IMPLEMENTASI MODEL KOOPERATIF TPS MENINGKATKAN AKTIVITAS HASIL BELAJAR PASSING BOLA VOLI
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppp.v1i3.12629Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar teknik dasar passing bola voli pada siswa kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 2 Singaraja tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yaitu guru sebagai peneliti. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian yaitu siswa kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 2 Singaraja tahun pelajaran 2017/2018, yang berjumlah 36 siswa dengan rincian 15 siswa putri dan 21 siswa putra. Data dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil analisis data hasil penelitian didapatkan aktivitas belajar teknik passing bola voli mengalami peningkatan 1.62% pada observasi awal ke siklus I. Kemudian meningkat sebesar 0.84% dari siklus I ke siklus II. Dan meningkat sebesar 2.46% dari observasi awal ke siklus II. Hasil belajar teknik dasar passing bola voli pada aspek pengetahuan mengalami peningkatan sebesar 55,6% dari observasi awal ke siklus I. Kemudian meningkat sebesar 22.2% dari siklus I ke siklus II. Dan meningkat sebesar 77,8% dari observasi awal ke siklus II, Sedangkan Hasil belajar teknik dasar passing bola voli pada aspek keterampilan mengalami peningkatan sebesar 72.2% dari observasi awal ke siklus I. Kemudian meningkat sebesar 11,1% dari siklus I ke siklus II. Dan meningkat sebesar 83,3% dari observasi awal ke siklus II. Disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar passing bola voli (passing bawah dan passing atas) meningkat melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS pada siswa kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 2 Singaraja tahun pelajaran 2017/2018. Peneliti menyarankan agar guru PJOK menggunakan model pembelajaran tipe TPS karena dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar teknik dasar passing bola voli.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)