Ketersediaan Sarana dan Prasarana Penunjang Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan Tingkat SMA dan SMK

Authors

  • I. W. Budiastawan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I. K. Sukarata Adnyana Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jiku.v11i1.56292

Keywords:

Survey, PJOK, Sarana dan Prasarana

Abstract

Banyak fasilitas olahraga yang pemakaiannya belum sesuai dengan kondisi yang sebenarnya. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis ketersediaan sarana dan prasarana PJOK di SMA/SMK. Jenis penelitian merupakan deskriptif kuantitatif, dengan menggunakan metode survey. Penelitian ini mengambil sampel dari keseluruhan jumlah populasi yaitu SMA/SMK. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi langsung dan wawancara dengan guru PJOK di masing masing sekolah tepatnya dengan melakukan pengamatan langsung terhadap sumber data atau objek penelitian, dan mencatat data yang diperlukan menggunakan lembar observasi. Jumlah Sekolah yang akan menjadi populasi penelitian yaitu 6 sekolah, sarana kemudian yang berkondisi baik sebanyak 548 buah dengan persentase 85,1%. Selanjutnya yaitu sarana yang berkondisi rusak sebanyak 96 buah dengan persentase 14,9%. Kemudian, yang miliki sekolah sebanyak 644 sarana dengan persentase 100%, untuk yang menyewa sarana dengan persentase 0 % dari jumlah total sarana keseluruhan yaitu 644 buah serta yang berkondisi standart sebanyak 590 sarana dengan persentase 91,6 %, untuk yang modifikasi sebanyak 54 sarana dengan persentase 8,4 % dari jumlah total sarana keseluruhan yaitu 644. Jumlah fasilitas prasarana keseluruhannya yaitu 23 Prasarana dan yang berkondisi baik 23 dengan persentase 100 % berkondisi baik dan yang berkondisi rusak yaitu dengan persentase 0% artinya semua fasilitas di SMA/SMK berkondisi sangat baik.

References

Armalena, A. (2020). Pengelolaan Sarana Dan Prasarana Di Sekolah Dasar Muhammadiyah Kota Padang. Jurnal Penelitian IPTEKS, 5(1), 89–100. https://doi.org/10.32528/ipteks.v5i1.3023. DOI: https://doi.org/10.32528/ipteks.v5i1.3023

Haris, F., Taufan, J., & Nelson, S. (2021). Peran Guru Olahraga bagi Perkembangan Pendidikan Jasmani Adaptif di Sekolah Luar Biasa. Jurnal Basicedu, 5(5), 3883–3891. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1469. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1469

Hendriadi, I. G. O. (2021). Ketersediaan Sarana dan Prasarana Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 9(2), 68–74. https://doi.org/10.23887/jiku.v9i2.30878. DOI: https://doi.org/10.23887/jiku.v9i2.30878

Herlan, H., & Komarudin, K. (2020). Pengaruh metode latihan high-intensity interval training (Tabata) terhadap peningkatan VO2Max pelari jarak jauh. Jurnal Kepelatihan Olahraga, 12(1), 11–17. https://doi.org/10.17509/jko-upi.v12i1.24008. DOI: https://doi.org/10.17509/jko-upi.v12i1.24008

KUNE, D. M. K. (2021). Survei Ketersediaan Sarana dan Prasarana Penunjang Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK). Indonesian Journal of Sport & Tourism, 3(2), 57–62. https://doi.org/10.23887/ijst.v3i2.34862. DOI: https://doi.org/10.23887/ijst.v3i2.34862

Kusuma Jaya, K. S., Kanca, I. N., & Semarayasa, I. K. (2021). Survei Ketersediaan Guru, Sarana dan Prasarana Penunjang Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Indonesian Journal of Sport & Tourism, 3(1), 18–25. https://doi.org/10.23887/ijst.v3i1.35431. DOI: https://doi.org/10.23887/ijst.v3i1.35431

Lestari, L. K. G. A. D., Parwata, I. G. L. A., & Dartini, N. P. D. S. (2020). Keterserdiaan Sarana Dan Prasarana Penunjang Pembelajaran Pjok Tingkat Smp Se-Kecamatan Pupuan. Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan Undiksha, 8(3), 124–132. https://doi.org/10.23887/jjp.v8i3.33767. DOI: https://doi.org/10.23887/jjp.v8i3.33767

Narmi, Y., Montessori, M., Fitria, Y., & Adnan, M. F. (2021). Pemanfaatan Sarana dan Sumber Belajar pada Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jurnal BASICEDU, 5(6), 6144–6149. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1774. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1774

Nurhidayati, N., Asrori, I., Ahsanuddin, M., & Dariyadi, M. W. (2019). Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Powerpoint Dan Pemanfaatan Aplikasi Android Untuk Guru Bahasa Arab. Jurnal KARINOV, 2(3), 181. https://doi.org/10.17977/um045v2i3p181-184. DOI: https://doi.org/10.17977/um045v2i3p181-184

Puspitasari, W. D. (2016). Pengaruh Sarana Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 2(2), 105–120. https://doi.org/10.31949/jcp.v2i2.338. DOI: https://doi.org/10.31949/jcp.v2i2.338

Putra, M. F. ., Nasruddin, Hasan, B., & Syam, M. . (2021). Jiwa Kepemimpinan dan Tanggung Jawab Mahasiswa Olahraga. Journal of Sport Coaching and Physical Education, 6(2), 87–94. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/jscpe.v6i2.50449. DOI: https://doi.org/10.15294/jscpe.v6i2.50449

Ramdani, W., & Asriansyah, A. (2018). Pengaruh Latihan Juggling Terhadap Kemampuan Mengontrol Bola Peserta Ekstrakurikuler Sepakbola Di SMK Bukit Asam Tanjung Enim. Jurnal Muara Olahraga, 1(1), 51–63. https://doi.org/10.52060/jmo.v1i1.57. DOI: https://doi.org/10.52060/jmo.v1i1.57

Saputra, J. (2018). Pengaruh Latihan Push – Up Dan Latihan Pull – Up Terhadap Kemampuan Pukulan Lurus Olahraga Pencak Silat. Jurnal Pendidikan Jasmani, 2(1), 104–110. https://doi.org/10.33369/jk.v2i1.9194. DOI: https://doi.org/10.33369/jk.v2i1.9194

Sudibyo, N. A., & Nugroho, R. A. (2020). Survei sarana dan prasarana pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan pada sekolah menengah pertama di kabupaten pringsewu tahun 2019. Journal Of Physical Education, 1(1), 18–24. https://doi.org/10.33365/joupe.v1i1.182. DOI: https://doi.org/10.33365/joupe.v1i1.182

Susila, I. W. A. (2022). Model Kooperatif Tipe Students Teams Achievement Divisions untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan. Journal of Education Action Research, 6(2), 228–234. https://doi.org/10.23887/jear.v6i2.46609. DOI: https://doi.org/10.23887/jear.v6i2.46609

Taqwim, R. I., Winarno, M. E., & Roesdiyanto, R. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(3), 395. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i3.13303. DOI: https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i3.13303

Widiastuti, A. A. (2018). Implementasi Standar Sarana Dan Prasarana Paud Di Lembaga Taman Penitipan Anak (Tpa). PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 139–147. http://journal.upgris.ac.id/index.php/paudia/article/view/3462/2317.

Wijaya, kadek ari, Budaya Astra, I. K., & Spyanawati, N. L. P. (2022). Ketersediaan Sarana dan Prasarana Penunjang Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan (PJOK). Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 10(1), 74–81. https://doi.org/10.23887/jiku.v10i1.48712. DOI: https://doi.org/10.23887/jiku.v10i1.48712

Downloads

Published

2023-07-23

How to Cite

I. W. Budiastawan, & I. K. Sukarata Adnyana. (2023). Ketersediaan Sarana dan Prasarana Penunjang Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan Tingkat SMA dan SMK. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 11(1), 84–88. https://doi.org/10.23887/jiku.v11i1.56292

Issue

Section

Articles