PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TGT
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppp.v1i2.12622Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar tematik tema 3 perubahan di alam setelah penerapan model pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) bermedia grafis pada siswa kelas IIIB Semester I Tahun Pelajaran 2017/2018 di SD Negeri 3 Banjar Jawa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas IIIB semester I SD Negeri 3 Banjar Jawa, sebanyak 31 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode angket/kuesioner. Data yang didapatkan dari metode angket/kuesioner dianalisis dengan teknik analisis statistik deskriptif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada refleksi awal rata-rata persentase motivasi belajar siswa pada tema 3 perubahan di alam hanya mencapai 62,26% dan berada pada kategori kurang, meningkat pada siklus I menjadi 69,8% dan berada pada kategori cukup. Setelah dilaksanakan perbaikan tindakan pada siklus II, rata-rata persentase motivasi belajar siswa pada tema 3 perubahan di alam semakin meningkat mencapai 84,11% dan berada pada kategori baik. Indeks peningkatan motivasi belajar siswa pada tema 3 perubahan di alam dari refleksi awal menuju siklus I yaitu 0,2 termasuk pada kategori rendah dan dari siklus I menuju siklus II meningkat menjadi 0,47 termasuk pada kategori sedang, maka peningkatan motivasi belajar siswa pada tema 3 perubahan di alam sudah mencapai predikat yang telah ditetapkan. Dengan demikian model pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) bermedia grafis dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada tema 3 perubahan di alam pada kelas IIIB Semester I Tahun Pelajaran 2017/2018 di SD Negeri 3 Banjar Jawa.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)