Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together untuk Meningkatkan Hasil Belajar Teknik Dasar Passing Sepak Bola
DOI:
https://doi.org/10.23887/jiku.v11i1.57214Keywords:
kooperatif tipe NHT, hasil belajar, passing sepak bola.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap peningkatan hasil belajar passing kaki bagian dalam dan kaki bagian luar sepak bola. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan rancangan penelitian the randomized pretestposttest control group the same subject design. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas X SMA yaitu terdiri dari 130 orang peserta didik dan dibagi menjadi 2 kelas. Pengambilan sampel dapat dilakukan secara acak berdasarkan kelas. Kelas yang terpilih menjadi sampel penelitian adalah kelas X MIPA 1 sebagai kelompok eksperimen dan kelas X MIPA 4 sebagai kelompok kontrol. Eksperimen dilakukan sebanyak 3 kali perlakuan di luar pretest-posttest. Data hasil belajar dikumpulkan melalui tes objektif dan unjuk kerja. Analisis data menggunakan uji-t dengan bantuan SPSS 26.0 for Windows. Rata-rata kelompok eksperimen adalah 0,505 lebih tinggi dari rata-rata kelompok kontrol adalah 0,348. Signifikansi pada uji hipotesis diperoleh melalui uji parametrik (Independent-Samples t Test) adalah 0,000 yaitu p<0,05. Disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap peningkatan hasil belajar passing kaki bagian dalam dan kaki bagian luar sepak bola pada peserta didik kelas X SMA. Disarankan kepada guru PJOK dapat menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT karena terbukti berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar peserta didik.
References
Abadi, I. B. G. S., Wiyasa, I. K. N., & Putra, D. K. N. S. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT dalam Setting lesson study dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Mahasiswa. Jural Mimbar Ilmu, 2(2), 356–361. https://doi.org/10.23887/mi.v27i1.42161. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v27i2.51742
Aini, H. N., & Taufiq, H. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Terhadap Hasil Belajar Servis Bawah Bolavoli. Jurnal Pendidikan Olahraga Kesehatan, 6(2), 519–525.
Alkindi, M. I., Pradipta, G. D., & Zhannisa, U. H. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dan Teaching Games for Understanding (TGfU) Terhadap Hasil Belajar Passing Bawah Bola Voli Pada Siswa Kelas XI di SMA N 2 slawi. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Menengah, 1(1). https://doi.org/10.53869/jpdm.v1i1.135. DOI: https://doi.org/10.53869/jpdm.v1i1.135
Ana, N. Y. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Peningkatan Hasil Belajaran Siswa Di Sekolah Dasar. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(2), 56. https://doi.org/10.24036/fip.100.v18i2.318.000-000. DOI: https://doi.org/10.24036/fip.100.v18i2.318.000-000
Anggraini, L. A., Arif, S., Muna, I. A., & Aristiawan, A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Berbasis STEM dalam Meningkatkan Kemampuan Metakognisi. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 1(2), 219–227. https://doi.org/10.21154/jtii.v1i2.199. DOI: https://doi.org/10.21154/jtii.v1i2.199
Anwar, J. F., & Hartoto, S. (2019). Hubungan Aktivitas Fisik Di Luar Jam Pelajaran PJOK dengan Tingkat Kebugaran Jasmani. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 7(3), 43–47.
Aprilia, L. A. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Ppkn Melalui Model Pembelajaran Numbered Heads Together (Nht) Berbasis Kurikulum 2013. WACANA AKADEMIKA: Majalah Ilmiah Kependidikan, 2(1). https://doi.org/10.30738/wa.v2i1.2530. DOI: https://doi.org/10.30738/wa.v2i1.2530
Dadri, P. C. W., & Putra, D. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas IV. International Journal of Elementary Education, 5(2), 1–10. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18517. DOI: https://doi.org/10.31851/indiktika.v2i1.3224
Faisal, M., Hotimah, Nurhaedah, A. N., & Khaerunnisa. (2020). Peningkatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar dalam Mengembangkan Bahan Ajar Digital di Kabupaten Gowa. Jurnal Publikasi Pendidikan, 10(3), 266–270. https://doi.org/10.26858/publikan.v10i3.16187.
Hendri, G., & Azis, I. (2020). Motivasi siswa dalam proses pembelajaran pendidikan jasmani olahraga kesehatan. Jurnal Patriot, 2(1), 171–181. DOI: https://doi.org/10.31258/jope.2.2.40-46
Hita, I. P. A. D., Astra, I. K. B., & Lestari, N. M. S. D. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Terhadap Hasil Belajar Teknik Dasar Passing Control Kaki Bagian Dalam Sepak Bola. Jurnal Pendidikan Jasmani , Olahraga, Dan Kesehatan Undiksha, 5(2). https://doi.org/10.23887/jjp.v5i2.14784.
Ida Bagus Widana Siswaya. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Teknik Dasar Lompat Jauh Gaya Jongkok pada Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1). https://doi.org/10.23887/jipp.v3i1.17105. DOI: https://doi.org/10.23887/jipp.v3i1.17105
Kanca, I. N. (2010). Metode Penelitian Pengajaran Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Singaraja: urusan Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi. Fakultas Olahraga dan Kesehatan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja.Undiksha.
Khambali. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif dan Gaya Berpikir terhadap Hasil Belajar. Al-Ma’rifah: Jurnal Budaya, Bahasa, Dan Sastra Arab, 14(2), 1–23. https://doi.org/10.21009/almakrifah.14.02.01. DOI: https://doi.org/10.21009/ALMAKRIFAH.14.02.01
Kurnia, Damayani, & Kiswoyo. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Number Head Together (NHT) Berbantu Media Puzzle Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(2), 192. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jisd.v3i2.17772. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v3i2.17772
Lagur, D. S., Makur, A. P., & Ramda, A. H. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 357–368. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i3.160. DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i3.160
Patah, M. P., Artanayasa, I. W., & Suwiwa, I. G. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Terhadap Hasil Belajar Teknik Dasar Passing Bola Voli. Jurnal Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Undiksha, 7(3). https://doi.org/10.23887/jjp.v7i3.36487. DOI: https://doi.org/10.23887/jjp.v7i3.36487
Pujiasih, E. (2020). Membangun Generasi Emas Dengan Variasi Pembelajaran Online Di Masa Pandemi Covid-19. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1), 42–48. https://doi.org/10.51169/ideguru.v5i1.136 DOI: https://doi.org/10.51169/ideguru.v5i1.136
Putra, I. K. N., & Astra, I. K. B. (2020). Implementasi Kooperatif Nht Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Teknik Dasar Passing Kaki Bagian Dalam. Mimbar Pendidikan Indonesia, 1(1). https://doi.org/10.23887/mpi.v1i1.27840. DOI: https://doi.org/10.23887/mpi.v1i1.27837
Rochman, B., Indahwati, N., & Priambodo, A. (2020). Identifikasi Keterlaksanaan Pembelajaran PJOK Tingkat SMP Di Masa Pandemi Covid 19 Se-Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(1), 257–265. https://doi.org/10.36312/jime.v6i1.1343. DOI: https://doi.org/10.36312/jime.v6i1.1343
Saputra, T. Y., Kanca, I. N., & Lesmana, K. Y. P. (2017). Implementasi Kooperatif NHT Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Passing Bolabasket. E-Journal PJKR Universitas Pendidikan Ganesha, 8(2). DOI: https://doi.org/10.23887/jear.v2i4.18730
Sariningsih, R., & Purwasih, R. (2017). Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Self Efficacy Mahasiswa Calon Guru. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(1), 163. https://doi.org/10.33603/jnpm.v1i1.275. DOI: https://doi.org/10.33603/jnpm.v1i1.275
Seftiana, A. A., Astra, I. K. B., & Saputra, P. A. (2016). Pembelajaran Kooperatif Tipe Nht Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Teknik Dasar Passing (Kaki Bagian Dalam) Sepakbola. Jurnal Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Undiksha, 4(3). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJP/article/view/8617.
Simpen, K. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar PJOK Siswa Kelas X MIA 3 Sma Negeri 1 Kubu Pada Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Ilmiah Adiraga: Jurnal Penelitian Olahraga, 7(2). https://doi.org/10.36456/adiraga.v7i2.4539. DOI: https://doi.org/10.36456/adiraga.v7i2.4539
Sumaeda, D. S. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Nht Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Tolak Peluru Peserta Didik Kelas V Sd N 4 Padangkerta. Jurnal IKA, 18(2). https://doi.org/10.23887/ika.v18i2.30059.
Suwandaru, C., & Hidayat, T. (2021). Hubungan Aktivitas Fisik Dengan Prestasi Belajar Siswa Smk Negeri 1 Surabaya. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 9(1), 113–119. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani.
Taufiq, A., Siantoro, G., & Khamidi, A. (2021). Analisis minat belajar dan motivasi belajar siswa terhadap pembelajaran daring PJOK selama pandemi Coronavirus Disease (COVID-19) Di Man 1 Lamongan. Jurnal Education and Development, 9(1), 225–229. DOI: https://doi.org/10.24176/jpi.v1i3.6612
Wardana, M. A. K., Santyasa, I. W., & Tegeh, I. M. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Nht Terhadap Aktivitas Belajar Dan Prestasi Belajar Teknik Dasar Passing Sepak Bola Kelas Xi Sma Negeri 1 Bangli. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 8(3). https://doi.org/10.23887/jtpi.v8i3.2255. DOI: https://doi.org/10.23887/jtpi.v8i3.2255
Yanthi, Japa, & Tegeh. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT DAN Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2), 1–10. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10914. DOI: https://doi.org/10.21009/JPUD.101.06
Yogantara, P. E., Adi, I. P. P., & Satyawan, I. M. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Terhadap Hasil Belajar Bola Voli pada Peserta Didik Kelas XI SMA PGRI Seririt Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Pendidikan Jasmani , Olahraga, Dan Kesehatan Undiksha, 8(3). https://doi.org/10.23887/jjp.v8i3.33889. DOI: https://doi.org/10.23887/jjp.v8i3.33889
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 I Komang Agus Aditya Juliantara, I Gusti Lanang Agung Parwata, Kadek Yogi Parta Lesmana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)