. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 3(2), 116–122. https://doi.org/10.31539/jpjo.v3i2.1044. DOI: https://doi.org/10.31539/jpjo.v3i2.1044
Atiq, A., & Selamet Budiyanto, K. (2020). Analisis Latihan Keterampilan Teknik Dasar Sepak Bola Untuk Atlet Pemula. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 4(1), 15–22. https://doi.org/10.31539/jpjo.v4i1.1482. DOI: https://doi.org/10.31539/jpjo.v4i1.1482
Bangun, S. Y. (2019). Peran Pelatih Olahraga Ekstrakurikuler Dalam Mengembangkan Bakat Dan Minat Olahraga Pada Peserta Didik. Jurnal Prestasi, 2(4), 29. https://doi.org/10.24114/jp.v2i4.11913. DOI: https://doi.org/10.24114/jp.v2i4.11913
Gani, A., Ismaya, B., & Dimyati, A. (2022). Focus and Scope (Fokus dan Ruang Lingkup) Section Policies(Kebijakan Bagian) Peer Review Process (Proses Peer Review) Issue Frequency (Frekuensi Penerbitan) Kebijakan Akses Terbuka (Open Acces Policy) Archive (Pengarsipan) Publications Ethics (Etika Publi. Riyadhoh: Jurnal Pendidikan Olahraga, 4(2), 47–54. https://doi.org/10.31602/rjpo.v4i2.5293. DOI: https://doi.org/10.31602/rjpo.v4i2.5293
Hudain, M. A., & Ishak, M. (2020). Kontribusi Kecepatan Reaksi Tangan Dan Kekuatan Otot Lengan Terhadap Kecepatan Pukulan Gyaku Tsuki Chudan. SPORTIVE: Journal Of Physical Education, Sport and Recreation, 4(1), 46. https://doi.org/10.26858/sportive.v4i1.17175. DOI: https://doi.org/10.26858/sportive.v4i1.17175
Kevin, M., Iyakrus, I., & Victorian, A. R. (2023). Survei Minat Siswa Terhadap Sepak Bola Pada Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Sriwijajaya Journal Of Sport, 2(2), 105 – 112. https://doi.org/10.55379/sjs.v2i2.695. DOI: https://doi.org/10.55379/sjs.v2i2.695
Khoiruddin, M. (2019). Analisis Sikap dan Minat Peserta Didik Belajar di SMP Muhammadiyah 15 Surabaya. Metafora: Education, Social Sciences and Humanities Journal, 3(1), 36. https://doi.org/10.26740/metafora.v3n1.p35-44. DOI: https://doi.org/10.26740/metafora.v3n1.p35-44
Kiabeni, Y. Y., Kanca, I. N., & Artanayasa, I. W. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran PBL terhadap Hasil Belajar Senam Lantai Ditinjau dari Minat Belajar Peserta Didik. Mimbar Ilmu, 26(2), 260–267. https://doi.org/10.23887/mi.v26i2.35626. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v26i2.35626
Kurnia, A., Syafei, M., & Purbangkara, T. (2021). Minat Siswa dalam Mengikuti Kegiatan Ekstrakulikuler Sepakbola di SMPN 2 Purwadadi. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(5), 206–211. https://doi.org/10.5281/zenodo.5513484.
Lestari, L. K. G. A. D., Parwata, I. G. L. A., & Dartini, N. P. D. S. (2020). Keterserdiaan Sarana Dan Prasarana Penunjang Pembelajaran Pjok Tingkat Smp Se-Kecamatan Pupuan. Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan Undiksha, 8(3), 124–132. https://doi.org/10.23887/jjp.v8i3.33767. DOI: https://doi.org/10.23887/jjp.v8i3.33767
Muhibbudin, M., Qomar, M., & Aziz, A. (2022). Implementasi Strategi Kepala Madrasah Dalam Pengembangan Bakat Dan Minat Siswa. Edusainteks, 9(2). https://doi.org/10.47668/edusaintek.v9i2.512. DOI: https://doi.org/10.47668/edusaintek.v9i2.512
Nurdin, N., Jahada, J., & Anhusadar, L. (2021). Membentuk Karakter melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka pada Anak Usia 6-8 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 952–959. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1603. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1603
Pasek Wiguna, I. N. T., Parwata, I. G. L. A., & Semarayasa, I. K. (2021). Ketersediaan Sarana dan Prasarana Penunjang Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Indonesian Journal of Sport & Tourism, 2(2), 46–52. https://doi.org/10.23887/ijst.v2i2.34857. DOI: https://doi.org/10.23887/ijst.v2i2.34857
Pratama, D.Y., Dan Wisnu, H. (2019). Survei Sarana Prasarana Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan SD Negeri Se-Gugus 1 Di Kecamatan Wonoayu Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 7 (3).
Rivaldi, M. A., Nurudin, A. A., & Nugraheni, W. (2022). Survei Minat Siswa Dalam Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler Futsal SMA Negeri Se-Kota Sukabumi. Jurnal Education FKIP UNMA, 8(2), 498 – 504. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i2.1963. DOI: https://doi.org/10.31949/educatio.v8i2.1963
Setiawati, E., & Hadiana, O. (2016). Pengaruh Latihan Leg Press Terhadap Peninngkatan Power Otot Tungkai Pada Atlet Pencak Silat. JUARA : Jurnal Olahraga, 1(1), 39 – 45. https://doi.org/10.33222/juara.v1i1.53. DOI: https://doi.org/10.33222/juara.v1i1.53
Sunarti, Sukadari, & Antini, S. (2020). Pengimplementasian Pendidikan Karakter pada Ekstrakurikuler Seni Tari Nawung Sekar. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 4(1), 26–42. https://doi.org/10.21831/jk.v4i1.27694. DOI: https://doi.org/10.21831/jk.v4i1.27694
Wani, B., & Wea, Y. M. (2022). Survei Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Ekstrakurikuler Sepakbola SMP Citra Bakti. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 10876–10882. DOI: https://doi.org/10.17977/um062v3i52021p218-234
Wijaya, kadek ari, Budaya Astra, I. K., & Spyanawati, N. L. P. (2022). Ketersediaan Sarana dan Prasarana Penunjang Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan (PJOK). Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 10(1), 74–81. https://doi.org/10.23887/jiku.v10i1.48712. DOI: https://doi.org/10.23887/jiku.v10i1.48712
Wirayasa, I. D. G. P., Darmayasa, I. P., & Satyawan, I. M. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Hasil Belajar Ranah Kognitif Model 4D Pada Materi Sepak Bola Berdasarkan Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan Undiksha, 8(3), 81. https://doi.org/10.23887/jjp.v8i3.33760. DOI: https://doi.org/10.23887/jjp.v8i3.33760
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Suderman Zai, I. K. Budaya Astra, I. K. Sukarata Adnyana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)