PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN BANTUAN MEDIA VIDEO UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPOSISI SISWA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppp.v1i2.12625Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan dua siklus. Tujuan penelitian ini, yaitu (1) mengetahui peningkatan keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas X AP-3 SMK Negeri 3 Singaraja dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah dengan bantuan media video, (2) mengetahui langkah-langkah penerapan model pembelajaran berbasis masalah dengan bantuan media video dalam meningkatkan keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas X AP-3 SMK Negeri 3 Singaraja, (3) mengetahui respons siswa kelas X AP-3 SMK Negeri 3 Singaraja terhadap penerapan model pembelajaran berbasis masalah dengan bantuan media video dalam meningkatkan keterampilan menulis teks eksposisi. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 2 Singaraja. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas X AP-3 SMK Negeri 2 Singaraja. Objek penelitiannya adalah penerapan model pembelajaran berbasis masalah dengan bantuan media video untuk meningkatkan keterampilan menulis teks eksposisi. Penelitian ini menggunakan tiga metode pengumpulan data, yaitu (1) metode observasi, (2) metode tes, dan (3) metode angket/kuesioner. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) penerapan model pembelajaran berbasis masalah dengan bantuan media video dapat meningkatkan keterampilan menulis teks eksposisi siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai rata-rata klasikal siswa dari 70,55 pada siklus I meningkat menjadi 75,91 pada siklus II. (2) Ada tujuh belas langkah-langkah proses pelaksanaan kegiatan belajar mengajar (KBM) yang efektif dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah dengan bantuan media video, (3) mengacu pada hasil kuesioner, siswa memberikan respons positif terhadap penerapan model pembelajaran berbasis masalah dengan bantuan media video pada pembelajaran menulis teks eksposisi
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)