PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS (THINK-PAIR-SHARE) DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENYIMAK DIALOG PENDEK BAHASA INGGRIS
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppp.v1i3.12627Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS). Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas XI A 5 SMK Negeri 2 Singaraja tahun pelajaran 2017/2018. Kelas ini terdiri dari 41 orang siswa dengan komposisi siswa yaitu 18 orang perempuan dan 23 orang laki-laki. Dipilihnya siswa ini sebagai subjek penelitian dikarenakan siswa ini memiliki kemampuan yang rendah terhadap pemahaman menyimak sebelumnya. Obyek dari penelitian ini adalah hasil belajar menyimak dialog pendek bahasa Inggris. Lokasi Penelitian ini yaitu di kelas XI A 5 SMK Negeri 2 Singaraja. Penelitian ini didasarkan pada observasi awal yang mengindikasikan siswa memiliki masalah dalam menyimak. Sesuai dengan tujuan penelitian ini yaitu meningkatkan hasil belajar dalam menyimak maka penelitian ini dilakukan dalam bentuk penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas (action research) ini dilukiskan dalam proses siklus atau spiral yang terdiri atas beberapa langkah yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Masing- masing siklus terdiri dari tiga session yang mana dua session untuk tindakan dan satu session lagi untuk test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar menyimak siswa meningkat dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS). Ini bisa dilihat dari rata-rata skor siswa dalam test. Rata-rata skor siswa pada pre test adalah 54,50. Kemudian meningkat menjadi 72,75 pada siklus I. Hasil ini tidak memuaskan karena belum memenuhi kriteria ketuntasan yang sudah ditargetkan peneliti. Hasil dari skor siswa meningkat setelah peneliti memodifikasi kegiatan belajar mengajar pada siklus II. Sebagai hasilnya rata – rata skor siswa meningkat menjadi 85,75 dan 95% siswa sudah mencapai ketuntasan belajar yang berarti sudah melebihi dari yang ditargetkan yaitu 75%. Dari hasil penelitian tersebut bisa disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) bisa meningkatkan kemampuan menyimak siswa
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)