Model Problem Based Learning Berbasis ICT Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Teknik Dasar Chest Pass dan Bounce Pass Bola Basket
DOI:
https://doi.org/10.23887/jiku.v11i1.57772Keywords:
Problem Based Learning Berbasis ICT, Hasil Belajar, Teknik Dasar Permainan Bola BasketAbstract
Hasil belajar siswa secara keseluruhan terlihat bahwa hasil belajar siswa belum memenuhi target, karena belum memenuhi standar Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sekolah untuk mata pelajaran Pendidikan jasmani olahraga kesehatan. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis model Problem Based Learning (PBL) berbasis ICT untuk meningkatkan hasil belajar PJOK pada materi bola besar untuk peserta didik kelas VIII SMP. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII E SMP. Pengumpulan data menggunakan tes dan lembar observasi. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif, yaitu menghitung persentase ketuntasan klasikal dan hasil rata-rata persentase antar siklus kemudian dibandingkan dengan kriteria keberhasilan tindakan. Ketuntasan belajar peserta didik pada prasiklus aspek afektif bahwa dari 33 peserta didik, peserta didik dalam kategori tuntas 19 peserta didik (57,6%), kategori tidak tuntas sebanyak 14 peserta didik (42,4%). Pada prasiklus aspek kognitif dari 33 peserta didik, kategori tuntas sebanyak 17 peserta didik (51,5%), tidak tuntas sebanyak 16 peserta didik atau (48,5%). Pra siklus aspek Psikomotor ditemukan peserta didik dalam kategori tuntas sebanyak 19 peserta didik (57,6%), tidak tuntas sebanyak 14 peserta didik (42,4%). Disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis ICT dapat meningkatkan hasil belajar PJOK pada materi bola basket untuk peserta didik kelas VIII SMP.
References
Abdurrozak, R., & Jayadinata, A. K. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 871–880. https://doi.org/10.23819/pi.v1i1.3580.
Agung, A. A. G. (2018). Metodologi Penelitian Kuantitatif (Perspektif Manajemen Pendidikan). Universitas Pendidikan Ganesha.
Antara, I. P. P. A. (2022). Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Pada Pokok Bahasan Termokimia. Journal of Education Action Research, 6(1), 15–21. https://doi.org/10.23887/jear.v6i1.44292. DOI: https://doi.org/10.23887/jear.v6i1.44292
Ariswati, N. P. E. A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sd Negeri Nanggulan. Mimbar PGSD, 6(4). https://doi.org/10.1590/s1809-98232013000400007. DOI: https://doi.org/10.1590/S1809-98232013000400007
Aryanata, I. W. Y., Jampel, I. N., Putu, L., & Mahadewi, P. (2020). Media Video Pembelajaran Teknik Dasar Bermain Bola Voli Pada Pelajaran Penjaskes. 4, 186–192. DOI: https://doi.org/10.23887/jppp.v4i2.27164
Atminingsih, D., Wijayanti, A., & Ardiyanto, A. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran PBL Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas III SDN Baturagung. MIMBAR PGSD Undiksha, 7(2). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i2.17560.
Dita, M. A. D. P., Sujana, I. W., & Suniasih, N. W. (2022). Buku Ajar berbasis Problem Based Learning dan Pengaruhnya terhadap Kemampuan Literasi Siswa Kidal Kelas IV Sekolah Dasar. Mimbar PGSD Undikhsa, 9(3), 534–544. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i3.42934. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i3.42934
Fikri, A., Darmayasa, I. P., & Satyawan, I. M. (2023). Meningkatkan Kemampuan Hasil Belajar PJOK Materi Sepak Bola dengan Menerapkan Model Pembelajaraan Kooperatif TGT (Teams Games Tournament) Berbasis ICT. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 10(3), 207–214. https://doi.org/10.23887/jiku.v10i3.53241. DOI: https://doi.org/10.23887/jiku.v10i3.53241
Gandasari, M. F. (2019). Pengembangan model pembelajaran tematik pendidikan jasmani olahraga kesehatan untuk kelas 2 sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 15(1), 22–27. https://doi.org/10.21831/jpji.v15i1.25489. DOI: https://doi.org/10.21831/jpji.v15i1.25489
Handayani, A., & Koeswanti, H. D. (2021). Meta-Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Jurnal Basicedu, 5(2), 1349–1355. https://doi.org/10.19166/pji.v14i1.789. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.924
Hendriana, E. C. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Gaya Belajar Auditorial Terhadap Hasil Belajar Ips Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendiidikan Dasar Indonesia, 3(1), 1 – 8. https://doi.org/10.26737/jpdi.v3i1.484. DOI: https://doi.org/10.26737/jpdi.v3i1.484
Hudaya, A. (2018). Pengaruh Gadget Terhadap Sikap Disiplin Dan Minat Belajar Peserta Didik. Research and Development Journal of Education, 4(2), 86–97. https://doi.org/10.30998/rdje.v4i2.3380. DOI: https://doi.org/10.30998/rdje.v4i2.3380
Indahwati, N., Tuasikal, A. R. S., & Al Ardha, M. A. (2019). Developing Project Based Learning (PBL) as a teaching Strategy in Physical Education for Preservice Physical Education Teacher. 335(ICESSHum), 490–497. https://doi.org/10.2991/icesshum-19.2019.79. DOI: https://doi.org/10.2991/icesshum-19.2019.79
Kiabeni, Y. Y., Kanca, I. N., & Artanayasa, I. W. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran PBL terhadap Hasil Belajar Senam Lantai Ditinjau dari Minat Belajar Peserta Didik. Mimbar Ilmu, 26(2), 260–267. https://doi.org/10.23887/mi.v26i2.35626.
Muga, W., & D. N. L., L. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Berbasis Model Problem Based Learning Dengan Menggunakan Model Dick And Carey. Journal of Education Technology, 1(4), 260–264. https://doi.org/10.23887/jet.v1i4.12863. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v1i4.12863
Nagge, J. J., Killeen, R., & Jennings, B. (2018). Using a course pilot in the development of an online problem-based learning (PBL) therapeutics course in a post-professional PharmD program. Currents in Pharmacy Teaching and Learning, 10(2), 231–234. https://doi.org/10.1016/j.cptl.2017.10.005. DOI: https://doi.org/10.1016/j.cptl.2017.10.005
Perusso, A., & Baaken, T. (2020). Assessing the authenticity of cases, internships and problem-based learning as managerial learning experiences: Concepts, methods and lessons for practice. International Journal of Management Education, 18(3), 100425. https://doi.org/10.1016/j.ijme.2020.100425. DOI: https://doi.org/10.1016/j.ijme.2020.100425
Prabawa, I. K. R., Satyawan, I. M., & Spyanawati, N. L. P. (2021). Pengembangan video permainan PJOK berbasis tematik (tema kegemaranku) untuk siswa kelas 1 sekolah dasar. Jurnal Olahraga Pendidikan Indonesia (JOPI), 1(1), 11–26. https://doi.org/10.54284/jopi.v1i1.3. DOI: https://doi.org/10.54284/jopi.v1i1.3
Pranata, K. M. A., Wahjoedi, H., & Lesmana, K. Y. P. (2021). Media Pembelajaran PJOK Berbasis Audio Visual pada Materi Shooting Bolabasket. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 9(2), 82–90. https://doi.org/10.23887/jiku.v9i2.37430. DOI: https://doi.org/10.23887/jiku.v9i2.37430
Priani, I., Manuaba, I. B. S., & Darsana, I. W. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning ( PBL ) Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Gugus III Kuta Utara Tahun Pelajaran 2017 / 2018. Mimbar PGSD Undiksha, 6(1), 8–14. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i1.16972.
Prihantoro, A., & Hidayat, F. (2019). Melakukan Penelitian Tindakan Kelas. Ulumuddin : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 9(1), 49–60. https://doi.org/10.47200/ulumuddin.v9i1.283. DOI: https://doi.org/10.47200/ulumuddin.v9i1.283
Putra, I. G. H., Kanca, I. N., & Suwiwa, I. G. (2017). Pengembangan Media Video Pembelajaran Dengan Model Addie Pada Materi Passing Bola Voli. Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan Undiksha, 5(1). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJP/article/view/9448.
Sari, N. P., Budijanto, B., & Amiruddin, A. (2017). Pengaruh penerapan model pembelajaran problem based learning dipadu numbered heads together terhadap keterampilan metakognitif dan kemampuan berpikir kritis geografi siswa Sma. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(3), 440–447. https://doi.org/10.17977/jptpp.v2i3.8720.
Shofiyah, N., & Wulandari, F. E. (2018). Model Problem Based Learning (PBL) dalam Melatih Scientific Reasoning Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 3(1), 33. https://doi.org/10.26740/jppipa.v3n1.p33-38. DOI: https://doi.org/10.26740/jppipa.v3n1.p33-38
Taqwim, R. I., Winarno, M. E., & Roesdiyanto, R. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(3), 395. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i3.13303. DOI: https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i3.13303
Wirayasa, I. D. G. P., Darmayasa, I. P., & Satyawan, I. M. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Hasil Belajar Ranah Kognitif Model 4D Pada Materi Sepak Bola Berdasarkan Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan Undiksha, 8(3), 81. https://doi.org/10.23887/jjp.v8i3.33760. DOI: https://doi.org/10.23887/jjp.v8i3.33760
Wyn, N., Asriningsih, N., Sujana, I. W., Ayu, I. G., & Sri, P. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran PBL terhadap Hasil Belajar Senam Lantai Ditinjau dari Minat Belajar Peserta Didik. 26(2), 260–267. https://doi.org/10.23887/mi.v26i2.35626. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v26i2.35626
Yulianto, S., Roesdiyanto, R., & Sugiharto, S. (2017). Analisis Perubahan Kurikulum Pada Proses Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian Dan Pengembangan, 2(1). https://doi.org/10.17977/jp.v2i1.8477. DOI: https://doi.org/10.31539/jpjo.v1i2.136
Yuniartik, H., Hidayah, T., & Nasuka. (2017). Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SLB C Se-Kota Yogyakarta. Journal of Physical Education and Sports, 6(2), 148–156. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpes/article/view/17389.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 I Ketut Agus Dhiana Putra, I Putu Darmayasa, Ni Luh Putu Spyanawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)