Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial Teknik Dasar Dribbling dan Shooting dalam Permainan Bola Basket

Authors

  • I Made Abdi Setiawan Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jiku.v11i2.58555

Keywords:

Video Tutorial, Permainan Bola Basket, Teknik Dasar Dribbling dan Shooting

Abstract

Masih banyak peserta didik belum begitu memahami dan belum ada media pembelajaran tentang teknik dasar dribbling dan shooting dalam permainan bola basket. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan media pembelajaran berbasis video tutorial teknik dasar dribbling dan shootingdalam permainan bola basketpada peserta didik kela X SMA. Penelitian menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Subjek uji perorangan (3 orang siswa), uji coba kelompok kecil (10 orang siswa), dan uji coba kelompok besar (24 orang siswa). Instrumen yang digunakan yaitu angket. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis dekripsi kualitatif. Hasil pengembangan media pembelajaran ahli media pembelajaran dengan persentase 94,1%, ahli desain pembelajaran dengan persentase 100%, ahli isi pembelajaran dengan persentase 92,9%, ahli praktisi lapangan dengan persentase 96,7%, uji perorangan dengan persentase 90,6%, uji coba kelompok kecil dengan persentase 89,2%, dan uji coba kelompok besar dengan persentase 93,1%, secara keseluruhan berada pada kategori sangat baik. Simpulan penelitian ini media pembelajaran berbasis video tutorial teknik dasar dribbling dan shooting dalam permainan bola basket pada kelas X SMA dapat dinyatakan layak digunakan. Implikasi penelitian ini diharapkan agar guru dapat menerapkan media pembelajaran berbasis video tutorial ini pada pembelajaran lainnya.

References

Afrizal, Gegoh Ananda, & Syahputra. (2022). Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Media Video Tutorial Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Passing Bawah Bola Voli Pada Siswa Putri Kelas VI SD Negeri 16 Banda Aceh. SJS: Silampari Journal Sport, 2(3), 23–30. https://doi.org/10.55526/sjs.v2i3.354.

Bustanil S, M., Asrowi, & Adianto, D. T. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Video Tutorial Di Sekolah Menengah Kejuruan. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 21(2), 119–134. https://doi.org/10.21009/jtp.v21i2.11568.

Dinangsit, D., & Saputra, Y. M. (2022). Pengaruh Latihan Juggling dan Zig-Zag Run Menggunakan Bola Terhadap Keterampilan Dribbling Dalam Pembelajaran Sepakbola. Journal of Physical Education and Sport Pedagogy, 1(2), 98–117. https://ejournal.upi.edu/index.php/JPESP/article/view/37987.

Duwika, K., & Paramasila, K. W. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Model Hybrid Bernuansa Karakter Bali “Cupak-Gerantang” Pada Pembelajaran Teknik Animasi 2 Dimensi. Journal of Education Technology, 3(4), 301. https://doi.org/10.23887/jet.v3i4.22501.

Dwi, I. K., Ardana, C., Agung, A., Agung, G., & Simamora, H. (2021). Meningkatkan Semangat Belajar Siswa Melalui Multimedia Interaktif Pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 104–112. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32523.

Giana, G. J., & Lutfi, S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial Mata Pelajaran Dasar Desain Grafis Pada Kelas X Multimedia di SMK Negeri 1 Sakra. EDUMATIC: Jurnal Pendidikan Informatika, 3(1), 20. https://doi.org/10.29408/edumatic.v3i1.1390.

Giri, K. T. P., Jampel, I. N., & Pudjawan, K. (2016). Pengembangan media video pembelajaran pencak silat pada mata pelajaran penjaskes kelas VIII semester genap di smp negeri 1 Seririt tahun pelajaran 2015/2016. Jurnal Edutech Undiksha, 5(2).

Hapsari, G. P. P., & Zulherman, Z. (2021). Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Basicedu, 5(4), 2384–2394. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1237.

Jafar, A. F., Rusli, R., Dinar, M., Irwan, I., & Hastuty, H. (2020). The Effectiveness of Video-Assisted Flipped Classroom Learning Model Implementation in Integral Calculus. Journal of Applied Science, Engineering, Technology, and Education, 2(1), 97–103. https://doi.org/10.35877/454ri.asci2144.

Kesuma, I. N. A. A., Yoda, I. K., & Hidayat, S. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar PJOK pada Siswa SMP. Jurnal Penjakora, 8(1), 62–70. https://doi.org/10.23887/penjakora.v8i1.31091.

Mahlianurrahman, & Syamsu, F. D. (2019). Pengembangan Video Tutorial terhadap Keterampilan Proses Siswa Sekolah Dasar. Elementary :Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(1), 1–12. https://doi.org/10.32332/elementary.v5i1.1359.

Muchtar, F. Y., & Nasrah, N. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis I-Spring Presenter untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5520–5529. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1711.

Nugroho, A. P., Syahri, B., Aziz, A., & Rifelino, R. (2022). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Kuliah Teknik Otomasi Industri Jurusan Teknik Mesin Universitas Negeri Padang. Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek), 4(2), 59–64. https://doi.org/10.24036/vomek.v4i2.355.

Oka Mahendra, I. B. P., Budaya Astra, I. K., & Semarayasa, I. K. (2021). Survei Sarana dan Prasarana Penunjang Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK). Indonesian Journal of Sport & Tourism, 2(2), 53–58. https://doi.org/10.23887/ijst.v2i2.34858.

Ponza, P. J. R., Jampel, I. N., & Sudarma, I. K. (2018). Pengembangan Media Video Animasi pada Kelas IV SD. Jurnal Edutech, 6(1), 9–19. https://doi.org/10.23887/jeu.v6i1.20257.

Prabawa, I. K. R., Satyawan, I. M., & Spyanawati, N. L. P. (2021). Pengembangan video permainan PJOK berbasis tematik (tema kegemaranku) untuk siswa kelas 1 sekolah dasar. Jurnal Olahraga Pendidikan Indonesia, 1(1), 11 – 26. https://doi.org/10.54284/jopi.v1i1.3.

Pratama, D.Y., Dan Wisnu, H. (2019). Survei Sarana Prasarana Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan SD Negeri Se-Gugus 1 Di Kecamatan Wonoayu Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 7 (3).

Pujawan, K. A. H. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Video Tutorial Pada Mata Kuliah Multimedia I (Desain Grafis) di politeknik Ganesha Guru. Journal of Education Technology, 2(1), 61. https://doi.org/10.23887/jet.v2i1.13810.

Saputri, K. A. L., & Suwiwa, I. G. (2022). Media Pembelajaran Video Tutorial Teknik Dasar Lempar Petanque. Mimbar Ilmu, 27(2), 254–261. https://doi.org/10.23887/mi.v27i2.37893.

Sukarini, K., & Manuaba, I. B. S. (2021). Pengembangan Video Animasi Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), 60–68. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32347.

Suryana, D., & Hijriani, A. (2021). Pengembangan Media Video Pembelajaran Tematik Anak Usia Dini 5-6 Tahun Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 1077–1094. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1413.

Tegeh dan Jampel. (2017). Metode Penelitian Pengembangan. Singaraja: UNDIKSHA.

Tse, W. S., Choi, L. Y. A., & Tang, W. S. (2019). Effects of video-based flipped class instruction on subject reading motivation. British Journal of Educational Technology, 50(1), 385–398. https://doi.org/10.1111/bjet.12569.

Wirasasmita, R. H., & Putra, Y. K. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Video Tutorial Interaktif menggunakan Aplikasi Camtasia Studio dan Macromedia Flash. EDUMATIC: Jurnal Pendidikan Informatika, 1(2), 35. https://doi.org/10.29408/edumatic.v1i2.944.

Workala, R. (2021). Implementasi Pendekatan Scientific Kooperatif NHT Meningkatkan Hasil Belajar Dribbling Sepak Bola. Journal of Education Action Research, 5(4). https://doi.org/10.23887/jear.v5i4.12351.

Downloads

Published

2023-08-21

How to Cite

Setiawan, I. M. A. . (2023). Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial Teknik Dasar Dribbling dan Shooting dalam Permainan Bola Basket. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 11(2), 149–155. https://doi.org/10.23887/jiku.v11i2.58555

Issue

Section

Articles